Snorkeling di Pantai Senggigi, Lombok

3
Terumbu Karang Senggigi
“A thousand words will not leave so deep an impression as one deed.” – Henrik Ibsen

Senggigi, Lombok. Kesan pertama datang ke Senggigi beberapa tahun silam adalah biasa saja menurut saya. Memang, pantai yang paling terkenal di Lombok ini tak seindah pantai-pantai di Pulau Lombok lainnya. Namun, kedatangan saya yang kedua ini benar-benar membekas. Dibalik “kebiasaan” Senggigi tersimpan keluarbiasaan yang tidak pernah saya duga sebelumnya: keindahan bawah laut dengan beragam karang dan berbagai macam jenis ikan.

Kunjungan kedua ke pantai inipun juga tidak pernah saya niati sebelumnya. Karena tour ke Komodo berangkat dari Senggigi terpaksalah saya mengunjungi pantai ini lagi. Semakin ditelusuri, ternyata Pantai Senggigi semakin menarik. Berikut ini beberapa alasan mengapa saya mulai menyukai Senggigi:

– Pantai 3 Warna

Seperti yang pernah dulu saya utarakan bahwa Pantai Senggigi adalah pantai yang unik. Di bagian kanan, Pantai Senggigi memiliki warna pasir putih kecoklatan mirip Pantai Kuta di Bali. Di bagian tengah, Pantai Senggigi memiliki pasir putih kasar mirip pantai-pantai di Gunung Kidul Jogja. Di bagian kiri, Pantai Senggigi memiliki warna pasir hitam.

Tak banyak pantai di mana pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkeling, kayaking, surfing, dan memancing. Senggigi memiliki segalanya. Pertama kali ke pantai ini, tak pernah terlintas untuk melakukan snorkeling di sini mengingat begitu “biasa” nya pantai ini. Saat itu hanya beberapa jam saja saya berada di pantai ini kemudian berpindah ke pantai lainnya. Di kesempatan kedua ini, saya meghabiskan waktu dari pagi hingga sore hari di pantai ini hanya dengan bersnorkeling dari ujung ke ujung. Ya, saya jarang menemukan satu pantai yang memiliki keragaman terumbu karang seperti ini sebelumnya.

Baca juga:  Perjalanan Bali Lombok (live tweet)
Pantai Senggigi, Lombok
Sudut terindah Pantai Senggigi

– Terumbu Karang Senggigi

Sebagaimana halnya pemandangan di atasnya, bawah laut Senggigi pun juga memiliki 3 pemandangan yang berbeda. Di bagian kanan, kondisi terumbu karangnya agak sedikit hancur namun memiliki ragam jenis ikan yang paling banyak. Di bagian tengah, terumbu karang masih bagus dengan jenis ikan yang lumayan banyak. Di bagian kiri, terumbu karang masih lumayan bagus dengan jenis karang dengan jumlah ikan yang sedikit. Jenis ikan yang berdiam di bawah laut Senggigi pun lumayan banyak, dari mulai Moorish Idol, Butterfly Fish, Angel Fish, Anthias, bahkan sampai Lion Fish pun juga ada lho di Senggigi.

Terumbu Karang Senggigi
Underwater Senggigi

– Banyak Penginapan Murah, Penduduk Ramah, Makanan Lezat

Orang bilang Senggigi mirip dengan Kuta yang menjadi lokasi wisata paling populer di Bali. Di sekitar Senggigi banyak dibangun rumah makan, jasa tour, minimart seperti indomart/alfamart, ATM, dan penginapan murah seperti Hotel Ellen, Pondok Shinta, dan lain sebagainya. Waktu itu saya menginap di Pondok Shinta. Dengan tarif Rp125.000/kamar/malam, lumayan enak lah untuk mengistirahatkan tubuh. Plus dapat sarapan gratis dan fasilitas kamar mandi dalam.

Penduduk Lombok bagian Senggigi ramah-ramah kok. Mereka juga murah senyum, tidak jutek, dan tidak begitu agresif kalo menawarkan barang dagangan. Semua berjalan menyenangkan dan semoga akan terus demikian tanpa dinodai oleh oknum-oknum yang menyebalkan.

Sambil menikmati pemandangan laut, jangan lupa menikmati lezatnya Sate Bulayak. Sate ayam khas Nusa Tenggara  Barat ini disajikan dengan bumbu kacang pedas yang khas. Lontongnya pun disajikan dengan cara yang unik, yaitu dibalut dengan daun kelapa

Sate Bulayak
Sate Bulayak. Salah satu alasan untuk kembali ke Senggigi/Lombok suatu saat nanti

Cara menuju ke Senggigi

Terdapat bus DAMRI dari Bandara Lombok International Airport menuju Senggigi dengan tarif Rp30.000. Jika berangkat dari Pelabuhan Lembar, kebanyakan wisatawan backpacker naik angkot menuju ke Terminal mandalika di pusat kota Mataram terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan naik angkot dari terminal tersebut ke Senggigi. Kalau berangkat dari Pelabuhan Bangsal/Gili Trawangan saya belum pernah. Banyak yang bilang ada angkot Bangsal-Senggigi. Mungkin ada yang pernah coba?

Baca juga:  Iseng tapi Asyik: Pantai Lancing, Lombok

Memang benar pepatah “Don’t judge book by it’s cover”.  Sebelum men-judge Sesuatu, cross check atau double check terlebih dahulu. Siapa tahu sesuatu yang awalnya kamu anggap jelek, ternyata memiliki sesuatu yang keren yang tak tampak mata. Ya nggak sih? nggak ya.. Ya udah deh..  Welcome to Senggigi!

Gambar/Foto Lengkap Pantai Senggigi

SHARE

3 COMMENTS

  1. Buat yang mau liburan ke lombok rekomendasi pake Surya Travel Lombok harganya sangat bersahabat mulai dari Rp 403.000 dah all in Hotel sama transportasi selama tour. (www.travellombok.id)

LEAVE A REPLY