16 Tempat Wisata Kece di Magelang

38

9. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Walaupun dikelilingi gunung, bukan berarti lokasi Magelang berada di dataran tinggi pegunungan. Walaupun bukan berada di dataran tinggi pegunungan, bukan berarti pula Magelang tak punya sumber air panas. Ada sebuah bangunan kuno peninggalan kerajaan zaman dulu yang terdapat pemandian air hangat di dalamnya. Namanya Pemandian Air Hangat Candi Umbul. Sebuah kolam kecil yang dibangun dengan bebatuan khas candi tampak begitu eksotis dengan ornamen-ornamen kerajaan kuno. Di tengah-tengah kolam ini muncul sumber mata air hangat yang memanjakan tubuh selepas jalan-jalan di Magelang. Airnya memang tak terlalu panas. Semakin sore, air di pemandian ini menjadi semakin panas, walaupun tak sepanas rata-rata pemandian air panas di pegunungan sih.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul, Magelang
Pemandian Air Hangat Candi Umbul (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

10. Ketep Pass

Inilah tempat favorit para wisatawan untuk melihat Gunung Merapi dan Merbabu dari jarak lumayan dekat: Ketep Pass. Pemandangan dua buah gunung dengan lembah hijau sangat menyegarkan mata di pagi hari. Harus pagi hari? Ya, sebaiknya datang ke sini sepagi mungkin karena semakin siang/sore, kabut akan menutupi gunung Merbabu/Merapi sehingga yang tersisa hanyalah pemandangan lembah persawahan saja.

Ketep Pass
Pemandangan lembah dari Ketep Pass. Seharusnya latar belakang pemandangan ini adalah Gunung Merapi dan Merbabu, namun karena datang siang hari, gunungnya pun tertutup kabut (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

11. Kebun Strawberry

Di sekitar Ketep Pass, banyak perkebunan strawberry yang menawarkan wisata memetik sendiri buah strawberry bagi pengunjungnya. Nyamil strawberry sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu itu rasanya… Hmmm….

Wisata Strawberry Magelang
Wisata petik strawberry di sepanjang jalan menuju Ketep Pass (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

12. Desa Bahasa

Ada sebuah desa di sekitar Borobudur yang mempunyai ambisi besar menjadikan desanya menjadi pusat untuk belajar Bahasa Inggris, namanya Desa Bahasa. Pemilik lembaga Hani Sutrisno merekrut beberapa remaja, mendidik mereka berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris, kemudian para remaja ini dijadikan tutor bagi penduduk di kampungnya. Khusus untuk penduduk kampung Parakan, di mana Desa Bahasa ini berlokasi, biaya kursus digratiskan, dengan harapan semua penduduknya mampu berbahasa Inggris. Namun jangan membayangkan dalam praktik kesehariannya, penduduk tersebut berbahasa Inggris ya, hanya jika berada di lembaga tersebut diwajibkan berbahasa Inggris. Sepertinya perlu waktu puluhan tahun untuk sebuah desa menjadi desa di mana 100% penduduknya menggunakan Bahasa Inggris. After all, kita tetap harus respek dengan ambisi Desa Bahasa untuk menjadi desa internasional karena tak mudah mengubah kebiasaan dan mindset untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga:  Pantai Siung yang Bersiung (Bertaring) Raawrr...
Desa Bahasa Magelang
Desa Bahasa Magelang (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

13. Taman Kyai Langgeng

Saya menyebut Kyai Langgeng sebagai ‘Central Park’-nya Magelang. Jarang sekali saya menemui taman yang sangat luas persis di tengah kota selain Central Park di New York City dan Kyai Langgeng di Magelang. Jika beberapa puluh tahun ke depan Magelang memiliki deretan gedung bertingkat dan ditengah-tengahnya ada sebuah taman raksasa bernama Taman Kyai Langgeng, pasti semua orang bakal kagum karena hampir mirip dengan Central Park di New York City. Tinggal menunggu waktu saja.

Taman Kyai Langgeng Magelang
Pesawat di Taman Kyai Langgeng (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

14. Museum Diponegoro dan Jenderal Sudirman

Jika ditanya “Sebutkan dua pahlawan nasional bangsa Indonesia!”

Saya sangat yakin sebagian besar akan menjawab “Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman.” Kedua pahlawan tersebut memang sangat terkenal. Apalagi dua nama pahlawan tersebut familiar sekali di telinga karena menjadi nama jalan utama di beberapa kota besar di Indonesia.

Ruangan yang dulunya menjadi tempat Pangeran Diponegoro berunding dengan Belanda, sekarang dijadikan museum. Selain itu, rumah persinggahan Jenderal Sudirman di Magelang juga masih dalam kondisi yang sangat baik dan dijadikan museum untuk mengenang perjuangan pahlawan bangsa ini. Banyaknya bangunan Belanda di Magelang dan adanya dua museum ini menjadi bukti bahwa Magelang juga menjadi bagian penting sejarah bangsa Indonesia.

Museum Sudirman Magelang
Museum Sudirman, tempat tinggal Jenderal Sudirman di Magelang selama masa perjuangan (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

15. Rafting/Arung Jeram

Magelang juga mempunyai dua tempat rafting atau arung jeram, yaitu rafting Sungai Elo dan Sungai Progo. Rafting di dua tempat ini levelnya sedang-sedang saja. Jadi, bagi yang pengen belajar rafting atau arung jeram, Sungai Elo dan Progo menjadi lokasi yang cucok banget tuh. Oh iya, perhatikan musim ya jika hendak rafting ke sini. Pada saat musim kemarau, debit air di kedua sungai ini sangat kecil. Bahkan, katanya rafting di Sungai Progo tidak beroperasi jika debit airnya terlalu kecil. Katanya sih paling asyik rafting di Magelang itu saat peralihan antara musim hujan ke musim kemarau.

Baca juga:  Bakso President, Sensasi Menikmati Bakso di Pinggir Rel
Rafting Magelang
Magelang mempunyai dua lokasi rafting: Sungai Elo dan Sungai Progo (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

16. Pecinan

Magelang juga mempunyai kawasan pecinan lho. Lokasinya di sepanjang Jalan Pemuda di dekat alun-alun. Di sini, terdapat bangunan dengan desain khas China yang sangat menonjol di antara bangunan-bangunan lainnya. Namanya, kelenteng Liong Hok Bio. Nah!! Budaya Jawa kental, bangunan Belanda masih banyak yang eksis, mau nyari bangunan dengan arsitektur China juga ada. Lengkap kan perpaduan budaya di Magelang ini?

Klenteng Liong Hok Bio, Magelang
Klenteng Liong Hok Bio, Magelang (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Selain tempat-tempat wisata tersebut, rasakan juga dahsyatnya kuliner Magelang (Klik linknya kaaak) yang menggetarkan iman, menusuk sukma, dan membelah galaksi. *Oke, ini lebay*

Buanyak banget kan tempat wisata menarik di Magelang? Saya sampai capek lho menulis artikel ini karena saking banyaknya tempat wisata tersebut. Walaupun asal saya bukan dari Magelang, tak ada saudara di Magelang, tapi saking cintanya dengan kota ini sampai saya bela-belain capek menulis artikel ini hehehe. Itu pun baru sebagian lho. Masih ada obyek wisata di Magelang lainnya yang belum masuk ke daftar ini. Suatu saat, jika saya kembali ke Magelang dan ada kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata yang belum saya kunjungi, akan saya update lagi daftar wisata di Magelang ini. Cuss…

38 COMMENTS

  1. terima kasih sudah menuliskan tentang daya tarik magelang, kota kelahiran yang selalau kubanggakan 😀 kapan-kapan kalau ke magelang lagi kopdar lah kita, sambil ngemil di alun-alun kek….

  2. Kolam renang soekotjo pisangan juga asik. Kolam renang masa kecil dan anak2 saya ketagihan sekarang. Air nya lsg dari mata air jadi ga pake kaporit. Segar, bener2 bisa sembari menyelam minum air…

  3. Comment:Mantabbb nya Magelang-ku, ada jg mibiatur dufan = taman kyai langgeng, ada jg rafting di kali elo dll, jgn lp kupat tahu nya yg slalu ngangeni,,,luv U Magelangku

  4. msih banyak mas wisata di magelang d tempat saya di grabag pemandian air panas candi umbul,sekar langir,seloprojo,mangli,kyai langgeng,kragilan,puncak andong, msh banyak lg mas.pokoknya asik

  5. Artikel yang Bagus…
    Trimakasih dah Buat Artikel tentang MAGELANG
    Magelang Kota Kelahiran q

  6. Comment:bangga jadi orang magelang,kapan2 ikut kopdar ARMADA (anak rantau magelang damai)jabodetabek bang.biar tambah sodara.

  7. air terjun si lawe kayaknya belum masuk tuu…sama candi mendut dan candi griyo selo, dan wisata alam gunung tidar

  8. Sy ksh 4 jempol utk anda yg sdh bkin artikel ttg keindhan kota kelahiranQ. Tp msh bnyk bgt lokasi wisata yg blm anda knjungi. Mgelang msh stia mnggu utk dijeljahi lg di lain wktu. Mgelang kota sejuta bunga. & mnrutQ kota terbersih yg dbnding kota2 lain yg ornh sy knjungi.. Slm kenal dr sy..

    • @idaa winanda
      Terima kasih jempolnya :)… Betul… Artikel ini aja sudah termasuk salah satu artikel paling panjang di blog ini, itupun masih banyak tempat wisata di Magelang yang belum saya kunjungi saking banyaknya… Ada info tempat wisata yg belum ada di blog ini? Ntar suatu saat kalau ke Magelang lagi, ingin saya update lagi artikelnya. Salam kenal juga 🙂

  9. Yuppp, artikel keren utk kota jutaan kenangan. Sy dr sumatera, begitu ditugaskan 1 tahun dikota Magelang, kayaknya masih kurang & benar-benar berat meninggalkan kota satu ini. Slalu ngangenin. Yahhh, toleransi yg sangat tinggi antar warga, warga yg ramah & sederhana. Bisa melihat Indonesia hanya dengan berkunjung ke Magelang. Yupp, sy akan selalu kangen Magelang. Kami akan datang … Magelang. ?

  10. Yuuuhhhhhuuuuuiiiiii, akhirnya bisa menghirup sejuk udara & menenggak segarnya air Kota Magelang lagiii. Kota yg masih tetap ramah, santun, berbudaya. Saya memang orang sumatera, namun terus bermimpi untuk dapat tetap tinggal disini. Kalaupun saya pergi nanti, saya akan terus bermimpi… Salam saya untuk Magelang

  11. Sebagai orang yang terlahir asli di kota magelang merinding baca tulisan tentang magelang. Keren tulisannya. ada semacam bangga disini. Terima Kasih. Jangan bosan maen ke Magelang.

LEAVE A REPLY