Ada Apa di Pantai Pandawa, Bali?

4
Sunset Pantai Pandawa Bali

“After a visit to the beach, it’s hard to believe that we live in a material world.” – Pam Shaw

Bali.  Hampir semua teman di Facebook atau di sosial media lain sepertinya pernah mengunjungi Pantai Pandawa. Bahkan, kakak saya juga ikut-ikutan pamer foto di pantai di bagian selatan pesisir Bali ini. Menstrim banget yak? Sebagai seorang yang sok-sokan antimainstream, agak males juga awalnya mengunjungi pantai ini. Namun ketika ada kesempatan jalan-jalan ke Bali lagi dan bingung mau ke mana, akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi Pantai Pandawa. Kapan lagi?

Jika kamu menginap di Kuta, Denpasar, atau Sanur, jarak Pantai Pandawa ini sebenarnya tak begitu jauh, hanya sekitar 19 – 25 km atau sekitar 30-45 menit perjalanan. Beda jika kamu menginap di Singaraja atau Gilimanuk. Jauhnya bisa mengalahkan jauhnya Jakarta-Bekasi yang berjarak 1 milyar tahun cahaya itu. Xixixi.

Kawasan wisata ini boleh namanya Pantai Pandawa. Namun sebenarnya tak hanya pantai saja lho yang ada di kawasan ini. Ada apa lagi sih?

1. Pantai yang dihiasi sunset yang ciamik

Yang pertama, tentu saja ada pantai, namanya juga Pantai Pandawa hehehe. Pantai Pandawa tak jauh beda penampakannya dengan pantai-pantai di laut selatan: berombak besar. Beruntung sekali pantai ini dikaruniai pasir putih, yang tentunya jenis pasirnya khas pasir pantai daerah selatan dengan bulir pasir kasar. Sekasar perlakuan Malvina del Olmo terhadap Maria Mercedes. Halah.

Sebenarnya saya kesorean datang ke Pantai Pandawa waktu itu. Jalan-jalan ke pantai kok baru datang jam 5 sore. Piye sih? Datang ke pantai sore-sore itu bukan gue banget. Kalau melihat laut bawaannya pengen nyebur. Kalau jam segini nyebur ke laut bisa ‘kelaut aje’ beneran.

Baca juga:  Pulau Peucang, Setitik Keindahan di Ujung Pulau Jawa

Ternyata ada untungnya datang di jam matahari pulang kerja. Di waktu-waktu ini, kita bisa menyaksikan sunset yang ciamik! Kilau cahaya matahari yang memantul di atas air laut, ditambah siluet turis-turis setengah telanjang kelihatan artsy gimana gitu. Pokoknya keren deh. Kayak kamoh.

Pantai Pandawa Bali
Sunset di Pantai Pandawa

2. Bangkai pesawat terbang yang dihiasi sunset yang ciamik

Katanya sih, bangkai pesawat di dekat Pantai Pandawa ini akan digunakan untuk restoran. Saya mendengar ‘katanya’ tersebut sudah bertahun-tahun lamanya. Sekarang? Masih saja berbentuk onggokan bangkai pesawat.

Lokasi bangkai pesawat ini tak jauh dari Pantai Pandawa. Pokoknya jika ada pertigaan, belok ke kanan akan menuju ke arah pantainya, jika bablas terus akan menuju ke bangkai pesawat ini. Jika masih bingung, tanya penduduk sekitar sahaja. Akoh juga getoh kok.

Bangkai Pesawat Pandawa Bali
Bangkai Pesawat yang tak jauh dari Pantai Pandawa, Bali

3. Tebing kapur dengan pemandangan sunset yang ciamik

Jalan menuju ke Pantai Pandawa melewati tebing yang dibelah untuk akses jalan. Pemandangan bukit kapur terbelah nan tandus tentu saja menjadi unik mengingat kebanyakan wilayah Indonesia berhiaskan vegetasi ijo royo-royo. Apalagi tebing di pantai ini ukurannya begitu masif, dan di bagian tertentu dipasang patung berukuran raksasa. Gimana gak ciamik?

Tak perlu sampai ke pantainya, di jalur akses menuju pantai ini saja banyak wisatawan yang menghentikan kendaraannya untuk foto-foto. Dari sekian banyak teman saya yang pernah ke Pantai Pandawa, kebanyakan justru mengunggah fotonya dengan latar belakang tebing ini dibanding dengan latar belakang pantainya sendiri. Ditambah lagi sunset yang mengintip dibalik batu karang, makin ciamik deh.

Tebing Pantai Pandawa Bali
Jalan membelah tebing menuju Pantai Pandawa

Piye menurut ngana? Jika jalan-jalan ke Bali, ngana tak perlu banyak nganu-nganu. Langsung cuss saja ke Pantai Pandawa yang ciamik. Nggak rugi kok. Baca juga tempat wisata ciamik di Bali lainnya di sini *klik*.

Baca juga:  Jayalah Karimunjawa!
SHARE

4 COMMENTS

  1. Wah yang bangkai pesawatnya min yang belum pernah aku lihat sebelumnya,,, kalau tebing kapurnya sieh udah bolak – balik. Sekarang bangkai pesawatnya nangis kali ya, tapi ntar kalau udah digunakan untuk restoran, pasti ramai dan bangkainya itu seperti bermanfaat bagi orang lain, jadi tertawa deh tuh bangkai,,, hahahaha

  2. ((MALVINA)) Buahahahaha sadis kali tontonan dan ingatannya! ???

    Itu bangkai pesawat ngapain teronggok di sana? Jadi bayangin kalo malem…… *fantasi horor*

LEAVE A REPLY