You’re Good for Me, Pantai Cemara

0
Pantai Cemara Lombok
“The pine stays green in winter, wisdom in hardship.” –  Norman Douglas

Pantai Cemara, Lombok. Lombok, ketika mendengar kata itu, seketika terbayang dalam angan nama buah yang pedas atau sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bali. Akhir-akhir ini, ketika mendengar kata Lombok, bayangan kita langsung tertuju pada sebuah pulau dengan pantai-pantai menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Cemara.

Peta Pantai Cemara
Dimanakah letak Pantai Cemara?

Lokasi Pantai Cemara, Lombok

Pantai Cemara terletak di Lombok Tengah, lebih tepatnya di sekitar koordinat -8.890922, 116.507067. Pantai Cemara dapat ditempuh sekitar 1-1,5 jam perjalanan darat dari Bandar Udara Internasional Lombok Praya. Pantai unik ini terletak tak jauh dari jalan beraspal. Jauh lebih strategis jika dibanding beberapa pantai indah lainnya di Lombok.

Pantai Cemara Lombok
betapa beruntungnya perahu ini berada setiap hari di Pantai Cemara

Pantai Cemara mempunyai pasir putih bersih dengan gradasi warna laut hijau turquoise dan biru muda. Terletak di sebuah teluk, permukaan air laut Pantai Cemara tampak begitu tenang. Tak begitu banyak distraksi saat menikmati karya Ilahi yang ditancapkan di ujung Tenggara Pulau Lombok ini. Sejauh mata memandang, hanya tampak beberapa rumah penduduk, sebuah bukit yang terkikis erosi, sebongkah batu karang merah, dan beberapa perahu tradisional. Walaupun bernama Pantai Cemara, bukan berarti pantai ini ditumbuhi banyak pohon cemara. Kami hanya melihat beberapa pohon saja. Tak banyak.

Pantai Cemara
Indah, mudah dijangkau, sepi pengunjung. Apalagi yang diharapkan dari Pantai Cemara?

Suasana tenang benar-benar kami rasakan ketika berada di Pantai Cemara. Waktu itu, hanya kami bertiga dan beberapa penduduk lokal yang mengunjunginya. Berbaring di bibir pantai, merasakan sentuhan lembut riak-riak kecil, merasakan butiran pasir merica meraba setiap jengkal tubuh, mendengarkan alunan Good for Me-nya Above&Beyond yang bersenandung bersama hembusan angin pantai, seketika hilang semua beban hidup. Kedamaian perlahan mengalir ke setiap titik nadi. Bersama alam yang jauh lebih bersahabat dibanding tugas-tugas kuliah yang selalu mendera kami siang dan malam sebelumnya.

Baca juga:  Iseng tapi Asyik: Pantai Lancing, Lombok
Pantai Cemara
Pasir merica khas Lombok pun tak ketinggalan ikut bersemayam di Pantai Cemara

Biasa. Ya, nama pantainya memang sangat biasa. Terlalu biasa untuk pemandangan yang luar biasa. Bahkan, menyebut nama pantai ini harus disertai embel-embel Lombok di belakang namanya agar tidak keliru dengan Pantai Cemara di tempat lain. Tak perlu mengadunya dengan Pantai Cemara lainnya. Karena pantai hanya akan diam, karena malaikat sudah tahu siapa yang menjadi juaranya. Juaranya adalah Dewi Lestari. Bukan pantai ini.

Foto/Gambar Lengkap Pantai Cemara, Lombok

SHARE

LEAVE A REPLY