Bukit Cumbri. Pendaki Pemula Silakan Baca!

12
Gunung Bukit Cumbri Wonogiri Ponorogo

“A man gets to the land of spirits when he passes seven rivers, seven forests and seven hills.” – African Proverb

Wonogiri, Jawa Tengah. Akhir-akhir ini lagi ngehits banget foto-foto di perbukitan. Sebut saja yang paling terkenal, seperti Tebing Keraton di Bandung, Puncak Munara di Bogor, dan lain sebagainya. Mengapa? Jalur pendakian perbukitan relatif lebih mudah dibanding gunung dengan pemandangan yang tak kalah chantique dibanding dengan pemandangan di gunung. Pemandangan di puncak bukit dengan latar belakang pemandangan lembah (aerial view) juga bisa bikin kita berdecak kagum lho. Kece lah pokoknya!

Ada salah satu bukit di Wonogiri, Jawa Tengah yang mempunyai landscape sangat elok. Namanya Bukit Cumbri. Bukan bukit cum bro ya.. *hush mesum*. Banyak yang menyebut, pemandangan di puncak Bukit Cumbri mirip dengan Chocolate Hills di Filipina. Kalau saya bilang, yah boleh lah dimirip-miripin.

Kamu seorang pemula yang pengen belajar naik gunung? Di sini adalah tempat yang tepat untuk menguji mental! Mendaki gunung tidaklah mudah. Selain persiapan fisik, mendaki gunung juga membutuhkan persiapan mental. Tinggi Bukit Cumbri ‘hanya’ 638mdpl, tak seberapa dibanding tinggi gunung-gunung lain di Indonesia. Jika sudah sukses mendaki Puncak Cumbri dan berhasil kembali ke bawah dengan selamat, persiapkan dirimu untuk mendaki gunung yang lebih tinggi. Tinggal dibandingkan saja tinggi gunung yang akan kamu daki, dengan tinggi Puncak Cumbri. Berapa kali kah perjuangan yang akan kamu lakukan menuju puncak gunung tersebut dibanding dengan perjuangan menuju Puncak Bukit Cumbri? Niscaya tidak nyambung karena masing-masing gunung punya karakteristik jalur pendakian yang berbeda-beda hehehe.

Bukit Cumbri
Disinilah puncak tertinggi Bukit Cumbri. Ketinggiannya ‘hanya’ 638mdpl kok. Tulisannya tidak kelihatan ya? Itulah akibat tangan buruk rupa yang suka merusak fasilitas umum.

Mendaki ke Puncak Cumbri bukanlah sesuatu yang sulit. Maksudnya, banyak papan petunjuk arah ber-Bahasa Jawa yang bertuliskan ‘Munggah’, yang artinya ‘Naik’. Menuju ke area parkir di Desa Biting pun juga mudah karena banyak papan petunjuk yang mengarahkan kita ke sana. Apalagi penduduk lokalnya ramah dan helpful, jika masih kesusahan mencari rute menuju Bukit Cumbri tinggal bertanya saja. Hal yang paling susah dihindari adalah menahan diri untuk tidak selfie selama pendakian. Setiap sudut Bukit Cumbri adalah keindahan!

Baca juga:  Pandawa Waterworld: Sensasi Pantai Buatan di Solo

Bukit Cumbri adalah sebuah bukit yang lumayan kering. Pepohonan yang tumbuh di area bukit ini tidaklah begitu lebat. Malah tampak cenderung gersang. Area perbukitan ini paling banyak ditumbuhi pohon jambu monyet. Jangan dipetik ya, pohon-pohon jambu monyet ini ada yang punya!

Karena berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, kita bisa melihat kota-kota di sekitar perbatasan ini, sebut saja Ponorogo, Wonogiri, Karanganyar, dan sebagainya. Dan tentu saja yang paling ngehits adalah pemandangan perbukitan ‘chocolate hills’ dari Puncak Cumbri.

Bukit Cumbri
Jalan setapak pendakian Bukit Cumbri. Gimana gak kebelet selfie kalau selama pendakian pemandangannya seperti ini? Oh iya, pemandangan di belakang adalah Kabupaten Ponorogo

Cara menuju Bukit Cumbri:

  • Datang ke Solo atau Ponorogo atau Wonogiri
  • Menuju ke Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri. Lokasinya persis di perbatasan Wonogori dan Ponorogo. Persis banget. Parkir motor/mobilmu di sini –> Titik Koordinat Parkir Bukit Cumbri. Bayar parkir cuma Rp5.000 doang. Jangan kawatir, banyak papan petunjuk menuju parkir Bukit Cumbri. Mobil bisa masuk, walaupun hanya satu jalur. Kalau dua mobil papasan dari dua arah berlawanan, tidak tahu deh harus bagaimana hehehe.
  • Dari lokasi parkir, siap-siap berjalan kaki mendaki selama satu jam ke Puncak Cumbri di titik koordinat GPS -7.839670, 111.304719
  • Masih bingung juga? Ada guide lokal di Solo yang bisa mengantarkanmu ke sana –> Ninik (087899861049)

Tips mendaki Bukit Cumbri:

  • Bawa air yang banyak, karena kondisi bukit begitu kering kerontang
  • Bawa payung/jas hujan, mengingat susah mencari tempat berteduh jika hujan
  • Bawa sampahmu kembali ke bawah, mengingat kamu adalah pendaki yang rupawan
  • Jangan memetik buah jambu mete di sepanjang jalur pendakian. Pohon-pohon tersebut ada pemiliknya. Mencuri itu dosa. Tahu kan kalau dosa itu masuk neraka, kemudian di neraka bakal dimakan kecoa berkepala singa?
  • Sinyal operator seluler lumayan bagus di Bukit Cumbri. Asyik kan?
Baca juga:  Jayalah Karimunjawa!

Nah, jika kamu masih bingung ‘Jalan-jalan ke Solo enaknya ke mana ya?’, ‘Di Solo ada apa?’, ‘Tempat wisata di Solo apa saja?’, Bukit Cumbri bisa kamu jadikan alternatif tempat wisata di Solo. Cuzzz…

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY