10 Cara Memelihara Kamera DSLR dan Mirrorless agar Awet dan Tahan Lama

1
Tas Kamera

Sudah tak terhitung berapa kali saya ganti kamera. Bukan karena kualitas kamera yang jelek atau bosan dengan kamera tersebut, saya tipe orang yang setia pada barang kesayangan kok. Apalagi sama kamu kesayangan akoh. Uhuk.

Kamera saya tersebut rusak karena keteledoran saya dalam menyimpan kamera. Setelah kembali dari jalan-jalan, kamera saya letakkan saja di kamar/lemari. Udah gitu doang. Tak dielus-elus, tak diendus-endus, tak terurus.

Beberapa saat kemudian. Sehari sebelum berangkat jalan-jalan, ketika packing barang apa saja yang mau dibawa, saya sering baru menyadari kamera saya jamuran lah, batere berkarat lah, sampai kamera mati tidak bisa dinyalakan! Padahal besoknya sudah berangkat jalan-jalan. Hiks. Kalau kayak gini, mau bagaimana lagi? Masih sempet gitu beli kamera dadakan sedangkan besok sudah harus cusss?

Kamera adalah salah satu benda yang lumayan sensitif dan rewel dalam perawatan. Agar awet, perlu perhatian ekstra. Selain karena harga kamera tidak murah, juga karena barang ini sangat penting untuk mengabadikan momen spesial kita. Sangat disayangkan ketika momen spesial kita, jalan-jalan ke tempat yang indah, bersama beloved ones, hanya diabadikan dengan foto dengan kualitas ala kadarnya? ya ndak?

Man behind the gun. Yap, fotografer lah yang memegang peran penting dalam menentukan kece nya suatu foto. Namun bukan berarti kualitas kamera juga kita kesampingkan ya. Kalau kita lihat di Instagram atau Flickr, kebanyakan foto keren yang dihasilkan oleh fotografer profesional maupun non profesional menggunakan kamera DSLR dan kamera mirrorless. Kemampuan kamera ini dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang tajam dan sempurna dalam berbagai situasi adalah alasan mengapa orang rela menenteng kamera DSLR dan kamera mirrorless walaupun mereka sudah punya kamera berkualitas bagus di smartphone. Sebagai man behind the gun, kita juga wajib merawat ‘gun’ kita supaya tetap tangguh di medan perang.

Baca juga:  Review Kamera Underwater Nikon AW130

Karena cukup berharga dan sayang apabila rusak, sudah sewajarnya apabila kamera tersebut perlu dipelihara dan digunakan secara hati-hati agar awet dan tahan lama. Nah, bagi kamu yang ingin menjaga kamera kesayangan agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Beli tas kamera. Tas kamera sangat membantu dalam melindungi kamera dari debu, kotoran, noda, air, pasir, hingga benturan. Selain itu, saya juga selalu membawa dry bag. Jika berada di alam terbuka, dry bag berfungsi melindungi kamera dan lensa dari air hujan.
  2. Lengkapi tas kamera dengan gel silika. Jamur adalah musuh utama para fotografer. Noda jamur sedikit di lensa saja membuat hasil foto jadi berkurang. Jamur ini muncul ketika tempat penyimpanan kamera sangat lembab. Nah, untuk mengurangi kelembaban, kamu bias letakkan gel silika. Karena gel ini bisa membantu menyerap kelembaban yang ada di dalam tas/dry box. Saya menggunakan silica gel eceran di dalam tas kamera dan silica gel electric di dry box yang bisa digunakan berkali-kali.
  3. Simpan di Dry Box. Jika kamu tidak ingin menggunakan kamera dalam jangka waktu lama, sebaiknya simpan kamera di dalam dry box. Alat ini akan melindungi kamera dari jamur, debu, benturan, perubahan suhu, dan sebagainya.
  4. Jaga kebersihan kamera. Sesaat setelah selesai menggunakan kamera terutama jika kamu membawa kamera tersebut keluar ruangan segera bersihkan dengan menggunakan cleaning kit. Perlengkapan ini berfungsi untuk membersihkan debu, pasir, hingga air yang menempel pada permukaan lensa maupun kamera itu sendiri. Biasanya cleaning kit ini terdiri dari kain microfiber, kuas, lens cleaning pen, cairan pembersih kamera, dust blower. Jangan membersihkan lensa kamera dengan peralatan lain seperti tisu, kain biasa, dan lain-lain kecuali dalam keadaan terpaksa.
Baca juga:  Bokeh vs Starburst

Bersihkan kamera dari debu, air, dan benda asing lain sebelum disimpan. Khusus kamera underwater yang digunakan dalam laut, bersihkan dengan air tawar terlebih dahulu, bersihkan hingga kering, angina-anginkan,  baru disimpan.

  1. Jauhkan kamera dari tempat yang lembab dan panas. Tempat yang lembab dan panas ekstrim dapat merusak kamera. Misalnya dekat wastafel, kamar mandi, kompor gas, di bawah matahari. Apalagi diletakkan di dalam reaktor nuklir hehehe
  2. Lindungi LCD kamera dengan pelindung layar atau screen protector. Tidak seperti smartphone yang sebagian besarnya dilengkapi dengan kaca anti gores seperti Corning Gorilla Glass, LCD kamera cenderung lebih ringkih dan lebih mudah rusak serta mudah tergores. Oleh karena itu, pastikan kamu segera memasang LCD protector atau screen guard sesaat setelah membeli kamera.
  3. Pasang filter lensa. Filter lensa ini akan melindungi intensitas cahaya yang berlebihan yang dapat merusak sensor kamera. Filter lensa ini juga melindungi lensa dari gorsan.
  4. Lepas baterai dan SD card sebelum disimpan. Saya pernah menyimpan kamera dalam keadaan baterai dan SD card terpasang dalam kamera. Kemudian kamera tersebut saya simpan lama dan jarang digunakan. Akibatnya, baterai dan SD card menempel di kamera sampai tidak bias dilepas dan juga…. Kamera rusak tidak bisa digunakan lagi.
  5. Jauhkan dari jangkauan anak kecil dan binatang peliharaan. Anak kecil mempunyai rasa penasaran yang tinggi. Demikian pula dengan binatang. Rasa ingin tahu mereka dapat mengutak-atik kamera secara tidak wajar dan merusak kamera.
  6. Gunakan peralatan lain saat beraksi yang meminimalkan risiko rusaknya kamera. Strap kamera dapat meminimalkan risiko kamera jatuh saat kita pegang. Tripod meminimalkan risiko kamera terkena kotoran. Lens hood yang mengurangi intensitas cahaya yang masuk secara berlebihan ke sensor kamera. Dan lain sebagainya
Baca juga:  Review Xiaomi Yi

Tempat berbelanja berbagai aksesoris kamera DSLR dan mirrorless yang mudah dan lengkap

Saya sering membeli kamera beserta asesoris perlengkapannya di toko online. Alasannya? Lengkap, murah, mudah, banyak pilihan, tak perlu beranjak kemana-mana. Salah satu toko online yang menyediakan asesoris lengkap adalah Bukalapak. Toko online Bukalapak adalah salah satu e-commerce terkemuka dan populer di Indonesia. Bukalapak menjual perlengkapan dan pelindung kamera seperti tas kamera, filter, dan lain sebagainya. Jika kantong terlalu kempes untuk membeli produk baru, toko online ini juga menyediakan produk-produk bekas yang harganya murah.

So, jangan biarkan dirimu panik saat menjelang traveling atau mengabadikan momen spesial, eh ternyata kamera rusak. Rawat kameramu sekarang juga.

 

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY