Kuah Kepala Ikan Manyung Jumbo ala H. Rojali

4
Kepala-Ikan-Manyung
“No one realizes how beautiful it is to travel until he comes home and rests his head on his old, familiar pillow.” – Lin Yutang

Jakarta. Dulu, percobaan pertama gagal sewaktu ingin merayakan ulang tahun bos di Rumah Makan Khas Betawi H. Rojali. Waktu itu, dengan percaya dirinya kami datang ke Rumah Makan Khas Betawi H. Rojali pukul 12-an, saat jam makan siang karena kami sangat ingin merasakan menu Kuah Kepala Ikan Manyung di sini. Kami yang sudah penasaran sampai ubun-ubun merasakan kelezatan Kuah Kepala Ikan Manyung hanya melongo saat pelayan warung memberitahu bahwa hidangan tersebut sudah habis! Betapa kecewanya kami waktu itu. Sebagai pelipur lara, kami mencoba memesan Kuah Kepala Kakap. Ternyata sama saja. Habis! Terus, buat apa kami kemari kalau Kuah Kepala Ikan Manyung tidak ada, Kuah Kakap pun bernasib sama. Tak ada rotan, akar pun tak jadi. Akhirnya kami memesan menu yang masih tersedia. Percobaan kedua, kami tak mau mengulangi kesalahan yang sama. Dan kami berhasil menyantap lezatnya Kuah Kepala Ikan Manyung. Yay….

Kali kedua kami ke sini benar-benar dengan persiapan matang. Belum pernah sekalipun saya ke rumah makan dengan persiapan yang harus saya lakukan sehari sebelumnya. Rupanya, kegagalan pertama sangat membekas di hati sehingga kami tidak ingin mengulanginya lagi kali ini. Sehari sebelum kami kemari, saya menelepon penjualnya (Nomor Telepon Rumah Makan Khas Betawi H. Rojali: 08568361115) untuk memastikan Kuah Kepala Ikan Manyung-nya tersedia di hari-H. Benar saja, setelah kami berhasil mendapat kuah kepala ikan manyung, kami melihat beberapa pengunjung lain yang lumayan kecewa karena kehabisan hidangan superlezat ini. Memang seperti apa sih kok orang bela-belain ke sini hanya untuk kuah kepala ikan manyung?

Baca juga:  Pulau Air, Pulau yang Tak Tampak di Peta!

Ternyata satu porsi hidangan ini hanya mendapat setengah kepala ikan manyung saja! Hmmm… perjuangan yang tak biasa tersebut hanya untuk menyantap setengah kepalanya saja? Sebanding? Iya setengah kepala saja, namun begitu ukurannya segede kingkong! Okay, mulai lebay. Tapi serius, walaupun hanya setengahnya saja, ukuran kepala ikan manyung ini luar biasa besar sampai tidak muat di piring! Tulang kepalanya pun mirip fosil kepala dinosaurus hahaha…

Pindang Kepala Ikan Manyung
Lihat betapa besarnya kepala ikan manyung ini. Padahal, satu porsi hanya terdiri dari setengah kepalanya saja!

Rasa hidangan ini bagaimana sih? Menurut saya, tekstur daging ikan manyung merupakan perpaduan antara ikan patin, ikan pari, ikan kambing-kambing, dan ikan boxfish, agak kenyal-kenyal lembut gimana gitu. Ah susah menjelaskannya. Kuahnya sendiri hampir mirip kuah pindang ikan patin, dengan rasa asam manis pedas menggoyang lidah dengan seksinya.

Harga seporsi kuah kepala ikan manyung adalah Rp30.000 (ukuran sedang) dan Rp35.000 (ukuran besar). Cukup murah bukan? Rumah makan ini buka hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00 – 15.00 WIB. Pastikan lagi jika ingin ke rumah makan ini, sebaiknya dilakukan sebelum makan siang atau menghubungi pemiliknya terlebih dahulu. Jika tidak, siap-siap saja gigit jari kehabisan ikan manyung.

Di mana sih lokasi Rumah Makan Khas Betawi H. Rojali yang menjual Kuah Kepala Ikan Manyung ini?

Rumah Makan Khas Betawi H. Rojali terletak di Jalan Pesanggrahan Raya, Kebon Palem, Jakarta Barat. Rumah makan ini berada sangat dekat dengan persimpangan antara Jalan Pesanggrahan Raya dan Tol Jakarta Merak. Lokasi persisnya adalah di pertigaan antara Jalan Pesanggrahan Raya dan Jalan Arjuna Utara atau di koordinat GPS -6.190240, 106.756165. Rumah makannya lumayan kecil dengan bambu sebagai rangka dan atapnya. Karena bentuknya mirip warung makan tradisional dan lumayan kecil, Anda harus lumayan jeli jika ingin singgah ke tempat ini, bisa-bisa kebablasan karena tidak melihat papan namanya.

So, daripada manyun, mending makan kepala ikan manyung sampai monyong-monyong #apaansih

Baca juga:  Indahnya 3 Gili: Gili Nanggu - Gili Kedis - Gili Sudak
SHARE

4 COMMENTS

  1. Hallo..
    saya supplier berbagai jenis kepala ikan,all size.partai besar maupun eceran.menyediakan juga fillet ikan dan daging ikan tuna,kakap serta serbuk ikan.jika berminat hubungi saya.terima kasih.

LEAVE A REPLY