Supercon, Lomba Lari Superhero ala Amerika

0
Supercon
“Hard times don’t create heroes. It is during the hard times when the ‘hero’ within us is revealed.” – Bob Riley

Atlanta, USA. Orang Amerika Serikat memang hobi membuat event-event unik, dari event skala kecil sampai dengan event skala besar. Event-event ini seringkali menjadi trend yang tersebar hingga ke seluruh dunia. Salah satu event yang lagi happening saat ini adalah event lari, seperti misalnya color run, glow run, lantern run, dan lain sebagainya. Ada satu event perlombaan lari yang masih langka dan belum begitu booming di Indonesia, yaitu Supercon.

Supercon merupakan event yang unik. Event ini adalah sebuah perlombaan lari 5K di mana para pesertanya menggunakan kostum superhero. Selain unik, lomba lari ini juga kocak, di mana terdapat beberapa peserta yang sengaja memaksakan diri menggunakan kostum aneh. Akibatnya, bukannya mereka menjadi saltum/salah kostum tapi tumgil, kostum bugil! Eh maksudnya kostum gila hehehe. Misi event ini adalah “Create a fun, entertaining experience for all ages, races and backgrounds while raising awareness and funds for growing issue of youth bullying.”. Selain hura-hura, ada misi sosialnya juga dong.

Supercon diselenggarakan di beberapa kota di Amerika Serikat. Sedangkan event Supercon yang saya kunjungi diadakan di Atlanta, kota tempat saya tinggal. Piedmont Park dipilih sebagai venue perlombaan karena memang taman kota kebanggaan warga Atlanta ini sangat strategis, terletak di dalam kota, luas taman yang memadai untuk perlombaan lari, juga terdapat jogging track dengan kondisi yang bagus.

Kostum yang digunakan para peserta sangat beragam. Rata-rata mereka menggunakan kostum superhero yang berasal dari komik-komik produksi Amerika, seperti misalnya Batman, Superman, Kapten Amerika, dan lain sebagainya. Kostum superhero yang paling populer dipakai oleh peserta lomba adalah kostum Wonder Woman. Kostum ini bahkan tidak hanya dipakai oleh “woman” saja, tapi juga mas-mas macho. Nah lho!

Baca juga:  Mencari SKCK Sampai ke Sam Poo Kong, Semarang
Kostum superhero unik
Mas “Wonder Woman” eh maksudnya “Wonder Mas-mas” sehat?

Ada beberapa peserta yang tidak menggunakan kostum superhero. Mereka menggunakan kostum seadanya, suka-suka udelnya mereka sendiri. Justru mereka inilah yang menjadi pusat perhatian karena kostum yang mereka kenakan aneh, tidak masuk akal bin superduper ajaib! Superman mungkin menjadi hero ber”sempak” yang juga populer dalam lomba lari kostum ini. Celana dalam yang dipakai Superman di luar celana legging-nya memang membuat orang sering bertanya-tanya “Mengapa Superman menggunakan kancut di luar?”. Jawabannya adalah karena kancutnya belum kering kali ya? hehehe. Namun jika melihat foto mas-mas di bawah ini, mengapa dia lari hanya menggunakan celana dalam sahaja???

Sempak
Ini kostum superhero apa? Superhero kancut?

Masih kurang juga? Nih saya kasih foto peserta pria yang menggunakan baju pengantin. Bukan baju pengantin laki-laki yang dia kenakan, tapi baju pengantin perempuan. Kok malam mirip barbie ya? Hehehe

Barbie laki-laki
Pucying kepala barbie liat mas-mas berbaju barbie ini…

Beberapa peserta hanya asyik jalan kaki, ngobrol, atau bahkan lari dengan posisi yang kocak. Bukan… Bukan karena tidak niat mengikuti lomba. Sepertinya bukan juara lomba yang mereka cari, namun kesenangan merayakan musim panas yang hanya berlangsung beberapa bulan sajalah yang menyebabkan mereka “seperti ini”.

Laei aneh
Ada yang jalan kaki, ada yang lari sambil minum, ada yang larinya “aneh”, ada yang sambil bawa gelang-gelang. Semakin aneh semakin asyik. Yang penting have fun!

Masih mau foto-foto Supercon lainnya? Sila klik di sini.

Kita yang tinggal di Indonesia wajib bersyukur memiliki musim panas hampir sepanjang tahun. Di Amerika Serikat, musim panas hanya berlangsung beberapa bulan. Karena cuaca yang bagus di musim panas, mereka sering menyelenggarakan banyak kegiatan, misalnya konser musik, festival, dan tentu saja perlombaan lari seperti ini. Event-event ini jarang diselenggarakan di musim semi, musim gugur, juga tentunya musim dingin karena hawa di ketiga musim tersebut suhu udara cenderung dingin dan kadang disertai dengan angin kencang.

Baca juga:  Ruby Falls, Kilau Air Terjun Bawah Tanah

Seperti yang dibilang Bob Riley, “Hard times don’t create heroes. It is during the hard times when the ‘hero’ within us is revealed.”. Selama hard time di 3 musim, orang-orang yang tinggal di negara 4 musim mencari cara bagaimana saat musim panas yang singkat dapat dimanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Pada akhirnya terciptalah lomba-lomba kreatif seperti ini. Bagaimana dengan kita yang berada di Indonesia yang diberi anugerah musim panas sepanjang tahun?

Follow

Twitter : @puppytraveler

Instagram: @puppytraveler

Facebook: Puppy Traveler

SHARE

LEAVE A REPLY