Hmm… Sunset di Bendungan Colo Chantique Juga

10
Bendungan Colo, Sukoharjo
Bendungan Colo

“It is easier to dam a river than to stop a gossip’ – Filipino Proverb

Sukoharjo, Jawa Tengah. Ada salah satu tempat di Sukoharjo, Jawa Tengah yang akhir-akhir ini terkenal banget di sosial media. Nama tempat tersebut adalah Bendungan Colo. Mengapa tempat ini menjadi begitu populer?

Bendungan Colo menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda Sukoharjo. Buktinya, sewaktu saya ke sana, banyak sekali muda mudi yang nongkrong-nongkrong di pinggir Bendungan Colo. Namun demikian, yang membuat Bendungan Colo menjadi begitu ngehits di sosial media justru karena kotak-kotaknya. Hah, kotak-kotak? maksud loe?

Entah harus menyebut apa, yang jelas struktur beton yang dibangun di Bendungan Colo ini berbentuk kotak-kotak dan simetris. Karena bentuknya yang teratur inilah, Bendungan Colo menjadi tampak sedap dipandang.

Banyak pengunjung yang berfoto narsis, bergaya sok-sok misterius, ataupun bergaya loncat-loncatan di atas ‘kotak-kotak’ tersebut. Memang air di Bendungan Colo tidak deras ya kok banyak pengunjung yang berani berfoto-foto di situ?

Sewaktu saya ke sana, airnya memang tidak begitu deras. Mengalir bak air mata. Kedalamannya hanya sebatas dengkul pula. Jadi banyak pengunjung yang berani melompat dari kotak satu ke kotak lainnya. Namun demikian, sebaiknya tetap hati-hati lho ya. Saya hanya mengukur kedalaman air Bendungan Colo yang di dekat pinggiran saja, tidak sampai ke tengah bendungan. Siapa tahu, semakin ke tengah, semakin dalam pula airnya. Siapa tahu.

Oh ya, kabarnya bendungan ini menjadi sangat kering di musim kemarau. Jika ingin berkunjung ke Bendungan Colo, mungkin bisa dilakukan saat musim hujan. FYI, Saya jalan-jalan ke Bendungan Colo ini pada bulan Desember yang sudah masuk musim penghujan. Waktu itu, debit airnya lumayan besar walaupun tidak begitu deras.

Baca juga:  Pantai Sadranan: Snorkeling di Pantai Selatan Jogja

Jika kamu memang ingin jalan-jalan ke Bendungan Colo, sebaiknya berangkat menjelang matahari terbenam. Selain suhu saat hari menjelang malam yang tidak terlalu panas, kamu juga bisa mendapat pemandangan sunset yang dramatis!

Awalnya, saya agak ragu untuk berfoto-foto di atas ‘kotak-kotak’ yang entah fungsinya untuk apa itu. Tidak ada yang berfoto-foto di atas ‘kotak-kotak’ tersebut. Ah, mungkin mereka sudah bosan. Pikir saya waktu itu.

Akhirnya saya pun berani turun ke ‘kotak-kotak’ yang instagramable tersebut. Lama sekali saya dan keluarga saya berfoto-foto di situ. Habis memang Bendungan Colo ini sangat cakep sih kalau difoto.

Cara Menuju Bendungan Colo

Bendungan Colo terletak di Desa Pengkol, Nguter, Sukoharjo. Rute ke lokasi Bendungan Colo sangatlah mudah. Kamu bisa berangkat dari Solo ataupun Wonogiri. Jika berangkat dari Solo kira-kira butuh waktu 45 menit, sedangkan jika berangkat dari Wonogiri mungkin tak kurang dari 10 menit mengingat lokasi bendungan ini berada di perbatasan Sukoharjo dan Wonogiri. Kamu punya Google Maps atau Waze? Ketikkan ‘Bendungan Colo’ di situ, niscaya akan ketemu lokasi persisinya.

Walaupun ini hanyalah bendungan yang fungsinya untuk mengatur aliran air dan belum menjadi obyek wisata komersial, tak ada salahnya menjadikan Bendungan Colo menjadi alternatif tempat wisata di Sukoharjo, Wonogiri, ataupun Kota Solo.

10 COMMENTS

  1. Apa nggak ngeri kak semisal melompat gitu dari kotak yang satu dengan yang lainnya? Kalau jackie Jan mah nggak apa – apa, lah kalau kungfuner amatir bagaimana? bisa – bisa tubuhnya kepentok kotak – kotaknya. Ya nggak kak Puppy?

LEAVE A REPLY