Ini Lho Rumah Orang Terkaya di Dunia Itu!

5
Rumah Orang Terkaya di Dunia

“Home is where you feel at home and are treated well.”- Dalai Lama

Omaha, Nebraska. Ambisi jalan-jalan ke 50 negara bagian+DC di Amerika Serikat telah sampailah di kota kecil bernama Omaha. Kota ini berada di negara bagian Nebraska, daerah yang mungkin kebanyakan turis enggan mengunjunginya.  Kering, gersang, tak ada tempat wisata yang terkenal, rawan tornado pula. Terus apa yang bisa dikunjungi di sana? Kemudian saya teringat bahwa ada seorang yang amat sangat kaya raya sekali buanget yang terlahir di Omaha. Orang ini pernah mendapat gelar orang terkaya sedunia pada tahun 2008 versi majalah Forbes. Bertahun-tahun pula gelar Top 5 orang terkaya di dunia tak pernah lepas dari dirinya. Jika kita pergi ke toko buku, nama orang ini pun selalu muncul sebagai tokoh panutan dalam dunia investasi. Siapakah orang tersebut?

Dia adalah Warren Buffett, chairman & CEO perusahaan terkenal bernama Berkshire Hathaway. Pria berusia 84 tahun ini memiliki harta sebesar US$70.9 billion atau jika dirupiahkan sebesar Rp918 trilyun sekarang. Wow, jumlah yang sangat fantastis bukan? Warren Buffett mendapat julukan “Wizard of Omaha”, “Oracle of Omaha”, atau “Sage of Omaha” karena keahlian dan kebijaksanaannya dalam berinvestasi. Kata Omaha pun tak lepas dari julukan tersebut, mungkin karena orang masih terheran-heran bahwa ada orang yang tinggal di kota kecil (bukan pusat bisnis) mampu menjadi orang terkaya di dunia. Cara pandangnya yang unik dalam investasi pun sering menjadi rujukan para investor yang berpegang teguh pada analisis fundamental dan klasik. Cara pandang yang klasik ini sepertinya juga diterapkan dalam kehidupan  sehari-hari. Hal tersebut tampak dari rumahnya yang terletak di sebuah perumahan di Omaha.

Baca juga:  Konser Third Eye Blind (Live @ Tabernacle, Atlanta)

Orang dengan harta ratusan trilyun rupiah bisa saja membeli rumah termahal di dunia atau tinggal di apartemen ekslusif di tengah kota besar. Namun tidak bagi Warren Buffett, dia lebih memilih tinggal di rumah yang lumayan kecil berukuran sekitar 557m2 dan tak berpagar yang dibelinya pada tahun 1958 di Omaha.  Orang tidak bakal mengira rumah yang kecil tersebut dihuni seorang bilioner paling berpengaruh di dunia. Tak ada papan petunjuk “Ini lho rumah Warren Buffett”, atau pagar setinggi angkasa khas orang-orang kaya di Indonesia, atau dijaga bodyguard bersenjata lengkap. Tidak. Rumahnya biasa saja seperti rumah yang berjejer dengan rumah-rumah lain di komplek perumahan pada umumnya!

Setelah membaca profil Warren Buffett, saya jadi tahu bahwa Warren Buffett masih tinggal di Omaha. Waktu itu, saya berjalan kaki tanpa harapan menuju rumah Warren Buffett dari halte bus tempat saya turun. Tak ada ekspektasi yang begitu tinggi dari jalan-jalan ini karena sepertinya mustahil bisa melihat rumah orang terkaya di dunia dari jarak dekat, yang penting saya bisa melihat pagar rumah orang terkaya di dunia saja sudah cukup. Toh kamera saya mampu mengambil zoom foto dari jarak jauh, walaupun bukan kamera dengan lensa tele. Saya sempat berputar-putar mengelilingi perumahan Dundee-Happy Hollow Historic District di Omaha. Yang saya cari hanya satu, papan bertuliskan “Warren Buffett”. Tetapi hasil yang saya dapatkan nihil, tidak menemukan papan tersebut sama sekali. Masak sih tak ada petunjuk sama sekali? Paling tidak ada petugas bodyguard gitu kek supaya tahu bahwa itu rumah yang dimaksud. Lha ini, perumahan biasa, tak ada sesuatu yang mencolok dari jejeran rumah-rumah tersebut. Kemudian saya googling lagi seperti apa sih bentuk rumah Warren Buffett dan di koordinat manakah lokasi persis rumahnya? Ternyata, rumah Warren Buffett persis berada di pojokan jalan dan mempunyai desain sangat kuno, tidak terkesan elit. Wow!

Baca juga:  Ngarsopuro, Tempat yang (c)Antik di Kota Solo
Rumah Warren Buffett benar-benar dibiarka terbuka!
Rumah Warren Buffett benar-benar dibiarkan terbuka tanpa pagar!

Saya perhatikan secara detail gambar rumah Warren Buffett melalui Google dan mencocokkan lagi dengan rumah yang saya lihat di depan mata saya tersebut saking tidak percayanya. Ya, memang benar. Saya berada di depan rumah Warren Buffett! Unbelievable. Rumahnya benar-benar sepi tanpa penjagaan sama sekali. Bahkan anjing penjaga pun tidak ada. Bahkan pagarnya pun hanya berupa tanaman semak saja. Bahkan kita pun bisa selfi di depan rumahnya! Bahkan kalau tidak tahu malupun, kita juga bisa masuk ke halaman pekarangannya. Bahkan… Ah sudahlah… *kemudian selfie*. Dari biografi yang sudah saya baca sebelumnya, saya sebenarnya sudah tahu bahwa Warren Buffett masih tinggal di rumah yang sederhana di Omaha, tapi saya tidak menyangka bahwa rumahnya bakal sesederhana ini! Saya pun kemudian berfikir “Bagaimana mungkin orang terkaya di dunia mempunyai rumah dengan penjagaan yang sangat minim seperti ini? Apakah saya bisa melakukan hal yang sama berfoto di depan rumah orang terkaya di Indonesia tanpa tertutup pagar?”

Rumah Warren Buffett
Rumah orang terkaya di dunia itu justru tanpa pagar dan tanpa bodyguard

Tak banyak yang tahu alasan mengapa Warren Buffett masih tinggal di rumahnya yang sederhana tanpa penjagaan yang ketat tersebut. Yah, walaupun tentu tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam rumahnya, tapi kondisi luar rumah orang terkaya di dunia yang dibiarkan terbuka begini cukup membuat  saya terkejut. Seperti yang dibilang Dalai Lama di atas, home is where you feel at home and are treated well. Mungkin rumah ini menyimpan sejuta kenangan bagi Warren Buffett, mungkin dia merasa sangat nyaman tinggal di rumah sederhananya, mungkin dia merasa diperlakukan dengan sangat baik di dalam rumah tersebut. Mungkin.

SHARE

5 COMMENTS

  1. beneran itu rumah orang terkayadi dunia…? waw… beda bngt ya sama di indonesia…. ini orangnya kayaknya simpel bngt… sederhana… hebat nih.. patut di contoh….

LEAVE A REPLY