Outbound Seru di Sukabumi

0
“Life is either a great adventure or nothing.” – Helen Keller

Sukabumi, Jawa Barat. Outbound, entah mengapa kata ini kurang menarik di telinga saya. Walaupun arti outbound sendiri sangat menyenangkan: outward bound, headed away, going out, atau pergi keluar. Siapa sih yang tidak pengen keluar rumah trus jalan-jalan? Tapi mengapa selalu di dalam benak saya kata “outbound” itu selalu identik dengan acara main-main di taman dengan permainan seadanya. Ternyata, acara outbound yang diadakan kantor saya di Sukabumi ini benar-benar outbound yang lumayan memacu adrenalin. Benar-benar puas dibuatnya.

1. Arung Jeram Sungai Citatih

Arung Jeram atau rafting di Sungai Citatih mempunyai level grade 3 – 4. Di level ini, air sungai mempunyai karakteristik gelombang air kecil sampai menengah, kemungkinan drop kecil, batuan, penurunan yang cukup besar, manuver tajam kadang diperlukan, namun tidak ada bahaya yang cukup besar. Kadang juga memerlukan manuver signifikan. (Skill level: experienced paddling skills/whitewater experience).

Di Sungai Citatih, kadang perahu kita menyusuri air yang tenang, kadang juga melewati arus sungai yang sangat deras. Di saat melewati sungai yang tenang, guide kita menawari kita untuk terjun ke sungai. Tanpa pikir panjang, saya dan beberapa teman langsung nyebur saja. Airnya sangat segar walaupun agak kecoklatan. Kita berenang mengikuti arus yang sangat pelan. Pada saat arus mulai agak cepat, guide meminta kami untuk naik ke perahu karet lagi. Pas melewati arus yang kencang, sensasi arung jeram baru benar-benar terasa. Kita seperti dibanting ddalam air sampai perahu haret hampir tertekuk.¬† Pada suatu ketika, ada dua jeram lagi di depan kita. Jeram pertama lumayan kecil, jeram kedua sangat besar. Guide kita menawari kita apakah kita berani ke jeram yang besar. Risikonya adalah perahu karet akan terbalik. Kami pun dengan semangat bilang “Oke!!!”. Namun, di grup kami ada seorang perempuan yang tidak berani. Akhirnya kami pun mengalah dan melewati jeram yang kecil. Grup teman saya memilih jeram yang besar dan kapal karet mereka benar-benar terbalik!

Baca juga:  Bersantai di Taman Putri Raja: Taman Balekambang, Solo.

Pihak pengelola pasti sudah mengantisipasi hal ini. Kita dilengkapi dengan pelampung dan helm, sehingga walaupun terbalik atau mengenai batupun masih tetap lumayan aman. Guide kita juga orang-orang yang berpengalaman. Kadang malah mereka menggoda mau dibalikin tidak perahu karetnya. Maksudnya, perahu karetnya dibuat terbalik bukan kapalnya dikembalikan hehehe. Walaupun semuanya baik-baik saja dan selamat. Teman saya lumayan trauma setelah kejadian perahu karet terbalik itu. Kami dan grup lain yang berada di perahu karet yang berbeda juga agak panik mendengar perahu karet teman saya terbalik. Padahal hal tersebut wajar terjadi di dunia rafting/arung jeram. Kami patut bersyukur pulang masih dalam keadaan sehat walafiat tanpa cedera yang berarti.

Rafting Citatih
Arung Jeram di Sungai Citatih, Sukabumi

Halaman selanjutnya, 2. Paint Ball

1
2
3
4
SHARE

LEAVE A REPLY