Bunaken Memang Keren!

2

Terumbu karang Bunaken
Terumbu karang Bunaken

Lokasi Bunaken

Lokasi Taman Nasional Bunaken adalah di Manado, Sulawesi Utara atau sekitar koordinat 1.661861, 124.751355. Taman nasional ini dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan jarak perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Harga yang dipatok speedboat-nya termasuk murah menurut saya, apalagi jika ditanggung bareng-bareng banyak orang hehehe. Yang membuat saya heran adalah, walaupun lokasinya sangat dekat dengan kota besar Manado, namun keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken masih tampak begitu alami dan belum tercemar. Dan semoga saja selamanya tetap seperti ini.

Cara Menuju Bunaken, Manado

Kami datang ke bunaken ala-ala backpacker gembel getoh. Karena berada di utara Manado, waktu itu saya dibantu teman spearfishing Manado yang sering mengadakan trip ke Bunaken. Beliau ini seorang freediver/spearo handal. Beruntung kami dipandu oleh beliau karena kami juga menyukai olahraga freediving. Jika teman-teman ingin mengadakan trip ke Bunaken mungkin bisa menghubungi beliau. Namanya Om Fathir (kosong delapan lima dua empat nol sembilan enam satu sembilan delapan lima) atau (kosong delapan tujuh delapan empat enam enam lima satu satu enam lima). Beliau bisa membantu trip ke Bunaken, mulai dari sewa kapal, sewa peralatan, dan lain sebagainya. Hotel dan penginapan di Bunaken tidak begitu masalah lah ya. Cari di Manado buanyak banget. Siapa tahu bisa menyediakan paket wisata ke Bunaken.

Bulan terbaik berkunjung ke Bunaken adalah sekitar bulan April – Oktober di mana pada bulan-bulan ini, laut agak terbebas dari angin muson barat. Ketika angin muson barat itu datang, seringkali membawa badai dan ombak yang besar sehingga menyulitkan kita menikmati bawah laut Bunaken, selain tentu saja mengurangi visibilitas air laut.

Terakhir, mari kita jaga kelestarian Bunaken jangan sampai rusak dengan menjadi wisatawan yang bertanggung jawab. Bagaimana caranya? Cukup dengan tidak menginjak karang, memegang/menangkap/membunuh penghuni karang, dan tidak membuang sampah di laut. Gampang kan? Jika terumbu karang di Bunaken hancur, siapa yang bisa memperbaikinya?

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY