Bunaken Memang Keren!

2
Bunaken

“The cities are the principal home and seat of the human group. They are the coral colony for Man, the collective being.” – Alfred Doblin

Bunaken, Sulawesi Utara. Siapa sih yang tidak pernah mendengar Bunaken? Nama taman nasional di Sulawesi Utara ini sudah terkenal seantero penjuru dunia. Ya, Bunaken adalah sebuah taman nasional yang sangat luas yang kaya akan keanekaragaman hayati, khususnya terumbu karang. Para penyelam dari berbagai negara berdoyong-doyong penasaran dengan keindahan taman laut Bunaken. Gara-gara dulu baca trit Bunaken di Kaskus, saya pun jadi ngiler dan pengen banget suatu saat jalan-jalan ke Bunaken. Akhirnya kesampaian deh. Memang sekeren itu kah taman nasional Bunaken yang juga menjadi obyek wisata andalan Sulawesi Utara ini?

Bunaken ada di mana sih? Bunaken terletak di sebelah utara kota Manado, provinsi Sulawesi Utara. Dari tempat kami berangkat, pelabuhan kota Manado, kita sudah bisa melihat terumbu karang di bawah speedboat. Itu baru di Manado lho, yang notabene termasuk kota besar. Bisa dibayangkan dong bagaimana terumbu karang di Bunaken? Kata teman saya yang tinggal di Manado, justru yang berkunjung ke Bunaken kebanyakan berasal dari luar Manado. Masyarakat Manado sendiri justru jarang berkunjung ke sana. Wah sayang banget ya. Padahal surga dunia benar-benar berada di dekat mereka.

Kita kembali ke pertanyaan di atas, memang sekeren itu kah Bunaken? Jelas keren banget. Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang, yang menjadikan Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu lokasi dengan biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Wilayah Taman Nasional Bunaken sendiri mempunyai luas 890.65 km². Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi. Bahkan, konon  kedalaman laut Bunaken mencapai 1.344 meter!! Tentu saja dengan kedalaman seperti ini tak ada manusia yang bisa menyelaminya. Kalau pantai di Bunaken sendiri pemandangannya agak biasa ya.

Baca juga:  Pandawa Waterworld: Sensasi Pantai Buatan di Solo

Tempat paling favorit bagi para penggemar olahraga selam (scuba, freediving) adalah di sekitar underwater great walls/hanging walls, dinding-dinding karang raksasa yang berbentuk vertikal. Dinding karang ini juga menjadi rumah bagi ribuan atau mungkin jutaan ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken, dan tentu saja pemandangan seperti ini menjadi surga bagi para pecinta dunia bawah air. Inilah yang membuat Bunaken istimewa karena tak banyak lokasi penyelaman yang memiliki dinding karang dengan kondisi yang masih bagus. Snorkeling di Bunaken juga bagus kok jika tidak mau diving/freediving di sana.

Bunaken
Perbandingan dinding karang (wall) Bunaken dengan tubuh teman saya. Dan ini hanya sebagian kecil dari dinding-dinding karang raksasa Bunaken

Taman Nasional Bunaken meliputi lima wilayah pulau: Bunaken, Manado Tua (Manarauw), Mantehage, Naen, dan Siladen. Jenis-jenis ikan yang mendiami terumbu karang Bunaken antara lain berbagai spesies anthias, chromis, berbagai spesies angelfish, berbagai spesies butterfly fish, berbagai spesies anemone fish (nemo), hiu, berbagai spesies puffer fish, dan tak lupa ikan sejuta umat, sergeant fish. Kok hampir semua jenis ikan ada di sini ya? Ya itulah yang saya lihat di Bunaken. Hampir semua jenis ikan ada di sini. Keren banget kan?

Bunaken
Dinding terumbu karang Bunaken dilihat dari atas dengan ribuan (mungkin jutaan) ikan dari berbagai macam jenis

Tak lupa, selama perjalanan speedboat kami dari Manado menuju Bunaken, kami menjumpai beberapa lumba-lumba menari di alam liar seolah-olah menyambut kami di surga bawah laut Bunaken. Sambutan berikutnya berasal dari Gunung Manado Tua. Pemandangan gunung di sebuah pulau dengan nama yang sama dengan nama gunungnya ini sangat khas, yaitu kabut asap yang menggelayuti puncak gunungnya.

Foto-foto Bunaken

Halaman Berikutnya, lokasi, contact person, dan cara menuju Bunaken

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY