Pantai Selong Belanak Hampir Punya Segalanya

0
Pantai Selong Belanak
“Look deep into nature, and then you will understand everything better.” – Albert Einstein

Pantai Selong Belanak, Lombok. Ketika ditanya pantai apa yang paling bagus di Lombok, saya akan langsung menjawab Pantai Selong Belanak. Walaupun sebagian orang tidak setuju dengan ini, namun saya punya alasan mengapa Pantai Selong Belanak menjadi pantai favorit saya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya memilih Pantai Selong Belanak sebagai pantai terbagus di Lombok

Pantai dengan Pasir yang Benar-benar Putih dan Lembut

Tak banyak pantai yang mempunyai kriteria ini. Di Indonesia, pantai-pantai yang mempunyai pasir putih banyak. Tapi ketika kita amati secara seksama dengan cara menyentuh pasirnya dan mengamati dari dekat, sebenarnya tak banyak yang mempunyai pasir yang benar-benar putih dan lembut seperti tepung. Beberapa di antara pantai-pantai berpasir benar-benar putih dan lembut yang pernah saya temui antara lain Pantai Tanjung Bira, Pantai Tanjung Kelayang, dan beberapa pantai lainnya. Pantai Selong Belanak adalah salah satu di antara pantai-pantai yang mempunyai pasir seperti ini. Plus pemandangan yang indah.

Selong Belanak, Lombok
Selong Belanak, Pantai pasir putih yang benar-benar putih dan lembut

Garis Pantai yang lumayan Panjang

Pantai Selong Belanak mempunyai garis pantai yang lumayan panjang. Sehingga, tidak tampak sumpek walaupun banyak pengunjung yang datang. Waktu itu, hanya ada kami bertiga dan sepasang bule. Wuih benar-benar seperti memiliki pantai pribadi. Yup, pantai pribadi yang panjang. Jika Anda tidak menyukai pantai yang sumpek karena garis pantai yang sempit, Pantai Selong Belanak benar-benar menjadi pantai yang recommended di Lombok untuk dikunjungi. Sejauh mata memandang hanya ada pasir putih, air laut yang bergradasi hijau tosca dan biru muda, dan perbukitan unik Lombok. Eh ada warung tradisional juga ding yang menjual makanan ringan seperti snack, mie, minuma, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Wisata Peradaban di Trowulan

Landsape Perbukitan yang Menawan

Keindahan landscape Nusa Tenggara sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai Selong Belanak pun mempunyai landscape khas Nusa Tenggara tersebut, yakni mempunyai perbukitan “keriput” yang tampak gersang. Justru kegersangan lah yang menjadi daya tarik Nusa Tenggara. Jika berpadu dengan pantai akan tercipta panorama alam yang mempesona. Hal ini berbeda dengan pemandangan pantai tropis biasanya yang dihiasi pepohonan kelapa atau perbukitan hijau yang subur. Pemandangan perbukitan khas Nusa Tenggara memang langka, tak semua tempat punya pemandangan seperti ini. Dan sekali lagi, Pantai Selong Belanak memilikinya.

Selong Belanak
Selong Belanak dengan garis pantai yang panjang plus perbukitan “keriput” khas Nusa Tenggara

Lokasi Surfing bagi Pemula

Pantai Selong Belanak lumayan berombak, walaupun tidak terlalu besar. Pantai ini cocok untuk berlatih surfing,  namun tak cocok untuk snorkeling mengingat pantainya yang lumayan berombak dan pasir putihnya yang terlalu lembut sehingga membuat airnya mudah keruh karena pasir.  Waktu itu kami hanya melihat dua bule yang belajar surfing pada penduduk lokal. Heran juga ya Indonesia yang termasuk negara dengan garis pantai terpanjang justru tidak banyak memiliki atlet surfing.

Pantai Selong Belanak
Ombak di Pantai Selong Belanak sekitar segini. Cocok buat belajar surfing

Halaman selanjutnya, transportasi, rute, dan cara menuju Pantai Selong Belanak

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY