Nusakambangan Ughlala

4
Nusa Kambangan

“He who opens a school door, closes a prison.”- Victor Hugo

Cilacap, Jawa Tengah. Kesibukan demi kesibukan membuat geng ngetrip susah menemukan waktu yang pas untuk berkumpul lagi mengadakan acara trip bersama. Ketika satu member bisa, ternyata member lain tidak bisa. Undangan pernikahan salah seorang sahabat di Cilacap akhirnya menyatukan kami. Acara pernikahan tersebut pula lah yang menjadi alasan wajib bagi kami untuk reuni ngetrip bareng. Jauh-jauh hari kami mengalokasikan waktu untuk datang ke pernikahan sahabat kami tersebut. Akhirnya geng jalan pun kembali berkumpul untuk kondangan sekaligus mempunyai misi terselubung jalan-jalan ke Cilacap. Yay…

Ngetrip ke Cilacap ini sebenarnya adalah bonus. Tujuan utama tetaplah kondangan ke pernikahan sahabat. Sehingga, kami harus benar-benar memanfaatkan waktu yang minim untuk menentukan tempat wisata di Cilacap yang bagus yang layak kita kunjungi. Akhirnya, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Nusakambangan! Hiiiyyy… Itu kan pulau….??

Ya, Pulau Nusa Kambangan yang terletak di sebelah selatan kota Cilacap ini sangat terkenal sebagai penjara bagi penjahat kelas kakap! Nusa Kambangan terkenal sebagai Alcatraz-nya Indonesia, saking ketatnya penjagaan di penjaranya. Awalnya, terdapat sembilan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Nusakambangan, namun  saat ini hanya tersisa empat lapas saja, yaitu Lapas Batu, Lapas Besi, Lapas Kembang Kuning, dan Lapas Permisan. Jumlah sisanya merupakan lapas yang telah ditutup operasinya, yaitu Nirbaya, Karang Tengah, Limus Buntu, Karang Anyar, dan Gleger.

Penghuni lapas Nusa Kambangan bukanlah orang yang asing di telinga, mereka merupakan narapidana yang menghebohkan media massa. Daftar narapidana yang pernah mendekam di penjara superketat (semacam supermax prison) tersebut antara lain:

– Imam Samudera, Amrozi, dan Mukhlas (pelaku Bom Bali)

Baca juga:  Green Canyon, Pangandaran (Xiaomi Yi Review)

– Robot Gedek/Siswanto (pelaku sodomi dan pembunuh 12 anak-anak secara brutal, yang akhir-akhir ini malah diragukan sebagai pelakunya. Konon pelaku sebenarnya adalah orang yang dipanggil dengan sebutan ‘Babe’ atau Baekuni, bukan dibaca beib lho ya… Babe=bokap. Sepertinya sebutan gaul Bae akhir-akhir ini terinspirasi pada Baekuni hehehe)

– Pramoedya Ananta Toer (Tahanan politik yang dituduh pro-komunis)

– Bob Hasan (terpidana korupsi)

– Hutomo Mandala Putra/Tommy Soeharto (terpidana perencanaan pembunuhan dan kepemilikan senjata api)

– Johny Indo/Johanes Hubertus Eijkenboom (Perampok kelas kakap yang akhirnya menjadi bintang film)

– John Kei (preman Jakarta dan terpidana kasus pembunuhan)

Terdakwa Bali Nine pun juga kabarnya akan dieksekusi mati di Nusa Kambangan. Sebenarnya masih banyak lagi narapidana yang menghuni  beberapa lapas di Pulau Nusa Kambangan, namun bukan itu yang akan kita bahas, tapi tempat wisata di Nusa Kambangan. Trus, jalan-jalan di Nusa Kambangan ini apakah juga mengunjungi penjaranya?

Halaman selanjutnya, apa saja sih tempat wisata yang bisa di kunjungi di Nusa Kambangan?

1
2
3
SHARE

4 COMMENTS

  1. Dari berita berita nusa kambangan ini kedengaran begitu serem, e tapi setelah baca tulisan ini malah jadi pengen datang kesana, ada banyak tempat seru ya disana 😀

    • @Fahmi
      Betul bro… Nusakambangan selalu identik dengan penjara yang serem, kenyataanya lumayan serem juga sih peninggalan benteng Portugis di sini. Maksudnya bentengnya yang kurang terawat menimbulkan efek serem2 dramatis hehehe. Tapi jalan-jalan ke Nusakambangan tetep asyik…

LEAVE A REPLY