Review Xiaomi Yi

75

Berikut ini adalah hasil foto/video dengan menggunakan Xiaomi Yi. Untuk foto, editing hanya terbatas resize dan watermark. Untuk video, editing hanya terbatas pada kompilasi, pengaturan speed, dan penambahan musik. Tidak ada penambahan brightness, contrast, hue/saturation, dan tweak lainnya.

1.Foto malam dalam kondisi gelap (kurang cahaya)

Hasil Foto Xiaomi Yi di Tempat yang Gelap
Hasil foto Xiaomi Yi malam gelap kurang cahaya (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Saya sengaja mencari spot yang gelap banget, tentu saja yang masih bisa ditoleransi mata. Teman saya sempat pesimis, dengan lokasi yang gelap seperti itu apakah bisa foto-foto.

Jepret! Hasilnya bisa dilihat melalui foto di atas. Jika kita set ke mode auto, kamera ini masih oke untuk menangkap gambar dalam keadaan gelap. Dengan catatan, jangan sampai tangan goyang saat mengambil foto. karena bisa menyebabkan hasil foto buram/blur. FYI, foto di atas diambil dalam keadaan kamera kurang stabil/goyang.

Hasil buram/blur akan timbul jika kamera goyang pada saat mengambil foto di tempat gelap. Tak hanya Xiaomi Yi, hampir semua kamera, bahkan kamera profesional pun juga mengalami masalah yang sama jika mengambil gambar di tempat yang minim cahaya. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan tripod.

2. Hasil Foto Xiaomi Yi malam dalam kondisi cukup cahaya

Hasil Foto Xiaomi Yi outdoor dalam kondisi cukup cahaya
Hasil Foto Xiaomi Yi di luar ruangan (outdoor) dalam kondisi cukup cahaya (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Hasil foto malam dengan menggunakan Xiaomi Yi dengan pencahayaan yang cukup ternyata bagus. Sekali lagi, kamera harus dalam keadaan steady/tidak goyang.

Lihat gedung bertingkat di atas. Keuntungan menggunakan action cam adalah karena kamera ini memiliki lensa wide, sehingga fotonya sangat lebar. Dalam hal ini, foto gedung sebagai background foto bisa tertangkap secara penuh dalam satu frame foto.

3. Foto dalam kondisi cukup cahaya di dalam ruangan

Hasil Foto Xiaomi Yi Di Dalam Ruangan
Hasil Foto Xiaomi Yi di dalam ruangan dengan kondisi cukup cahaya (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Foto di atas diambil di dalam mall Gandaria City. Hasil fotonya bening, cerah, warna yang dihasilkan bagus bukan?

4. Foto dengan menggunakan underwater case murah

Hasil Foto Xiaomi Yi dengan menggunakan underwater case murah
Hasil Foto Xiaomi Yi dengan menggunakan underwater case murah (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Casing underwater yang harganya di bawah 150ribu membuat hasil foto menjadi jelek: kurang tajam, blur, warna kurang menarik. Underwater case ini malah sekarang saya gunakan untuk pelindung lensa dan kamera dari goresan. Saya ingin membeli underwater case yang agak bagusan sedikit agar tidak mengurangi kualitas foto/video Xiaomi Yi.

5. Foto dengan underwater case original

Foto dengan underwater case original yang harganya antara RP200-300ribu ternyata lumayan bagus. Jauh lebih bagus dibanding case murahan. Namun demikian, hasil foto/video dengan underwater case original ini masih belum sejernih Xiaomi Yi tanpa case.

Hasil foto Xiaomi Yi Underwater Case Original
Hasil foto Xiaomi Yi Underwater Case Original

6. Hasil Foto dengan underwater case original di bawah air

Hasil foto/video dengan menggunakan underwater case original ternyata lumayan bagus. Warna yang muncul juga apa adanya, tidak terlalu bluish. Sekali lagi, untuk sekelas action cam hasilnya lumayan bagus. Namun demikian, kualitas foto underwater masih di bawah kualitas kamera pocket underwater seperti Olympus Tough atau Canon D30.

Hasil foto Xiaomi Yi dengan underwater case original di bawah air
Hasil foto Xiaomi Yi dengan underwater case original di bawah air

7. Foto macro dengan Xiaomi Yi adalah sebuah mimpi

Hasil foto macro Xiaomi Yi
Hasil foto macro Xiaomi Yi (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Foto makro dalam jarak dekat tampaknya masih menjadi kendala bagi semua action camera. Foto di atas menunjukkan hasil foto yang buram/blur karena lensa action camera memang tidak diciptakan untuk foto macro. Foto di atas juga untuk menunjukkan hasil foto dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya.

8. Hasil foto Xiaomi Yi di luar ruangan (outdoor) dengan kondisi cukup cahaya

Hasil Foto Xiaomi Yi siang dalam kondisi cukup cahaya
Hasil Foto Xiaomi Yi siang dalam kondisi cukup cahaya (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Foto di atas adalah foto di luar ruangan dengan cahaya yang cukup. Dalam hal ini, langit agak mendung sehingga cahaya matahari tidak terlalu berlebihan. Oke kan hasilnya? Dalam kondisi cahaya matahari yang berlebihan pun juga oke, bisa dilihat di video di bawah.

9. Hasil video Xiaomi Yi

Video Bintan ini adalah video dengan menggunakan Xiaomi Yi di luar ruangan (outdoor) tanpa menggunakan case. Pada bagian akhir video, terdapat video timelapse mendung dan hujan melalui fitur timelapse di Yi Camera.

Sedangkan video Green Canyon di atas adalah video untuk membedakan video Xiaomi Yi tanpa menggunakan underwater case dan dengan menggunakan underwater case. Pasti kamu bisa menebak mana video yang menggunakan underwater case dan mana yang tidak. Hasil video agak kurang memuaskan jika menggunakan underwater case (bagian video  Green Canyon dan perjalanannya). Jika tidak menggunakan case, hasil videonya jernih (bagian video di Pantai Pangandaran).

Kesimpulan:

Dengan harga yang hanya sejutaan, Xiaomi merupakan action cam pesaing berat GoPro Hero4. Hasil foto dan video lumayan bagus dengan detil dan warna yang lumayan mumpuni, bahkan di tempat minim cahaya. Namun demikian, jika untuk foto editing, perlu usaha ekstra untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jadi perlukah membeli action cam? Perlu, kepraktisannya luar biasa diperlukan di segala kondisi. Apakah saya harus mengganti kamera pocket/mirrorless/DSLR saya dengan action cam? Tidak. Banyak fitur dari kamera pocket/mirrorless/DSLR yang tidak bisa digantikan oleh action cam, seperti foto macro, foto potrait, dan lain sebagainya.

Bagaimana, tertarik untuk bergabung dalam geng Xiaomi Yi?

1
2
REVIEW OVERVIEW
Rating
SHARE

75 COMMENTS

    • @Fahmi
      Kalau bandingannya Go Pro Hero 4, overall bagusan Go Pro Hero 4.
      Kalau lihat review di Youtube/blog lain, kebanyakan bilang kualitas gambar/video lebih bagus Xiaomi Yi dibanding Hero 4, apalagi dibanding Hero lawas.
      Kalau menurutku sih untuk kualitas foto/video, bedanya gak terlalu signifikan antara Yi dan Hero4.

  1. Mantap reviewnya bang, ane juga dah minang xiaomi yi nih.
    .
    sedikit koreksi,
    Xiaomi yi tidak menggunakan lensa sony, tp sensor kamera lah yang pake produk sony gan.
    makanya hasilnya oke, …

  2. bang? kenapa ya saya beli xiomi yi
    katanya bagus tapi pas dioperasikan gambarnya buram , dan tidak jelas itu
    kaya tidak HD , gmana itu?

    • @aryasukmaa
      Sepertinya sudah saya tulis lengkap di atas mengapa hasil Xiaomi bisa jernih dan mengapa bisa buram. Coba buka halaman 2 pasti ngerti deh alasannya kenapa 🙂

  3. siang gan mau tanya nih, mohon bantuannya kalo bisa nih huhu .

    ada masalah di yi cam saya, gabisa nyala sama sekali nih.
    tapi kalo dia cash masuk lampu merah nya nyala di bagian tombol utk nyalainnya. tapi pas udah penuh saya copot nah pas saya nyalain gabisa mas . itu kenapa ya mas ? “:(

  4. Gan numpang nanya, untuk hasil foto saat di zoom apa tajam? soalnya action cam saya saat di zoom tidak tajam (seperti ada bintik2 agak besar) walaupun tidak pakai case underwater, tapi untuk hasil video nya lumayan tajam saat pakai ataupun tidak pakai case.
    Trims, salam dari pulau Borneo 🙂

  5. gan mau nanya kenapa yah hasil jepretan xiaomi sya mirip vga yah, kurang jelas gitu, mohon bantuannya makasih

    • @Dennis Septira
      1. Sudah baca artikel di atas? Sudah baca di bagian menggunakan case palsu dan case asli. Mungkin penyebabnya di situ.
      2. Mungkin salah setting?
      3. Memang hasil foto action cam buat seru-seruan, kalau untuk hasil maksimal untuk tujuan fotografi masih belum nemu.

  6. Iya makasih gan, mau nanya 1 lagi nih ,Kalau mau foto pas liat di hp ko pecah pecah yah apakah memang seperti itu gan?

  7. Cara setting biar keliatan fish eye gmn y gan…
    Soalnya q ngliat foto2 dr xiaomi yi di instagrm kliatan cembung bgt… mhon bantuanya

  8. Mas, ketika di onkan kenapa lampu indikatornya hidup mati ya? Atau memang begitu? Terus ketika saya mau ngaktifkan wifinya lampu indikatornya nggak mau nyala. Mohon bantuannya mas. Masih newbie

  9. Gan tombol video ane yang diatas itu tidak menyala untuk mengambil video secara manual itu kenapa ya gan ?

  10. Gan cara memotret dan video di dalam air gimana? gak mungkin kan hpnya jg harus dimasukin ke dalam air? trims

    • @Adi dimas
      Biasanya kita pake feeling mas. Kalau tidak mau kehilangan momen, setting kamera ke ‘Timelapse’ saja. Kamera akan memotret suka-suka dia. Nanti setelah kembali ke daratan, tinggal dihapus foto-foto yang jelek.

  11. Kak, kenapa yh kok ini lagi di charger tapi ngga penuh penuh. Harusnya kan kalo di charger lampunya warna merah, lah ini kadang suka ilang kak warnanya padahal belum penuh atau masih 0% kak. Tolong bantu jawab kak ??

  12. Kaaaa mau tanya dong, ini kamera say kok pas dicarger lampu nya itu merah terus ga lama mati, padahal baterai masih 0 persen ? Itu kenapa yaa Kaa, terima kasih

    • @Destiulan
      Biasanya pas dicharge merah trus mati. Tandanya batere udah penuh. Tapi kadang eror juga. Kirain udah penuh, dipake bentar mati lagi krn batere habis.

  13. Gan mw nny dnk ada ga tongsis yg ga usa pk hp fto na?soalna ribet kl da pk xiaomi tp pegang hp jg?thx gan

  14. Gan.. kenapa hasil jepretan xiaomi terkadang tanda sinar ungu di hasilnya,apakah karena backlight atau kenapa ya…

  15. Bang mau tanya dong, lebih baik mana charger baterai langsung dari kameranya pake usb atau copot baterainya charger pake dekstop ? Newbie nih

  16. hallo, aku mau take a photo gt dr kameranya tp kok dia gamau gt trs warna lampunya merah trs bunyi2 gt. itu knp yaa :(( mau pake buat foto nih urgenttt
    thankyouu

  17. Hallo, mau tanya gan kalo lampu indikator merah pas di charge terus ga lama langsung mati, pas di conect ke hp baterai full. Itu bermasalah ga? Harusnya kan kalo full indikator biru

  18. gan, xiaomi ane gk bisa diputer video nya di hp padahal waktu pertama kali beli bisa dan lancar2 aja…. mohon infonya gan…

    • @amar
      Puter di kompi saja gan. Ane juga jarang muter video di hape. Kalau masih pengen muter video di hape, mungkin cara ini bisa dilakukan:
      download dulu videonya, kemudian diputer. Jadi nggak langsung diputer dari kamera tanpa di download.

  19. Kak video saya juga nggak bisa diputer di hp, padahal udah di download.. Jadi cuma ada suaranya saja, gambarnya nggak ada, cuma warna hitam.. Gimana ya? Mohon bantuannya..

  20. Bang, mau tanya
    XiaoMi Yi Action Camera International Version (basic Edition)
    Itu bisa merekam suara saat nge video?
    Makasih

  21. kak gmna cara buat videonya
    kemaren coba yg resolusi tertinggi malah tulisanya tidak bisa diputar
    kalo resolusi biasa blur

  22. – Agak lemot jika memotret foto dalam kondisi gelap. Menurut saya, hal ini wajar karena dengan kamera sekecil itu, kemampuan prosesornya juga menyesuaikan.

    koreksi saja, kalo foto digelap lama itu bukan karena prosesornya tapi dia proses ngambil cahaya (open shutter)

LEAVE A REPLY