Nusakambangan Ughlala

4

Penjara di Nusa Kambangan boleh dikunjungi gak sih? Tentu saja kita tidak bisa mengunjungi penjaranya. Jangankan supermax prison seperti Nusa Kambangan, mengunjungi penjara biasa saja juga susah hehehe… Lokasi lembaga pemasyarakatan berada di bagian barat Pulau Nusa Kambangan. Di sini, tak sembarang orang bisa masuk. Namanya juga penjara.

Namun demikian, ada beberapa obyek wisata menarik di Nusa Kambangan yang layak untuk disinggahi. Obyek wisata yang bisa disinggahi ini terletak di Nusa Kambangan bagian Timur. Tempat wisata di Nusa Kambangan tersebut antara lain:

1. Gua

Terdapat dua gua di Nusa Kambangan, yaitu Gua Eyang Wiryalodra dan Gua Eyang Nagaraja. Bukan gua sekeren Gua Gong memang. Tapi lumayan asyik untuk menjadi background foto-foto narsis hehehe. Agak-agak mistis gimana gitu. Konon, banyak orang berziarah di gua-gua ini lho.

Gua Nusa Kambangan
Gua Eyang Wiryalodra

2. Benteng Portugis

Lokasi selanjutnya adalah Benteng Portugis. Benteng tua yang dibangun pada tahun 1825 ini lumayan spooky dengan kondisi gelap dan ditumbuhi tanaman merambat/lumut. Belum lagi jika melewati lorong gelapnya. Serem deh pokoknya. Namun begitu, tidak ada masalah kok sewaktu kami kesana. Fine-fine ajah. Selain itu, juga terdapat meriam yang tergeletak seperti tak terurus di dekat Benteng Portugis ini. Sumur tua peninggalan Portugis juga ada, berani mandi di sumur ini?

Benteng Portugis Nusa Kambangan
Benteng Portugis itu…

3. Pantai Pasir Putih

Selain dua gua, di Nusa Kambangan bagian timur juga terdapat dua pantai pasir putih, yaitu Pantai Pasir Putih Karang Bolong dan Pantai Pasir Putih Karang Pandan. Pantainya sendiri lumayan damai dan tenang, namun pemandangan di lautan justru sangat ramai. Ramai dengan lalu lalang kapal-kapal raksasa pengangkut minyak dari kilang minyak yang berada di Cilacap.

Pantai Pasir Putih Karang Pandan Nusa Kambangan
Pantai Pasir Putih Karang Pandan, Nusa Kambangan

4. Ruang Pembantaian

Wuih serem amat namanya. Saya sendiri kurang tahu sejarah ruang pembantaian ini. Tapi dari nama dan bangunannya, jelas yang dibantai bukan hewan. Untuk apa jauh-jauh ke suatu pulau, membuat ruangan khusus, hanya untuk membantai hewan? Membantai manusia dengan memperlakukannya seperti hewan mungkin iya. Hiiyyy…

5. Ruang Barak

Dengar-dengar sih barak ini zaman dahulu digunakan sebagai ruang penjara. Tapi nggak tahu juga ya hahaha. Waktu itu hanya sebentar saja di sini, jadi tidak banyak bertanya ke petugas di sana yang tahu sejarah bangunan-bangunan yang terdapat di Pulau Nusa Kambangan.

Barak Nusa Kambangan
Masuk ke dalam lorong ini lumayan serem… gelap dan sempit

Nusa Kambangan Timur mempunyai luas 277 hektar dan berstatus sebagai cagar alam berdasarkan SK Menteri Kehutanan Nomor SK 369/Menhut… (halah ketutupan daun) tanggal 1 Oktober 2004. So, belajar sejarah di Nusa Kambangan boleh-boleh saja, tetapi kelestarian alamnya juga harus tetap dijaga yes…

Cagar Alam Nusa Kambangan
SK Menteri Kehutanan Nomor SK 369/Menhut… (halah ketutupan daun)/2004

Halaman selanjutnya, bagaimana cara menuju Pulau Nusa Kambangan?

1
2
3
SHARE

4 COMMENTS

  1. Dari berita berita nusa kambangan ini kedengaran begitu serem, e tapi setelah baca tulisan ini malah jadi pengen datang kesana, ada banyak tempat seru ya disana 😀

    • @Fahmi
      Betul bro… Nusakambangan selalu identik dengan penjara yang serem, kenyataanya lumayan serem juga sih peninggalan benteng Portugis di sini. Maksudnya bentengnya yang kurang terawat menimbulkan efek serem2 dramatis hehehe. Tapi jalan-jalan ke Nusakambangan tetep asyik…

LEAVE A REPLY