Tes Fobia Ketinggianmu di Canopy Bridge Bukit Bangkirai!

6
“The hardest thing in life to learn is which bridge to cross and which to burn.” – David Russell

Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Obsesi tiga tahun yang lalu akhirnya kesampaian juga, yaitu naik jembatan gantung (canopy bridge) di Bukit Bangkirai. Obsesi yang tampak sepele. Ya, saya memang hobi membuat obsesi-obsesi sepele tapi tampak berat menjalankannya.  Apakah dibuat begitu berat menjalankannya atau terlalu menyepelekan obsesi sendiri? Ah sudahlah, yang penting sudah pernah naik di canopy bridge Bukit Bangkirai.

Sesuai dengan namanya, Bukit Bangkirai merupakan kawasan seluas kira-kira 1500 hektar yang digunakan untuk konservasi pohon Bangkirai (Shorea laevis). Namun, senbenarnya di kawasan ini juga terdapat spesies pohon tropis Kalimantan lainnya, seperti Pohon Keruing (Dipterocarpus Comutus), Jelutung (Dyera Constulata), Kempas (Koompassia malaccensis), rotan (Calamus sp.), dan lain sebagainya. Tips: Jika ke Bukit Bangkirai, mintalah didampingi guide dan temukan salah satu pohon unik yang kulit batangnya mempunyai bau persis seperti bawang putih!

Canopy Bridge

Jembatan gantung yang terbuat dari baja sepanjang 64 meter yang menghubungkan 5 pohon Bangkirai siap menguji adrenalin kita. Pohon di hutan Kalimantan memang tinggi-tinggi. Banyak lho yang sampai di lokasi ternyata menyerah karena fobia akan ketinggian. Atau mendadak fobia ketinggian setelah melihat ternyata jembatan gantungnya berada di ketinggian 30 meter. Wow!

Canopy Bridge Bukit Bangkirai
Tak kusangka naik pohon menjadi sedramatis ini

Sesampainya di atas jembatan, rasa deg-degan mulai muncul. Padahal tadi semangat banget naik anak tangga demi anak tangga demi menuju ke atas jembatan. Kok pas di atas jembatan semangat itu mulai memudar karena deg-degan ya. Pemandangan hutan yang sangat indah menjadi pengobat fobia ketinggian. Konon canopy bridge ini jumlahnya tak banyak lho di dunia.

Baca juga:  Museum Ullen Sentalu
Bukit Bangkirai
Pemandangannya sejuk segar

Halaman berikutnya, lokasi dan cara menuju Bukit Bangkirai

6 COMMENTS

    • @yofangga
      Gak ada peralatan khusus sih. Safety cukup lumayan kok. Asal gak aneh-aneh aja di atas jembatan hehehe

LEAVE A REPLY