7 Fakta Menarik tentang Ikan Nemo

0

“The guerrilla must move amongst the people as a fish swims in the sea.” – Mao Zedong

Nemo. Nama asli ikan Nemo adalah Anemonefish. Nama “Nemo” sendiri diambil dari bagian tengah nama asli ikan tersebut, aNEMOnefish. Ikan ini menjadi sangat terkenal semenjak film dengan judul Finding Nemo sukses memikat hati para pecinta film di seluruh dunia. Sebelum film Finding Nemo begitu booming, ikan ini sebenarnya terkenal dengan sebutan ikan badut atau clownfish. Indonesia patut berbangga menjadi surga bagi salah satu jenis ikan yang sangat populer di dunia, yaitu ikan nemo. Mengapa? Karena ternyata ikan ini tidak ditemui di belahan laut dan samudera lain! Lautan mana itu? Kita bahas yuk fakta-fakta menarik mengenai ikan nemo. (cek instagram saya @MadAnemone kalau kamu suka ikan Nemo)

Ikan Nemo bersama Ritteri Anemone di Pulau Menjangan, Bali
Ikan Nemo bersama Ritteri Anemone di Pulau Menjangan, Bali

1. Nemo dan Anemon Adalah Sahabat Baik

Apa itu anemon? Anemon adalah makhluk laut yang berbentuk pipa-pipa berumbai-rumbai banyak mirip rambut yang bergoyang. Bentuk tentakelnya bergerombol mirip dengan rerumputan/padi, namun sejatinya anemon adalah binatang, bukan tumbuhan. Di mana ada anemon, di situ selalu ada ikan nemo. Di mana ada ikan nemo, di dekatnya selalu ada anemon. Padahal anemon merupakan makhluk laut yang sangat beracun. Tak ada yang berani menyentuh anemon kecuali ikan nemo dan beberapa jenis ikan lainnya. Kok bisa ya?

Banyak sekali teori yang menyebutkan mengapa Nemo bisa hidup di anemon sedangkan ikan lain tidak. Teori pertama menyebutkan bahwa kulit nemo mengeluarkan lendir yang mengandung gula, sedangkan anemon mengenali mangsanya berdasarkan rangsangan protein. Sehingga, Nemo pun aman tinggal di dalam rumbai-rumbai anemon karena anemon tidak mengenali ikan Nemo sebagai mangsanya. Teori kedua menyebutkan bahwa Nemo telah berevolusi untuk menjadi kebal terhadap tentakel anemon yang beracun.

Baca juga:  Makanan yang Dibawa Saat Mendaki Gunung

Mereka mempunyai hubungan yang saling menguntungkan keduanya yang dikenal dengan sebutan simbiosis mutualisme. Sisa makanan anemon akan menjadi makanan bagi ikan Nemo. Sebaliknya, kotoran ikan Nemo menjadi sumber nutrisi bagi anemon. Anemon juga menjadi tempat perlindungan bagi ikan Nemo, anak-anak ikan Nemo, dan telur-telurnya. Sedangkan Nemo juga berjasa melindungi anemon dari predator. Tak heran jika kita mendekati nemo, dia akan bersembunyi di balik anemon untuk berlindung atau malah akan menyerang kita. Saya sangat senang sekali mendekatkan tangan saya ke ikan nemo yang agresif karena mereka akan mendekati kita dan mematuk-matuk tangan kita dengan lucunya. Tidak ada rasa sakit jika terkena patukan ikan Nemo, malah bisa membuat rasa ketagihan hehehe. Gerakan ikan nemo juga membantu sirkulasi air dan udara di sekitar anemon, sehingga membantu dalam proses pertumbuhan anemon.

Halaman berikutnya, fakta kedua tentang ikan Nemo

1
2
3
4
5
6
7
SHARE

LEAVE A REPLY