16 Tempat Wisata Kece di Magelang

36
Magelang
Magelang (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

“The best things in life are unexpected – because there were no expectations.” – Eli Khamarov

Magelang, Jawa Tengah. Tuing! Tiba-tiba muncul pop up notifikasi email di hape. Subjectnya “Surat Tugas bla bla bla ke Magelang selama 2 bulan lebih” berangkat dalam 3 hari ke depan. Pertama, kok mendadak banget. Kedua, kok Magelang sih? Kenapa tidak di kota-kota wisata yang lain, atau paling tidak kota yang ada lautnya lah jadi setiap weekend bisa main ke pantai. Pasti membosankan banget hidup di kota kecil selama 2 bulan yang tempat wisatanya cuma satu doang yang terkenal.

Ternyata dugaan saya salah. Dua bulan berada di Magelang, saya justru merasa sangat bahagia. Setelah tugas selesai dan harus kembali ke Jakarta, rasanya ingin menghentikan waktu supaya tetap berada di Magelang. Sepertinya saya jatuh cinta dengan kota ini sampai-sampai begitu berat meninggalkannya. Kalau bisa diperpanjang surat tugas ke Magelang selama-lamanya saya juga mau hehehe.

Apa sih yang membuat Magelang ini begitu menarik, menyenangkan, dan ngangenin? Hal pertama yang paling menyenangkan adalah orang-orangnya tentu saja. Saya seperti menemukan sosok-sosok yang masih sangat “Indonesia”: ramah, murah senyum, saling menghargai, kepedulian tinggi, toleransi tinggi, dan seperti tak terpancar aura jahat. Saya sangat rindu dengan sosok-sosok seperti ini yang sudah jarang saya temui. Hiks.

Selain ke-“Indonesia”-an para penduduknya, ternyata Magelang menyimpan keindahan yang luar biasa banyak. Ternyata kekhawatiran saya bakalan bosan di sini karena miskin obyek wisata hanya sekedar kekhawatiran saja. Dua bulan berada di magelang, saya merasa masih banyak tempat wisata di Magelang yang belum saya kunjungi. Nah lo, dua bulan dan masih kurang!

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Magelang yang sempat saya kunjungi:

Baca juga:  Ngarsopuro, Tempat yang (c)Antik di Kota Solo

1. Pemandangan Gunung Setiap Hari

Di tempat lain kita harus memdaki dan bermalam di atas gunung untuk melihat indahnya sunrise dan sunset yang muncul di balik pegunungan. Di Magelang? Hellooo… bangun tidur pun juga sudah melihat sunrise yang muncul dari balik 4 gunung! Yup, warna kuning keemasan itu menyala indah dari balik siluet 4 gunung di arah timur. Gunung-gunung itu antara lain Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Andong.

Andong, Telomoyo, Merbabu
Gunung Andong, Telomoyo, dan Merbabu. Di sebelah kanan sebenarnya masih ada Gunung Merapi, namun karena keterbatasan lebar foto yang bisa ditangkap, Merapi nya gak kelihatan deh (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Dari arah barat, pemandangannya juga tak kalah sadis. Gunung Sindoro dan Bukit Menoreh selalu tampak narsis di depan mata tak peduli waktu: pagi, siang, sore, gunung ini selalu tampak begitu gagah dan berwibawa.

Bukit Menoreh dan Gunung Sumbing
Bukit Menoreh dan Gunung Sumbing (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

2. Borobudur

“Aku mau ke Jogja ah”

“Di Jogja mau jalan-jalan ke mana?”

“Ke Candi Borobudur”

Sering kan mendengar obrolan tersebut? Pernah kah mendengar obrolan seperti ini

“Aku mau ke Magelang ah”

“Jalan-jalan ke Magelang? Mau kemana?”

“Ke Candi Borobudur”

“?????”

Borobudur
Borobudur (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Nah, dari sini sudah tampak betapa underrated-nya Magelang. Hal ini wajar karena lokasi Candi Borobudur yang juga berada tak jauh dari kota Jogja, walaupun sebenarnya masuk wilayah administratif Magelang. Apalagi pariwisata Jogja sudah dikelola dengan profesional, orang bakal lebih memilih berangkat dari Jogja. Jika kamu merasa anti-mainstream, cobalah menginap di Magelang, kamu bakal menemukan banyak hal yang sangat menarik yang belum banyak orang tahu! Maksudnya? Nih saya kasih tahu beberapa spot untuk melihat Borobudur dengan sudut pandang yang bagus: Puthuk Setumbu, Rumah Doa Merpati Bukit Rhema, Hotel Manohara, dan Bukit Menoreh. Dipilih-dipilih!

3. Puthuk Setumbu

Puthuk Setumbu adalah satu tempat di perbukitan yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan untuk melihat siluet Candi Borobudur yang muncul dari balik kabut tipis dengan background sunrise di antara Gunung Merapi dan Merbabu. Setiap pagi, pengunjung sudah memadati area Puthuk Setumbu untuk melihat pemandangan yang dahsyat ini. Sebenarnya siang hari juga bisa melihat Borobudur dari spot ini, namun tak sedramatis pemandangan di pagi hari.

Baca juga:  Padang Pasir Putih di Mui Ne
Puthuk Setumbu
Siluet Borobudur yang muncul dibalik kabut tipis. Pemandangan seperti ini dengan background sunrise di balik Gunung Merapi dan Merbabu merupakan daya tarik Puthuk Setumbu (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

4. Rumah Doa Merpati Bukit Rhema

“Permisi Pak, lokasi gereja ayam di mana ya?” tanya saya kepada penduduk sekitar karena aplikasi GPS di handphone tak membantu menemukan lokasi gereja berbentuk unggas tersebut.

“Gereja ayam?” gumam si bapak sambil berpikir

“Oh mungkin di sana, lurus terus, belok kanan, belok kiri, belok kanan lagi” jawab si bapak belak-belok sampai saya bingung memahaminya karena sudah terlanjur ketergantungan dengan panduan GPS di Google Maps hehehe.

Akhirnya setelah belak-belok tanya sana tanya sini, ketemulah si Gereja Ayam ini.

“Pak, gereja ayam ini dibangun tahun berapa sih?” tanya saya ke penjaga bangunan berbentuk unggas ini

“Ini bukan gereja dan juga bukan ayam. Ini rumah doa dan bentuknya merpati”

Dang, ternyata bukan gereja ayam pemirsah. Awalnya saya sangat tertarik datang ke sini karena bentuk bangunannya yang unik, berbentuk seperti ayam mengeram. Ternyata bukan ayam tapi merpati! Hahahaha…

Gereja Ayam Magelang
Rumah Doa Merpati Bukit Rhema a.k.a Gereja Ayam (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

5. Rumah Kamera

Inilah salah satu guna sosial media, memberi informasi tempat wisata yang terkadang masih belum populer. Waktu itu, saya intip-intip akun Instagram dengan hashtag #Magelang, eh tak sengaja menemukan sebuah bangunan unik berbentuk kamera! Yup, namanya Rumah Kamera (Camera House). Oleh pemiliknya seorang pelukis yang bernama Tanggol Angien, rumah kamera ini dijadikan museum, galeri seni, tempat pertunjukan, gembok cinta ala lovebridge Paris, cafe dan lain sebagainya.

Rumah Kamera
Rumah Kamera (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

6. Air Terjun Kedung Kayang

Ada satu air terjun di Magelang yang tampak masif, namanya Air Terjun Kedung Kayang. Sebelum sampai ke air terjun, kita akan melewati semacam ngarai bebatuan yang begitu megah. Air yang mengalir dari air terjun pun sangat jernih dan segar khas pegunungan. Nikmat apalagi yang kau ingkari coba? Oh Iya, ada dua lokasi untuk melihat air terjun ini: Dari atas dan dari bawah. Dua-duanya sangat indah pemandangannya.

Baca juga:  Padusan di Sumber Mata Air Alami Pengging, Boyolali
Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

7. Air Terjun Grenjengan

Sebenarnya Air Terjun Grenjengan ini masih alami dan indah, namun para pelaku vandalisme telah merusak beberapa fasilitas yang telah disediakan. KZL rasanya melihat coretan-coretan tak bermutu pelaku vandalisme.

Tapi tak perlu kawatir, keindahan hutan pinus dan air terjun kembar Grenjengan masih terlalu cantik walaupun sudah dicoret-coret dengan tulisan/gambar jelek oleh para pelaku vandalisme. Seolah-olah si air terjun ngomong seperti ini ke pelaku vandal “Cih, cuma segitu doang kemampuan loe?”

Air Terjun Grenjengan
Coba dihitung ada berapa air terjun di Air Terjun Grenjengan ini? Semua jawabanmu akan salah jika hanya melihat gambar ini karena masih ada air terjun di sebelah kiri yang tak tertangkap kamera ke dalam satu frame heheheΒ  (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

8. Gedung-gedung Tua Peninggalan Belanda

Di Magelang, masih banyak gedung-gedung tua peninggalan Belanda yang terjaga utuh. Bahkan banyak di antaranya tampak terawat rapi. Salah satu contohnya adalah ikon alun-alun Magelang: Menara Air. Beberapa bangunan tua peninggalan Belanda di Magelang lainnya yaitu saluran air Plengkung, Kweekschoolvoor, Electrificatie Magelang, GPIB Aloon-aloon, dan lain sebagainya. Wajar, mengingat Magelang termasuk salah satu kota tertua di Indonesia. Sekali lagi, yang patut diacungi jempol adalah kondisi bangunan tersebut masih terjaga dan terawat. Semoga tetap begitu selamanya ya.

Bangunan Tua Magelang
Beberapa Bangunan Tua peninggalan Belanda di Magelang (Kweekschoolvoor, Saluran Air Plengkung, Menara Air Magelang, Electrificatie Magelang, GPIB Aloon-aloon, dan lain sebagainya) (Follow Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler)

Klik halaman 2: Pemandian air panas, desa Bahasa Inggris, arung jeram, dan lain sebagainya.

36 COMMENTS

  1. terima kasih sudah menuliskan tentang daya tarik magelang, kota kelahiran yang selalau kubanggakan πŸ˜€ kapan-kapan kalau ke magelang lagi kopdar lah kita, sambil ngemil di alun-alun kek….

  2. Kolam renang soekotjo pisangan juga asik. Kolam renang masa kecil dan anak2 saya ketagihan sekarang. Air nya lsg dari mata air jadi ga pake kaporit. Segar, bener2 bisa sembari menyelam minum air…

  3. Comment:Mantabbb nya Magelang-ku, ada jg mibiatur dufan = taman kyai langgeng, ada jg rafting di kali elo dll, jgn lp kupat tahu nya yg slalu ngangeni,,,luv U Magelangku

  4. msih banyak mas wisata di magelang d tempat saya di grabag pemandian air panas candi umbul,sekar langir,seloprojo,mangli,kyai langgeng,kragilan,puncak andong, msh banyak lg mas.pokoknya asik

  5. Artikel yang Bagus…
    Trimakasih dah Buat Artikel tentang MAGELANG
    Magelang Kota Kelahiran q

  6. Comment:bangga jadi orang magelang,kapan2 ikut kopdar ARMADA (anak rantau magelang damai)jabodetabek bang.biar tambah sodara.

  7. air terjun si lawe kayaknya belum masuk tuu…sama candi mendut dan candi griyo selo, dan wisata alam gunung tidar

  8. Sy ksh 4 jempol utk anda yg sdh bkin artikel ttg keindhan kota kelahiranQ. Tp msh bnyk bgt lokasi wisata yg blm anda knjungi. Mgelang msh stia mnggu utk dijeljahi lg di lain wktu. Mgelang kota sejuta bunga. & mnrutQ kota terbersih yg dbnding kota2 lain yg ornh sy knjungi.. Slm kenal dr sy..

    • @idaa winanda
      Terima kasih jempolnya :)… Betul… Artikel ini aja sudah termasuk salah satu artikel paling panjang di blog ini, itupun masih banyak tempat wisata di Magelang yang belum saya kunjungi saking banyaknya… Ada info tempat wisata yg belum ada di blog ini? Ntar suatu saat kalau ke Magelang lagi, ingin saya update lagi artikelnya. Salam kenal juga πŸ™‚

  9. Yuppp, artikel keren utk kota jutaan kenangan. Sy dr sumatera, begitu ditugaskan 1 tahun dikota Magelang, kayaknya masih kurang & benar-benar berat meninggalkan kota satu ini. Slalu ngangenin. Yahhh, toleransi yg sangat tinggi antar warga, warga yg ramah & sederhana. Bisa melihat Indonesia hanya dengan berkunjung ke Magelang. Yupp, sy akan selalu kangen Magelang. Kami akan datang … Magelang. ?

  10. Yuuuhhhhhuuuuuiiiiii, akhirnya bisa menghirup sejuk udara & menenggak segarnya air Kota Magelang lagiii. Kota yg masih tetap ramah, santun, berbudaya. Saya memang orang sumatera, namun terus bermimpi untuk dapat tetap tinggal disini. Kalaupun saya pergi nanti, saya akan terus bermimpi… Salam saya untuk Magelang

  11. Sebagai orang yang terlahir asli di kota magelang merinding baca tulisan tentang magelang. Keren tulisannya. ada semacam bangga disini. Terima Kasih. Jangan bosan maen ke Magelang.

LEAVE A REPLY