24 Pantai di Bali dengan Segala Keunikannya

15
Daftar Pantai di Bali

Bali. Mengapa Bali menjadi salah satu tujuan wisata dunia? Salah satunya karena pantai-pantainya yang mahakece. Kece dalam hal apa? Lengkap. Mau pasir putih? Ombak? terumbu karang? Semua ada di Bali.

Masing-masing pantai di Bali mempunyai keunikan dan kekecean tersendiri. Maka saya sampai tidak pernah bosan untuk menyempatkan jalan-jalan ke Bali. Setahun tak ke Bali itu rasanya ada yang kurang. Sepertinya saya mulai ketagihan. Baliddiction.

Berikut saya lampirkan daftar pantai-pantai di Bali *halah kebanyakan bikin surat di kantor nih pakai embel-embel lampiran*. Urutannya seperti ini: dimulai dari arah barat laut – utara – timur laut – timur – tenggara – selatan – barat daya – barat.

1. Pulau Menjangan

Menurut saya, pemandangan bawah laut Pulau Menjangan merupakan salah satu yang terindah di Indonesia. Terumbu karang di Pulau Menjangan ini masih sangat bagus dengan keragaman jenis ikan yang luar biasa banyak. Semoga akan tetap cakep sampai akhir hayati ya…

Pemandangan atas Pulau Menjangan pun tak kalah keren. Saking bening air lautnya, kapal yang berada di atas permukaan laut pun tampak mengambang! *Yayealah, kapal di mana-mana juga mengambang keleus*

Pulau Menjangan Bali
Pulau Menjangan: Cakep atas bawah

2. Lovina

Setiap pagi, puluhan atau bahkan mungkin ratusan lumba-lumba terlihat menari-nari di permukaan laut Lovina. Karena atraksi lumba-lumba di alamnya ini berlangsung pada pagi hari, suka tak suka padahal suka, kita pun disuguhi bonus pemandangan sunrise yang merekah di ufuk timur. Love INA banget dah.

Lumba-lumba di Pantai Lovina
Lumba-lumba di Pantai Lovina

3. Ex Pelabuhan Buleleng

Pelabuhan Buleleng pernah menjadi bagian sejarah perjuangan rakyat Bali. Dulu, Pelabuhan Buleleng juga menjadi pelabuhan terbesar di Bali semasa pusat pemerintahan Bali berada di Singaraja, daerah di mana pelabuhan ini berada. Sekarang pun juga asyik buat nongkrong-nongkrong jika kamu sedang berada di Singaraja.

Baca juga:  Lovina Bali, Lebih Banyak Turis Daripada Lumba-lumba
Pelabuhan Buleleng Bali
Ex Pelabuhan Buleleng Bali. Sejarah kejayaan masa lalu Bali juga ada di sini.

4. Tulamben

Tulamben menjadi salah satu tujuan diving yang terkenal di Bali karena di perairan ini terdapat ship wreck atau pecahan kapal yang karam. Ketika berada di bibir pantainya yang banyak bebatuan hitam, pasti akan sedikit skeptis dengan Tulamben. Masak sih spot diving pantainya berpasir hitam begini?

Setelah membenamkan kepala ke dalam air, baru tampak pesona Tulamben yang sesungguhnya. Terumbu karang raksasa yang menyelimuti bongkahan kapal USS Liberty benar-benar tampak megah: ikannya gemuk-gemuk, karangnya warna-warni, dan juga schooling fish yang lagi arisan di dalam laut. Wuih, pokoknya gak bakal nyangka deh pantai berpasir hitam juga bisa menyimpan terumbu karang yang luar biasa kece.

Diving di Tulamben
Diving di Tulamben

5. Amed

Dengan lokasi yang tak jauh dari Tulamben, Amed juga memiliki karakteristik pantai yang sama: Berbatu/berpasir hitam. Namun sekali lagi jangan menyepelekan keindahan bawah lautnya, kece parah. Di permukaan air saja, saya sudah bisa berenang bersama ribuan ikan (schooling fish) lho.

Setelah berada di Amed dan Tulamben, saya malah berpikir seperti ini: andai saja semua pantai berbatu seperti di Amed dan Tulamben, pasti pakaian kita gak bakal kotor terkena butiran pasir pantai yang menempel. Hmm… Asyik juga.

Terumbu Karang di Amed
Terumbu Karang di Amed. Tuh, ada kotak pos di bawah laut juga.

 

6. Virgin Beach

Virgin Beach memang jarang terdengar gaungnya. Padahal, pantai pasir putih dengan ombak yang tenang ini sangat cocok buat yang gemar berenang di pantai.

Virgin Beach, Bali
Virgin Beach, Bali

 

7. Bloo Lagoon

Pantai yang berlokasi dekat dengan Padang Bai ini menjadi salah satu spot snorkeling di Bali. Dibilang terkenal sih nggak terkenal-terkenal amat ya. Tapi lumayan kece kok pemandangan bawah lautnya.

Walaupun garis pantainya sangat pendek, Bloo Lagoon tidak terlalu sumpek. Mungkin karena tak banyak wisatawan yang berkunjung kemari kali ya. Eh, pijat di pinggir pantai Bloo Lagoon ini sangat menyenangkan lho. Deburan suara ombaknya itu lho, bikin ketiduran saat dipijit.

Baca juga:  Djakarta Warehouse Project 2015: Raksasa yang Digerogoti Virus
Terumbu Karang di Bloo Lagoon
Terumbu Karang di Bloo Lagoon

 

8. Bias Tugel

Pantai ini menjadi salah satu pantai dengan pemandangan terbaik di Bali menurut saya. Pasirnya benar-benar putih bersih, airnya benar-benar bening, banyak pohon kelapa di pinggir pantai pula. Plus, bonus pemandangan kapal feri raksasa yang akan berlabuh di Pelabuhan Padang Bai. Pokoknya kece deh.

Bias Tugel
Pasir Pantai Bias Tugel yang sangat putih

9. Sanur

Sanur adalah pusat keramaian dan ketenangan dalam satu lokasi yang sama. Maklum sih, pantainya dekat dengan pusat kota. Di sisi lain merupakan pelabuhan penyeberangan ke Nusa Lembongan/Penida/Ceningan. Di sisi lain merupakan kawasan penginapan dan hiburan yang ramai. Di sisi lain pula, ketenangan begitu terasa ketika berada di pinggir pantai.

Sanur
Sanur. Pusat keramaian dan ketenangan dalam satu tempat dan waktu.

10. Tanjung Benoa

Kalau nongkrong atau tiduran di pantai kamu anggap kurang menggairahkan, cobalah cari aktivitas yang agak ekstrim: Water sport misalnya. Nah, Tanjung Benoa dapat kamu jadikan lokasi untuk mengocok adrenalin, mengguncang jantung, dan menghentak jiwamu *huft, mulai deh lebainya*. Olahraga air yang ditawarkan di pantai ini lumayan seru dan menantang. Perlu sedikit nyali sih untuk mencobanya. Kapan lagi. YOLO.

Water sport di Tanjung Benoa
Water sport di Tanjung Benoa

 

11. Nusa Dua

Underrated. Itulah sebutan yang cocok untuk pantai-pantai di Nusa Dua. Bagus, tapi tak banyak orang yang melirik. Justru di sinilah letak keasyikan pantai-pantai di Nusa Dua. Tenang. Damai. Tak banyak gangguan.

Nusa Dua, Bali
Nusa Dua. Underated.

 

12. Pandawa

Pantai Pandawa menjadi ngehits banget akhir-akhir ini di media sosial. Apalagi kalau bukan karena tebing karang yang dibelah untuk dijadikan jalan menuju pantai? Walaupun mainstream, tak mengurangi keindahan pantai ini kok. Psst.. di dekat Pantai Pandawa juga terdapat rongsokan pesawat terbang yang asyik untuk berfoto-foto.

Pantai Pandaawa
Golden hour di Pantai Pandaawa

 

13. Uluwatu

Pura kuno di ujung tebing menjadi keunikan Uluwatu. Tebing karang di pinggir pantai ini sangat tinggi dan bikin keder jika berada di tepian dan melihat ke bawahnya. Tebing ini cocok buat kamu-kamu yang takut ketinggian untuk berlatih menghadapi fobia ketinggian. Eh, tapi jangan ding. Bisa-bisa malah pingsan hahaha.

Baca juga:  (Gagal) Mengejar Sunset di Borobudur
Pura di Uluwatu
Pura di Uluwatu

Klik halaman 2 untuk melihat pantai-panai superkece di Bali lainnya

1
2
SHARE

15 COMMENTS

LEAVE A REPLY