Tempat Wisata Ekstrim di Malang Ini Bener-bener Bikin Nyut-nyutan!

0

Malang. Siapa yang tak kenal Malang, surga wisata di Jawa Timur? Kota yang berada di tengah pegunungan ini memiliki buanyakkkk banget tempat liburan yang menarik. Mau tempat wisata keluarga? Melimpah. Pantai-pantai cantik? Bejibun. Wisata kuliner? Jawara bangettttt. Namun, pernahkah kamu mendengar kalau Malang juga punya beragam wisata ekstrim?

Sebelum icip-icip tempat wisata ekstrim di Malang, ada baiknya kamu bikin itinerary jalan-jalan di Malang terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum berangkat ke kota ini. Mengapa? Karena selain surga wisata di Jawa Timur, Malang juga surga pendidikan bagi anak sekolah dan mahasiswa. Jangan sampai pas keinginan menggebu-gebu ingin jalan-jalan ke Malang, waktu ada, duit ada, eh kehabisan tiket pesawat/kereta gara-gara kalah rebutan dengan traveler lain dan juga geng si doel anak kuliahan. Kan ngenezz yesss. Coba cek jadwal dan harga terupdate kereta Jakarta Malang dulu biar kamu bisa menjadwalkan perjalanan ke malang dengan lancar. Beberapa kali jalan-jalan ke Malang, malah lebih seringnya turun di Surabaya karena kehabisan tiket ke Malang hahaha. Semoga kamu tidak.

Berafting-rafting Dahulu, Bersenang-senang Kemudian

Ada beberapa tempat rafting yang bisa kamu coba untuk menjajal arung jeram di Malang, yaitu di Kasembon Rafting di Desa Kasembon, Kaliwatu Rafting yang berada di Desa Beji, Batu, dan di kawasan Ledok Amprong. Menyusuri Sungai Amprong dari dekat pusat hulunya, dengan pemandangan hutan di kaki Gunung Semeru pasti jadi perjalanan yang tak terlupakan. Beberapa spot bisa kamu jajal dengan sensasi yang berbeda, mulai dari Ndayung Rafting, Amprong Rafting. Pokoknya buanyak banget deh.

Oh ya. Kalau kamu memang mau uji nyali, minta guide nya diarahin ke spot-spot yang jeramnya kenceng. Sensasinya bener-bener bikin masalah hidup seakan sirna saking bahagianya. Hahahaha

Rafting Arung Jeram Malang
Rafting yang bikin jantung mau lepas, tapi hati bahagia

Goyang Basah River Tubing

Sudah tahu dong ya apa itu river tubing? Itu lho, yang mengendarai ban dalam kemudian menyusuri sungai. Di foto sih kelihatan sepele. Begitu naik ke ban, badan berasa goyang-goyang basah (arrrghh…), jantung berasa copot hanyut ke sungai. Jujur saja, saya malah merasa lebih rileks waktu rafting dibanding river tubing. Kalau kamu?

Ada beberapa lokasi yang bisa kamu pilih untuk liburan seru ini, yaitu di kawasan Ledok Amprong yang terdiri dari beberapa spot, Ndayung Rafting, Sedaer River Tubing, Amprong Rafting, River Tubing Pelangi, X-Maro Tubing Adventure. Masih dari kaki Gunung Semeru, kamu juga bisa melakukan river tubing di Coban Jahe yang lebih slow dan aman buat pemula. Pilihan lain buat river tubing yang lebih santai adalah di Sumber Maron yang berlokasi di Desa Gondanglegi.

Nah lho, bingung kan milih nyobain river tubing yang mana? Cobain atu-atu gih.

River Tubing Malang
River tubing yang bikin jantung ajojing

Caving All My Love for You

Menelusuri gua adalah kenikmatan hakiki bagi saya. Mengapa? Saya benar-benar mengagumi stalaktit dan stalakmit yang tumbuhnya sangaaatttt lambat, hanya seiprit saja butuh waktu ratusan tahun. Nah, gimana dengan stalaktit dan stalaktit yang panjang menjuntai itu ya?

Caving di Malang dengan beragam stalaktit dan stalakmit pun bisa kamu coba untuk menantang jantungmu, khususnya di kawasan pesisir selatan Malang. Misalnya Gua Lo Bangli di dusun Ngliyep yang dekat dengan pantai dan sudah dibuka untuk umum. Selain itu, ada juga Goa Perawan dan Goa Jenggot. Keduanya berada di satu kawasan yang sama, yaitu di Dusun Umbulrejo, Kecamatan Gedangan.

Yang bikin caving ini makin jadi wisata ekstrim bagi saya adalah karena suasana yang gelap. Aku kan agak-agak takut kegelapan. Takutnya bukan karena hantu kuntilanak yang tiba-tiba muncul dalam kegelapan macem di film-film horror ya, tapi takut tiba-tiba kamu mencium aku karena kutak melihat gerakanmu dalam kegelapan. Eaaaaaaa

Caving Malang
Siapa yang suka caving?

Paralayang dengan Pemandangan Paripurna

Ini wisata ekstrim yang paripurna. Paragliding dan paralayang bisa jadi pilihan buat menguji berapa level mental kamu: mental tempe atau mental keju. Apa sih.

Buat kamu yang suka paralayang, coba deh main ke Gunung Banyak di Kota Batu yang punya pemandangan pegunungan yang cantik. Pilihan lainnya adalah paralayang di Pantai Modangan,  Terbang dari puncak bukit, menikmati angin sepoi-sepoi di atas langit, melihat hamparan laut lepas yang elok mempesona, kemudian mendarat di dekat kawasan pantai pasir putih yang bersih seperti di Bali. Sungguh (seharusnya) menjadi pengalaman yang tak terlupakan kalau saja mental saya bukan mental tempe.

Waktu itu, saya mengajak teman saya paralayang di Malang. Teman saya meyakinkan saya beberapa kali “Kamu yakin berani nyobain paralayang?”. Dengan semangat pejuang, percaya diri yang tinggi, angkuh, dan mental sok baja padahal terbuat dari plastik kresek, saya jawab “Berani!”

Kemudian diantarlah saya sampai ke lokasi Paralayang di Malang. Sesampainya di atas bukit, saya langsung jiper. Teman saya cuma senyum-senyum beraroma bully-an gitu ke saya. Apakah saya waktu itu jadi nyobain paralayang? Enggak. Hahahaha. Cemen banget yak? Tapi beberapa tahun kemudian, saya memberanikan diri mencoba skydiving lho.

Paralayang Malang
Di foto kelihatan seru, pas mau nyobain bener-bener bikin jiper

Wisata Petik Madu di Lawang

Ada salah satu tempat di Lawang yang digunakan sebagai tempat budidaya lebah madu. Wah penulis artikelnya lagi mabok kali ya? Masak wisata petik madu dimasukin ke wisata ekstrim di Malang. Harusnya masuk kategori wisata keluarga dong? Uhmmm… Penulis hanya bisa kasih cinta ke kamu seoonggok lebah madu di tangan ini. Maukah kamu menerima cintaku ini ?

Wisata Lebah Malang
Lebah-lebah di tangan ini kalau menyengat bisa bikin berat badan naik berapa kilo ya?

hayoooo… yang pernah nyobain beberapa wisata ekstrim di atas, berani nggak pegang lebah madu di tangan?

Sebenarnya masih banyak tempat wisata ekstrim di Malang. Kita bahas di season berikutnya saja ya…

Oh ya, sekali lagi, rencanakan agenda jalan-jalanmu jauh-jauh hari, khususnya terkait tiket kereta/pesawat. Jangan sampai kehabisan tiket karena Malang termasuk salah satu tujuan wisata yang most wanted di Indonesia! Instal saja aplikasi untuk cek tiket macem Traveloka di handpone Android/Iphone kamu supaya lebih mudah.

Dan, jangan lupa hati-hati… Namanya juga wisata ekstrim, harus hati-hati dong… Uhm… Maksudnya hati-hati jatuh hati kemudian bikin ketagihan! Eaaa… eaa…. eaa….

SHARE

LEAVE A REPLY