Omah Semar: Penginapan Unik Bernuansa Jawa di Jogja

20
Hotel Omah Semar Khas Jogja

Jogja. Setiap kali berkunjung ke suatu tempat wisata, hal pertama yang selalu saya cari adalah apa yang khas dari daerah tersebut. Apapun itu. Termasuk juga hotel atau penginapan yang mempunyai nuansa unik yang jarang ditemui di tempat lain.

Kecuali Jogja. Beberapa kali mengunjungi Jogja, saya selalu mencari penginapan yang murah, tak peduli desainnya bagus atau tidak, bersih atau tidak, bernuansa Jawa atau tidak. Yang penting tarif nya murah! Karena apa? Saya orang keturunan Jawa, besar di Jawa, jadi biasa saja dengan sesuatu yang berbau-bau Jawa.

Namun itu dulu. Terlalu lama tinggal di Jakarta membuat saya kangen akan hal-hal yang bernuansa Jawa. ‘Ke-Jawa-an’ saya perlahan mulai menghilang. Sepertinya perlu di-restore kembali. Di Jogja.

Kunjungan ke Jogja kali ini saya dan teman-teman saya menginap di suatu penginapan yang bernuansa Jogja/Jawa. Namanya, Omah Semar. Hotel ini benar-benar Jawa banget! Dari namanya saja sudah tergambar ke-Jawa-an hotel ini, omah = rumah. Jadi, Omah Semar = Rumah Semar.

Lokasi penginapan Omah Semar dekat banget dengan Stasiun Lempuyangan, Stadion Kridosono, Stadion Mandala Krida, Puro Pakualaman, dan juga tentu saja tak jauh dari Keraton Jogja. Intinya dekat pusat kota lah. Hehehe.

Di pintu masuk, kami disambut oleh dua pasang patung Semar besar dan kecil. Yaeyalah, namanya juga Omah Semar. Masuk ke dalam hotel, kami juga disambut patung loro blonyo di depan resepsionis. Loro blonyo adalah sepasang patung pengantin Jawa. Masuk lebih dalam lagi, ornamen-ornamen etnik menghiasi dinding dan lorong-lorong penginapan. Bikin mupeng pengen menghias dinding rumah dengan ornamen yang sama dengan hotel ini.

Hotel Antimainstream Jogja
Beberapa ornamen penghias penginapan yang bernuansa Jawa

Hotel lain menamakan kamarnya dengan nomor 101, 202, dan nomor-nomor membosankan lainnya. Tidak dengan Omah Semar. Penginapan di Jogja ini menamai kamarnya dengan tokoh-tokoh pewayangan Jawa: Semar, Arjuna, Srikandi, Bagong, Petruk, Srikandi, dan Gareng. Unik kan?

Baca juga:  Padusan di Sumber Mata Air Alami Pengging, Boyolali
Penginapan Unik di Jogja
Penginapan Unik di Jogja yang antimainstream. Nama kamarnya menggunakan nama tokoh pewayangan, bukan menggunakan nomor kamar.

Kamar yang kami singgahi kali ini adalah tipe kamar Semar. Eh, ngomongin siapakah Semar sebentar yuk. Jika melihat sosok Semar, pasti seketika timbul kesan underestimate. Udah orangnya ndut, pendek, tuwir, dan tak rupawan. Padahal, Semar ini asal-usulnya dari khayangan lho. Bukan manusia biasa! Tak heran kan mengapa Semar menjadi penasehat para ksatria? Walaupun sangat disegani, Semar juga punya sisi-sisi humoris. Pelajaran dari sosok Semar ini adalah don’t mess with an old guy!

Penginapan Omah Semar Jogja
Kamar hotel Omah Semar, Jogja yang lega banget. Ada yang menghadap balkoni. Cocok banget buat ngeteh sore sambil menikmati senja di Jogja

Oke, kita kembali ke Omah Semar dan mengapa saya suka banget sama hotel ini.

Fasilitas

Fasilitas kamar melimpah ruah standar hotel berbintang 4-5, padahal hotel ini hotel berbintang 2 lho:

Sebelum memesan hotel, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu apa saja fasilitas yang diberikan penginapan untuk mengetahui berapa biaya total yang harus dikeluarkan. Tarif murah yang ditampilkan di website hotel/agen pemesanan tiket belum tentu murah beneran lho. Hitung juga biaya lain-lain yang terkait dengan penginapan tersebut, misalnya biaya menuju penginapan, sarapan, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya.

Baca juga:  24 Pantai di Bali dengan Segala Keunikannya

Tarif penginapan Omah Semar ini lumayan murah menurut saya. Kita bandingkan saja ya. Misalnya tarif kamar termahalnya Tipe Semar adalah Rp575ribu (Ada yang lebih murah lagi kalau mau, cek website nya saja). Ini sudah yang termahal di Omah Semar. Biaya penjemputan dari bandara/stasiun gratis, jadi hemat ongkos taksi 200 ribu. Sarapan gratis untuk 3 orang, jadi hemat sekitar 100ribu. Perlengkapan mandi lengkap, hitunglah hemat 50ribu. Jadi biaya penginapan sesungguhnya hanya Rp225ribu/kamar/malam (Rp575ribu – 200ribu – 100 ribu -50ribu).

Jika kamu menginap sekamar untuk 3 orang, maka biaya perorangnya hanya 75ribu/malam (225ribu dibagi 3 orang). Sekarang bandingkan dengan hotel lain atau hotel dorm. Harga ini tergolong murah dengan kenyamanan/privasi yang diberikan karena tak harus berbagi kamar dengan orang yang tak dikenal seperti di hotel tipe dormitory dan tak harus mengantre di kamar mandi dengan traveler tak dikenal karena kamar mandinya berada di dalam kamar (private bathroom).


So, kalau traveling ke Jogja dan ingin menikmati nuansa Jawa secara total, kunjungilah keraton/candi/situs budaya lainnya, pelajari budaya masyarakat setempat, datangi pasar tradisional/tempat pembuatan kerajinan tangan, berbaurlah dengan masyarakat lokal, dan menginaplah di penginapan yang bernuansa Jawa. Di situlah kamu akan merasakan bahwa Jawa tak sekadar nama suku/pulau, juga banyak filosofi di setiap sisi kehidupannya #tsah.

Hotel Murah Jogja
Semar di mana-mana

Alamat: Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

Telepon: 085108450022, 085109360022, 085868026746.

Website: www.omahsemar.com

Facebook: Omah Semar

SHARE

20 COMMENTS

LEAVE A REPLY