Naik Pesawat di Indonesia dan Amerika itu Beda!

0

11. Prosedur Mematikan Pesawat Telepon

Di Indonesia, kalimat “Mohon untuk tetap mematikan pesawat telepon Anda sampai pesawat berhenti dengan sempurna” sering kita dengar dari pramugari/announcer yang artinya kita disuruh tetap mematikan handphone sampai pesawat benar-benar berhenti atau penumpang sudah benar-benar siap turun dari pesawat. Lebih ekstrim lagi, terkadang kita baru boleh menyalakan ponsel setelah masuk ke bandara.

Di Amerika Serikat, pesawat telepon hanya disuruh untuk dimatikan saat take off dan landing saja. Seketika ban pesawat sudah menginjak bumi, kita diperbolehkan menyalakan telepon seluler kita walaupun pesawat masih jalan di runway bandara. Setelah take off dan pesawat mulai terbang stabil, kita diperbolehkan menyalakan alat elektronik, bahkan saya tidak pernah mendengar kru pesawat melarang kita menyalakan handphone! Karena rata-rata di dalam pesawat sudah dilengkapi wifi berbayar, kru tidak melarang penumpang menyalakan peralatan elektronik termasuk ponsel sekalipun.

Indonesia vs Amerika Serikat 1 – 0

Indonesia win!

Walaupun masih menjadi perdebatan kapan saat kita diperbolehkan menyalakan telepon seluler kita, namun saya masih berpikiran konservatif bahwa memang sebaiknya tetap mematikan telepon seluler kita hingga pesawat benar-benar berhenti. Toh, waktu yang diperlukan saat mendarat dan pesawat benar-benar berhenti hanya beberapa menit. Mematikan telepon beberapa menit tak ada ruginya kan?

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
SHARE

LEAVE A REPLY