Pulau Tunda, Surga Nemo yang Tetunda-tunda

6

Halaman ini akan kita bahas angkutan/transportasi umum menuju Pulau Tunda. Pertama-tama, ada dua tempat di Jakarta yang sering dijadikan meeting point oleh para traveler, yaitu Terminal Bus Kampung Rambutan dan Plaza Slipi Jaya, pilih mana yang terdekat dari tempat tinggalmu. Dari dua tempat ini, kita akan naik bus jurusan Serang/Merak. Bus ini jumlahnya lumayan banyak dan frekuensinya lumayan sering. Katanya sih, bus ini ada selama 24 jam. Namun, setelah jam 10 malam frekuensinya akan amat sangat jarang. Jadi, disarankan untuk naik bus ke arah Serang/Merak di bawah pukul 10 malam. Daripada bete nungguin bus yang tak kunjung datang, mending berangkat di bawah jam 10 malam. Iya kan? Tarif bus dari Plaza Slipi Jaya/Kampuung Rambutan ke Serang ini berkisar antara Rp35 ribu – 40 ribu.

Bus tersebut akan transit sebentar di Terminal Pakupatan, Serang. Pastikan kamu beritahu kenek bus/sopir bus sebelum naik bahwa kamu nanti akan turun di Terminal Pakupatan, untuk jaga-jaga jika nanti ketiduran, kamu akan dibangunkan oleh kenek/sopir bus tersebut. Kalau tidak, wah bisa kebablasan sampai ke Pelabuhan Merak hehehe. Hal ini karena bus hanya berhenti beberapa menit saja di Terminal Pakupatan. Walaupun jaraknya lumayan jauh, ternyata waktu tempuh perjalanan dari Slipi Jaya ke Terminal Pakupatan hanya sekitar 1,5 – 2 jam!

Di depan Terminal Pakupatan ada Indomart yang buka 24 jam. Lumayan kan buat belanja camilan? Dari Terminal Pakupatan, perjalanan akan dilanjutkan menuju Pelabuhan Karangantu. Waktu itu, kami menyewa angkot untuk menuju Pelabuhan Karangantu dari Terminal Pakupatan ini. Jangan tanyakan tarif sewanya ya, karena saya hanya ikut trip orang lain hehehe…

Dua puluh menit kemudian, angkot yang kami sewa tersebut sampai ke Pelabuhan Karangantu. Jarak antara Terminal Pakupatan ke Pelabuhan Karangantu lumayan jauh ternyata. Pelabuhan ini lumayan kecil, namun memanjang. Bentuknya malah mirip sungai. Kapal akan menyusuri ‘sungai’ kecil tersebut sebelum menuju laut lepas.

Entah kebetulan atau memang lagi musimnya yang jelek, perjalanan dari Pelabuhan Karangantu menuju Pulau Tunda selalu disertai dengan ombak yang besar. Dari blog yang pernah saya baca, selalu menceritakan demikian. Saya pun juga mengalaminya sendiri. Ombak memang lumayan mengguncang perahu yang kami naiki. Namun masih wajar kok. Bisa jadi waktu itu memang angin barat (yang biasanya membawa cuaca buruk dan ombak besar) yang masih belum kelar, atau memang karakteristik arus laut menuju Pulau Tunda memang lumayan kencang? Entahlah. Jika beruntung, kamu bisa melihat lumba-lumba lho. Oh iya, perjalanan dari Pelabuhan Karangantu menuju Pulau Tunda ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Jaraknya lumayan dekat sih.

Pelabuhan di Pulau Tunda (Follow juga Twitter @puppytraveler, instagram @puppytraveler, atau like Facebook page Puppy Traveler ya)

Kalau bisa disimpulkan, gambaran singkat rute menuju Pulau Tunda adalah sebagai berikut:

Plaza Slipi Jaya/Terminal Kampung Rambutan – Terminal Pakupatan Serang – Pelabuhan Karangantu – Pulau Tunda.

Untuk Contact Person bisa menghubungi nomor beikut:

Vebri (Jika ingin ikut open trip ke Pulau Tunda): 08121911066lima

Umar (Jika ingin mengatur sendiri tripnya, karena beliau adalah penduduk Pulau Tunda): 08571158223lima

Perlu diketahui juga bahwa sinyal HP di Pulau Tunda ini buruk banget. Seringkali handphone kita tidak mendapat sinyal dari provider manapun juga. Jadi, siap-siap puasa sosial media selama berada di Pulau Tunda hehehe…

Eh, jangan lupa juga follow twitter akyu @puppytraveler, instagram akooh @puppytraveler, atau like Facebook guweh Puppy Traveler

1
2
3
4
SHARE

6 COMMENTS

  1. Kereeen tp jauuh bgt.,,, pas ke sawarna aja ampe 7 jam lbih, dari bandung.
    klo ksini dari sawarna brpa jam ya?

LEAVE A REPLY