Selat Solo “Mbak Lies”

2
“You don’t need a silver fork to eat good food.” – Paul Prudhomme

Solo. Bagi yang belum pernah mendengar makanan yang bernama Selat Solo, mungkin akan terdengar aneh. Bisa jadi kita salah dengar menjadi “salad” atau  “selai” karena dua nama tersebut yang memang lebih membumi. Atau bayangan kita adalah suatu selat/perairan laut yang sempit di Kota Solo. Mana mungkin Solo mempunyai lautan? Selat yang dimaksud adalah makanan khas Solo yang berkuah asam manis dengan daging dan sayuran di dalamnya. Mari kita kunjungi salah satu tempat kuliner terkenal di Solo, yaitu Warung Selat Mbak Lies.

Restoran Bernuansa Jawa

Rumah makan Selat Mbak Lies berawal dari sebuah rumah yang disulap menjadi salah satu tempat kuliner recommended di Solo. Pelayan restoran yang mengenakan baju Jawa siap mengantarkan hidangan khas Kota Solo yang siap mengguncang lidah Anda. Bangku kursi yang digunakan pun juga unik. Wajar, mengingat rumah ini juga menjadi galeri pernak-pernik khas Solo.

Rumah Makan Selat Solo
Suasana Jawa di Rumah Makan Selat Solo “Mbak Lies”

Apa Sih Resep Lezat Selat Solo?

Sebelum membayangkan lezatnya selat Solo, mari kita bongkar cara membuat Selat Solo terlebih dahulu:

Bahan utama Selat Solo adalah semur daging steak/gelantin dan telur. Bahan untuk pelengkap adalah buncis rebus, wortel  rebus, kentang goreng, daun selada segar, dan acar mentimun. Bahan untuk saus adalah mustard/mayonaise, cuka, kuning telur rebus yang sudah dihaluskan, garam, dan gula pasir.
 Selat Solo
Bahan dasar Selat Solo pada umumnya

Yang khas dari Selat Solo adalah rasa kuahnya yang asam manis. Dipadu dengan semur bestik (daging) atau gelantin, sayuran, kentang, dan beberapa tambahan lainnya, kelezatan hidangan kuliner ini semakin menjadi-jadi nikmatnya.

Harga

Kalau soal harga, tak perlu kawatir ketika berwisata kuliner di Solo. Sepertinya kota ini kebal terhadap inflasi. Hampir semua harga makanan di Solo murah. Tak percaya, lihat saja harga selat Solo Mbak Lies di bawah ini. Padahal untuk ukuran rumah makan selat Solo yang sangat terkenal (atau bahkan paling terkenal di Solo), bisa saja rumah makan ini memberi harga semau dia. Kenyataanya? Mureh sampe munteh-munteh!

Baca juga:  Yulai-yulai di Ho Chi Minh
Selat Solo Mbak Lies
Harganya masih “Solo” banget

Halaman berikutnya, lokasi Warung Selat Solo “Mbak Lies”

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY