Pantai Selong Belanak Hampir Punya Segalanya

0

Lokasi Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak terletak di bagian selatan Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat atau di sekitar koordinat -8.872680, 116.161730. Pantai ini segaris dengan pantai-pantai indah di Lombok lainnya. Meskipun demikian, bukan berarti perjuangan untuk mencapai pantai satu ke pantai lainnya tersebut mudah.

Biasanya para wisatawan berangkat dari Pantai Kuta Lombok karena di Pantai Kuta banyak tersedia fasilitas seperti penginapan, persewaan motor/mobil, persewaan alat surfing, dan fasilitas wisata lainnya. Kalau tujuannya untuk camping sih tidak masalah menginap di dekat Pantai Selong Belanak, tapi jika tidak ingin terasing dari peradaban, menginap di Pantai Kuta adalah pilihan yang terbaik.

Peta Pantai Selong Belanak
Peta Pantai Selong Belanak Lombok

Cara menuju Pantai Selong Belanak dari Pantai Kuta Lombok benar-benar menjadi tantangan tersendiri. Awalnya saya kira rute menuju Pantai Selong Belanak sudah bagus mengingat Pantai Selong Belanak termasuk salah satu pantai terkenal di Lombok. Ternyata dugaan saya salah! Waktu itu kami harus naik turun melewati perbukitan dengan kondisi jalanan yang sebagian besar tak beraspal! Jika naik motor, lebih baik menggunakan motor dengan transmisi manual. Karena jika menggunakan motor matic, akan terlalu capek mengerem dan agak susah mengontrol kendali motor. Pastikan juga kamu mempunyai jam terbang mengendarai motor yang lumayan. Dan yang pasti, hati-hati, tak perlu terburu nafsu, kalau orang Jawa bilang ‘alon-alon waton kelakon’ yang artinya pelan-pelan saja yang penting selamat sampai tujuan. Nikmati saja petualangan tersebut karena selama perjalanan kita akan melalui pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Apalagi sepanjang jalan sering tampak pertambangan emas tradisional yang jarang ditemui di tempat lain. Selama jalanan menuju Pantai Selong Belanak belum bagus, jangan begitu percaya pada waktu tempuh yang diprediksi Google Map. Melesetnya bisa hampir 2-3x lipat.

Baca juga:  Tarakan: The Little Singapore
Rute menuju Pantai Selong Belanak
Rute menuju Pantai Selong Belanak dari bandara dan Novotel Kuta Lombok

Apakah kamu setuju Pantai Selong Belanak sebagai pantai terindah di Lombok? atau kamu punya pilihan pantai di Lombok yang lain yang lebih menarik? Ditunggu komentarnya.

Foto/Gambar Pantai Selong Belanak

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY