14 Kuliner Magelang Ini Bisa Menyihir Lidahmu!

64

7. Konro Bakar Bumbu Kacang

Makanan ini modifikasi dari Konro Makassar/Sulawesi. Modifikasi yang dimaksud adalah dengan memberi tambahan bumbu kacang yang mirip bumbu kacangnya sate ayam. Warung yang menjual makanan ini adalah Konro Cacaban yang lokasinya tak jauh dari alun-alun kota Magelang. Sop Konro nya pun juga agak berbeda. Bumbunya lebih mild dibanding konro Makassar. Banyak yang bilang lebih suka Konro Magelang ini dibanding dengan yang di Makassar. Kalau saya sih lebih suka yang autentik, jadi lebih suka konro yang di Makassar. Namanya juga selera, terserah lidah masing-masing sih. Bebas. Tapi yang di konro yang di Magelang ini tetap lezat kok.

Konro Bakar Cacaban, Magelang
Konro Bakar Cacaban, Magelang (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

8. Warung Roda Tiga Pak No

Warung kaki lima ini menyediakan makanan yang terbuat dari kambing/sapi, seperti sate, tengkleng, tongseng, nasi goreng, dan gule kambing/sapi. Walaupun makanan yang dihidangkan bukan merupakan makanan khas yang asalnya dari Magelang, warung ini tetaplah layak dicoba. Sumsum di tengah tulang-tulang tengkleng benar-benar menggoda untuk disedot. Sate goreng dan tongsengnya pun rasanya sangat pas *Heavy breathing*. Kalau di tempat makan lain kami hanya berkunjung sekali-dua kali saja, di warung Pak No ini sudah tidak terhitung lagi berapa kali kami mengunjunginya. Nagih banget sih! Oh ya, lokasi warung Pak No berada di Jl. Kalingga, dekat dengan Hotel Sumber Waras atau lebih tepatnya di koordinat GPS -7.483068, 110.221067.

Tongseng, Tengkleng, dan Sate Goreng Pak No Magelang
Tongseng, Tengkleng, dan Sate Goreng Pak No (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

9. Gudeg Poncol

Saya diwanti-wanti untuk ke warung gudeg ini sebelum makan siang atau bakal kehabisan. Warung makan yang terletak di daerah Poncol (lebih tepatnya di koordinat GPS -7.470662, 110.217920) ini sebenarnya tak terlalu ramai, tapi pembeli selalu datang tanpa henti setiap pagi, makanya gudeg yang dijual selalu cepat habis. Gudeg di warung ini dimasak dengan anglo dan arang selama 12 jam sehingga bumbu-bumbunya sangat meresap. Makanan favorit saya di sini adalah Gudeg Koyor (Koyor = semacam kulit/kikil sapi). Oh ya, jangan ke sini hari Sabtu ya, karena setiap hari Sabtu warung ini tutup!

Baca juga:  Pantai Nampu dan Pantai Indah Lainnya di Wonogiri
Gudeg Poncol Magelang
Gudeg Poncol Magelang (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

10. Mangut Lele/Wader/Bawal

Dengan semangat menggebu-gebu, kami rombongan hamba kuliner menuju ke Warung Makan Purnama untuk berburu hidangan yang menjadi andalan warung ini: Mangut Lele. Satu per satu mengantri untuk mendapatkan sepiring mangut lele dari ibu-ibu yang melayani. Mirip-mirip antrian McD atau KFC gitu lah. Tibalah giliran saya, namun dengan menyesal si ibu bilang seperti ini “Mangut lelenya habis mas”. WHAT!!!!

“Mangut wadernya masih ada, Bu?”

“Habis juga Mas.”

“Ya sudah, mangut apa saja deh yang ada.. Saya mau bu” pinta saya pasrah

Akhirnya si ibu memberi seekor Mangut Bawal segede kingkong!

Ya, ‘seekor’ literally, dalam artian satu ekornya ikan bawal.

“Ekornya saja gedenya seperti ini, gimana makan satu ikan utuhnya ya?” batin saya

Mangut Bawal
Satu ‘ekor’ Mangut Bawal segede kingkongย  (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

Rahasia kelezatan mangut ini berasal dari bumbu kuning pedas yang melumuri kulit bawal yang mengelupas dan menyerap ke sela-sela daging ikan bawal. Yummy…

Beberapa hari selanjutnya, teman saya mengajak makan senerek lagi di warung Bu Atmo. Tiba-tiba, mata saya melihat tumpukan ikan lele berenang di kuah kuning bertabur warna-warni cabai rawit dan tomat.

‘Bu, ini apa?’ tanya saya sambil menunjuk ke tumpukan ikan lele tersebut

‘Oh, ini mangut lele’

‘Saya mau mangut lele bu!!!’

Girang dan terharu karena akhirnya bisa merasakan mangut lele #NangisMimbikMimbik

Mangut Lele
Akhirnya bisa makan mangut lele (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

11.Es Murni

Minggu siang itu, udara Magelang yang biasanya sejuk berubah menjadi panas. Karena gerah, sayapun mencari informasi tempat yang asyik untuk melepas dahaga. Ketemulah Es Murni yang berdiri sejak tahun 1962. Rumah makan yang terletak di Jl. Sriwijaya ini lumayan bersih dan ramai pegunjung. Di sini tersedia berbagai macam minuman dingin dan makanan. Saya dan seorang teman saya pun mencoba menu andalan rumah makan ini: Es Teler dan Es Burjo.ย  Karena nikmat banget, sayapun nambah Es Duren. Sebenarnya saya masih kiuat menambah lagi, tapi apa daya dompet sudah protes untuk segera beranjak dari rumah makan ini.

Baca juga:  Bakso President, Sensasi Menikmati Bakso di Pinggir Rel
Es Murni Magelang
Es Burjo di Rumah Makan Es Murni ini melepas dahaga menebar aroba #halah (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

12. Es Krim Mahkota

Ada sebuah toko roti yang sangat legendaris di Magelang. Namanya Toko Roti Mahkota. Lokasi toko roti ini adalah di daerah Poncol, atau persisnya di seberang pertigaaan Rumah Makan Gudeg Poncol. Desain eksterior toko ini menampakkan betapa jadulnya toko ini. Konon, toko ini sudah berdiri sejak 1945!

Es Krim Mahkota, Magelang
Es Krim Mahkota, (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

Walaupun terlihat luas, suasana di dalam toko ini tak seperti toko roti pada umumnya. Roti yang dipajangpun hanya sedikit saja. Namun jangan salah menduga, rasa rotinya uenak lho. Oh iya, jangan lupa cicipi es krim legendarisnya ya. Es krim Mahkota ini dibungkus dengan kertas semacam alumunium foil. Citarasanya khas es krim kuno. Enaknya klasik!

13. Depot Es Semanggi

Ada sebuah warung yang menjual minuman khas Jawa Tengah di Magelang, namanya Depot Es Semanggi. Warung ini menjual minuman dengan harga yang sangat murah antara Rp2.000-7000 saja. Minuman khas Jawa Tengah yang jarang ditemui di tempat lain adalah Es Pleret. Di warung ini, Es Pleret diracik dengan varian tape dan coklat. Agak susah menemukan warung ini jika tidak bertanya. Mengapa? Lokasinya di parkir basement Matahari Department Store! Nah lho. Namun begitu, pengunjung yang datang kesini sangat ramai sampai-sampai waktu itu saya tidak kebagian tempat duduk. Memang karena warungnya yang juga kecil sih.

Es Semanggi Magelang
Es Tape Pleret di Depot Es Semanggi (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

14. Moro Sakeco

Ada rumah makan di Magelang yang mempunyai fasilitas amat sangat komplit, namanya Rumah Makan Moro Sakeco. Di sini terdapat pemancingan, kolam renang, dan beberapa fasilitas lainnya. Menunya sih standar rumah makan yang berbentuk saung, tapi ada satu menu yang kami semua pesan dua kali: Jus Durian. Habis rasanya enak sih hehehe. Lokasi rumah makan ini lumayan jauh dari pusat kota Magelang, atau lebih tepatnya di koordinat GPS -7.402168, 110.299238.

Moro Sakeco, Magelang
Moro Sakeco, Magelang (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

Selain itu, di alun-alun Magelang juga sering diadakan festival-festival bernuansa kuliner, misalnya HUT Magelang ke-1109 tahun 2015 ini dimeriahkan dengan Festival Jamu dan Kuliner.

Baca juga:  Sawah Jaring Laba-laba di Cancar, Flores
Festival Jamu dan Kuliner
Gubernur Jateng, Pak Ganjar Pranowo beserta duta besar dari berbagai negara menghadiri Festival Jamu dan Kuliner 2015 di Magelang (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

So, siap-siap memanjakan lidahmu, memenuhi isi lambungmu, dan menambah berat badanmu di kota asal Candi Borobudur ini? Hati-hati saja sih, bisa-bisa kamu tersihir, ketagihan, dan tidak mau pulang kampung karena terlanjur jatuh cinta dengan Kuliner Magelang! #LebayDikitBolehlah. Selain wisata kuliner, jangan lupa mengunjungi tempat wisata di Magelang yang kece punya. Cuss….

64 COMMENTS

  1. Selamat datang di tanah kelahiran saya, Kak ..
    Ya gitu deh kondisi perkulineran di Magelang, macem-macem, enak-enak, murah-murah ..
    Ga heran kenapa badan bisa jadi begini .. *kemudian banting timbangan* ๐Ÿ˜€

  2. Baru ngerasain separuh dari list ini dan enak semua. Senerek itu enaknya gak santaii.
    Ada lagi yang enak di Magelang, Es Semanggi dan es krim Mahkota.
    Kapan-kapan mau nyobain yang belum pernah aah ๐Ÿ˜€

  3. Waaahhh.. Mantap ulasannya. Kalau bahas kuliner Magelang memang ga ada matinya.
    Tapi itu baru kuliner jinaknya ya, kuliner ekstrim Magelang sudah pernah coba??

  4. mau nyoba kupat tahu Magelang beda ga yah sama kupat tahu Bandung baru sekali ke Magelang itu juga udah lama

  5. Jadi, ada 3 jenis konten dunia maya yang (mungkin) sebaiknya ga dibuka jam segini. Pertama, konten horor karena bisa sulit tidur buat sebagian orang. Kedua, konten bokep, karena yaaaa itulah. Ketiga, INI. Kuliner! Enak2 ya kayanya, mas ruri. Beberapa kali ke Magelang cuma lewat aja, ga kepikiran hunting makanan di sini.

    • @Iyos Kusuma
      Wah, justru kuliner ini yang bikin gak bisa move on dari Magelang hahaha
      Teman-teman saya sewaktu tugas di Magelang (yang sekarang kembali ke daerah masing-masing) masih selalu ngomongin kuliner Magelang, khususnya Sate Pak No. Susah nyari penggantinya ๐Ÿ™‚

  6. Soal makanan kuliner kota Magelang sih mmg maknyus jg harganya murah meriah, selain wedang kacang, sate pisang, senerek ada lg loh kaya : tongseng, ronde es, getuk eco jg kudu dicobalah lau ke Magelang.

  7. Selamat pagi kakak. ๐Ÿ™‚ maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com

  8. Magelang emang ngangenin pake banget. Segho godhok, nasgor magelangan pak hajir yg di mejing candimulyo paling juara. Kupat tahu di nggeneng candimulyo, festival durian di candimulyo, Kapan ya bisa ke magelang lagi? #cry

  9. Aku wong magelang juga lho.. kok Bakso kerikil yang di taman badakan ngga disebut. favourit ituh..hicks..

  10. Makasih info nya mas… membantu banget info nya… karena bsk tgl 13 s/d 16 Agustus saya mau magelang… hehehe.. kereennn ulasannya ๐Ÿ™‚ *kasihjempol dua

  11. Sdh mencoba nasi/bakmi goreng/godog di warung bakmi pak man cabang pak broto di jln. Purworejo km 7?
    Dijamin ketagihan dg nasgor magelangan.

  12. jadi pengen nyobaaakkk…….ngiler liat nyaa,,, kdang masih suka bingung mau makan dimana,, makasih infonya

  13. hay kak @puppy traveler dan teman2 yang berkunjung ke blog kak puppy adakah yang punya kontak warung makan sekitar daerah candi borobudur?

  14. Blaaaaiisss…Es Krim Mahkota ? deket sm rumahku dan aku ga pernah tau ada toko eskrim legendaris…….SESOK NJAJAL!!!

  15. Tahun 80an saya pernah tinggal di Magelang, ada mangut lele super maha enaks di Blanwir (dekat kampung Botton). Sepertinya sudah lama tutup… Barangkali pindah kemana ada yang tahu…?

  16. Baru tau kalo kupat tahu pak slamet tyyta enak sesuai selera jawa timuran ga terlalu manis kuahnya.mantab

LEAVE A REPLY