Tips Meningkatkan Peringkat Alexa

0
Alexa Rank
Judulnya nggak banget deh, berasa jualan obat

‘Rank does not confer privilege or give power. It imposes responsibility.’ – Peter Drucker

Hola sobat. (Ehm.. ehm.. Biar berasa blog IT, panggilnya ‘sobat’.) Udah baca artikel ini belum? Di artikel tersebut, saya menulis bahwa peringkat Alexa itu agak-agak bisa diabaikan. Bisa dibilang tidak terlalu penting. Kok bisa? Bukannya banyak blogger pengen peringkat Alexanya bagus? Ya iyalah, waktu itu Alexa Rank-nya puppytraveler.com jeblok di peringkat 2.187.647 dunia. Mimin sakit hati sehingga menganggap Alexa Rank itu tidak terlalu penting. Hiks.

Saat artikel ini ditulis, Alexa Rank puppytraveler.com berada di peringkat 609.403 di dunia dan 9.179 di Indonesia lho. Karena peringkat blog saya membaik, sekarang saya boleh bilang dong bahwa Alex Rank itu penting? Boleh ya… (Buahahaha… gombal juga nih si mimin)

Alexa Rank
Peringkat Alexa puppytraveler.com. Iya min iya… pamer aja terus…

Nggak ding. Saya tetap konsisten bahwa Alexa Rank itu untuk asyik-asyikan saja. Untuk gengsi-gengsian juga bisa. Selama peringkat Alexa tidak menambah saldo rekening bank, mimin tetap santai sama yang namanya Alexa Rank. (Yang bilang mimin matre, ane sumpahin digelitikin si chantique Dijah Yellow sampai kelojotan)

Baeklah, mimin kasih tips nih bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank ala-ala blog puppytraveler.com.

1. Cara Normal Meningkatkan Peringkat Alexa

– Konten yang nagih dan bikin betah nangkring

Content is King. Itulah mengapa situs-situs terkenal seperti Detik.com, Wikipedia, Facebook, Instagram, Kaskus, dan situs-situs populer lainnya mempunyai peringkat top 500 Alexa. Iya… Mengapa?

Tanpa disuruh pun, banyak pengguna internet dengan suka rela membuka situs-situs tersebut. Bahkan sampai membuat mereka ketagihan!

Mereka rela membayar kuota internet untuk membuka Facebook, Instagram, Kaskus, dan lain sebagainya. Itu semua karena mereka butuh satu hal: konten. Dalam hal ini, konten yang nagih tersebut bisa berupa informasi penting, atau bisa juga konten hiburan.

Blog pribadi mungkin bisa dikatakan mustahil bisa mengalahkan peringkat Alexa situs-situs terkenal tersebut. Tapi satu hal yang bisa kita tiru dari situs-situs tersebut: buat konten yang bikin pembaca ketagihan!

Baca juga:  Tutorial Membuat Travel Blog Gratis

Konten yang bikin ketagihan itu yang bagaimana sih? Konten tersebut bisa berupa cerita lucu, informasi gadget terbaru, review produk terbaru, resep masakan, reliji, motivasi, dan konten lain yang kira-kira selalu ditunggu oleh pembaca. Ada satu konten nagih yang amat sangat tidak saya rekomendasikan, tapi kalau kamu mau bikin, nanti kasih tahu mimin ya: Bikin blog foto-foto seksi atau blog porno! Oops!

– SEO

SEO atau Search Engine Optimizer adalah suatu teknik menjerat pembaca (biasanya dengan permainan kata kunci atau keyword tertentu) untuk tertuju ke blog kamu melalui search engine semacam Google. Misalnya saya menggunakan kalimat seperti tertulis di bawah ‘Cara curang meningkatkan peringkat Alexa’ karena pasti banyak blogger yang frustasi akibat peringkat Alexa-nya jeblok padahal berbagai cara sudah dilakukan sehingga mencari cara curang untuk meningkatkan Alexa Rank melalui Google dengan mengetikkan keyword tersebut.

Jeratan SEO ini bisa menyesatkan pembaca, tapi bisa juga membantu pembaca. Ingat kan rezim Jevuska.com? Ketika kita mengetikkan suatu kata kunci atau keyword di Google, selalu muncul Jevuska di peringkat pertama halaman pertama? Setelah membuka Jevuska dari link yang diberikan oleh Google, pembaca akhirnya terbantu dengan informasi di Jevuska, atau sebaliknya tertipu dengan jebakan SEO Jevuska. Yang jelas, saya akui Jevuska memang hebat waktu itu.

Lalu bagaimana SEO yang baik dan benar? Mencari formula SEO yang tepat itu seperti mencari kucing dalam tempurung dan katak dalam karung. Membingungkan. Saran saya, daripada memikirkan SEO, lebih baik fokus ke konten seperti yang saya jelaskan di atas. Mengapa?

Algoritma Google selalu berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman. SEO yang dulu ampuh, sekarang bisa jadi letoy. Dulu saya menggunakan jebakan SEO ini, tapi tidak untuk menyesatkan ya. hanya untuk memenangkan persaingan di Google. Artikel yang dulu bisa mendapat ratusan views sehari, sekarang dapat 1 views pun sudah sujud syukur akibat perubahan algoritma Google.

Baca juga:  Apa sih Enaknya Mendaki Gunung?

Saya kasih contoh artikel saya yang SEO-minded, yaitu artikel Bunaken. Artikel ini saya buat dan saya desain dengan SEO untuk menjebak pembaca. Hasilnya? Gak laku. Uhuk. Cian deh.

Ada satu artikel saya yang sangat laris dibaca, yaitu Wajah yang ‘Indonesia’ itu Seperti Apa Sih? Tak ada jebakan SEO yang sengaja saya buat dalam artikel ini. Saya hanya menulis pengalaman saya saja. Apa yang terjadi? Artikel ini tak pernah luput dari top 5 paling banyak dilihat di blog puppytraveler.com.

Itulah. Google itu seperti perempuan. Susah dimengerti. Tapi terkadang seperti laki-laki. As delicious as his belly button, suka seenak udelnya sendiri. Misterinya benar-benar susah diprediksi.

Jadi SEO tidak penting dong? SEO masih penting kok. Namun saran saya jangan terfokus di SEO, lebih baik fokus ke konten. Yah ibarat makanan, konten itu menu utama, sedangkan SEO itu bumbu penyedapnya. Begicyu.

2. Cara curang meningkatkan peringkat Alexa

– Autoclick

NO WAY. Jangan sampai pakai cara ini! Amit-amit jabang barbie dah. Ada beberapa software untuk autoclick ini, tapi saya ogah banget menggunakannya. Apalagi sampai guweh share dimari. Emoh!

– Instal add on/extension Alexa

Tergantung browser internet yang kamu pakai, apakah Google Chrome atau Mozilla Firefox, dengan add on Alexa yang menempel di browser kita ini, terbukti ampuh lho untuk meningkatkan peringkat Alexa. Saya sudah membuktikannya berkali-kali.

Sepertinya cara ini tidak curang yah? Iya, kita tidak curang karena kita browsing dan update blog secara normal seperti biasanya kok. Pihak Alexa nya yang ‘curang’ hahaha.

Lho kok pihak Alexa yang ‘curang’? Habis mereka pilih kasih antara browsing dengan menggunakan add on yang menempel di browser dengan tanpa add on. Blog yang dibuka dengan add on Alexa yang menempel di browser, (sepertinya) mendapat nilai plus dari Alexa.

Baca juga:  Tips Mendaki Gunung dari Pemula untuk Pemula
Alexa Extension di Chrome
Alexa Extension di Chrome

Cara Instal Add on Alexa di Mozilla Firefox:

Buka menu Tools – Add Ons – cari add on Alexa yang official

Cara Instal Add on Alexa di Google Chrome:

Menu – More Tools – Extension – Cari tulisan Get More Extension paling bawah halaman tersebut, kemudian klik – Cari extension Alexa yang official.

———-

Bagaimana dengan Widget Alexa?

Seperti apa sih widget Alexa itu? Contoh Widget Alexa bisa dilihat di bagian paling bawah blog ini. Bisa meningkatkan peringkat Alexa?

Awalnya saya mengira widget ini berisi script yang mengirimkan data traffic blog ke Alexa. Tapi entah kenapa, saya tidak merasakan adanya perubahan peringkat Alexa saat beberapa artikel saya booming beberapa bulan lalu. Peringkatnya malah cenderung stagnan bahkan memburuk. Seharusnya, dengan jumlah views meningkat hampir 1000x lipat dari views normal, Alexa rank nya pun mengikuti dengan perbaikan yang signifikan. Mimin kira widget ini mengirim sinyal ke server Alexa sono. Sepertinya tidak. Sakit rasanya hati miminz. Fufufu…

Mimin kok berani membagi informasi mengenai cara meningkatkan peringkat Alexa? Tidak takut tersaingi jika suatu saat nanti banyak blog yang peringkatnya lebih bagus dari puppytraveler.com? Sekali lagi, selama Alexa Rank tidak memberi tambahan pundi-pundi dollar ke mimin (atau paling gak kasih jodoh lah buat mimin), mimin tidak ambil pusing jika memang peringkat blog kamoh bisa lebih bagus dari peringkat puppytraveler.com. Bhay!

Kesimpulannya, bagaimana bisa puppytraveler.com meningkatkan Alexa Rank dari 2 jutaan ke 6ooribuan hanya dalam waktu beberapa bulan saja? Selain memang karena traffic blog puppytraveler.com yang akhir-akhir ini meningkat dengan stabil, saya menduga extension Alexa yang saya pasang di browser (FYI, sumimincuk pake Chrome) juga turut mempercepat perbaikan peringkat Alexa blog puppytraveler.com. Kamoh. Mahu. Mencoba?

SHARE

LEAVE A REPLY