Palembang: Eat, Eat, Eat, RepEat

3

Sungai Musi
Indahnya awan cirrocumulus di atas Sungai Musi

 

2. Sungai Musi

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian, Seberang Ilir (yang terdapat kawasan pusat keramaian dan Benteng Kuto Besak) dan Seberang Ulu (yang terdapat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring). Sungai Musi sangat panjang (sekitar 750 km) dan sangat lebar (sekitar 250 sampai dengan 2000m) dengan kedalaman rata-rata 15-20m. Bisa dibayangkan dong betapa wow-nya sungai ini.

Di Sungai Musi terdapat sebuah pulau yang berasal dari endapan delta yang bernama Pulau Kemaro. Di pulau ini terdapat pagoda Hok Tjing Rio khas China. Konon, pulau ini menjadi tempat “naik haji” bagi orang-orang China di seluruh dunia! Benarkah demikian? Well, saya sendiripun juga tidak tahu. Namun menurut teman saya yang tinggal di Palembang, memang banyak sekali orang-orang China dari berbagai negara mengunjungi Pulau Kemaro.

Di Pulau Kemaro juga terdapat makam seorang Putri kerajaan Palembang jaman dahulu kala. Kisah cinta dua bangsa antara Putri Kerajaan Sriwijaya yang bernama Siti Fatimah (Putri) tersebut dengan Pangeran China yang bernama Tan Bun An zaman  berujung tragis. Keduanya menenggelamkan diri ke Sungai Musi bersama 9 guci emas sebagai mas kawin mereka karena suatu kesalahpahaman.

Halaman selanjutnya, 2. Benteng Kuto Besak, karena orang Palembang susah bilang “r”

Baca juga:  Tanjung Tinggi, Pantai Tercantik di Belitung

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY