Pantai Bias Tugel, Salah Satu Pantai Terindah di Bali

0
“After climbing a great hill, one only finds that there are many more hills to climb.” – Nelson Mandela

Pantai Bias Tugel, Padang Bai, Bali. Pantai ini tak sengaja saya temukan ketika mencari tempat snorkeling di Padang Bai. Dari dulu saya selalu penasaran dengan lokasi snorkeling di Padang Bai. Setelah mencari tahu sana sini, akhirnya tak hanya lokasi snorkeling di Padang Bai saja yang saya temukan, juga pantai pasir putih terindah di Bali!

Terus terang saya belum pernah menjumpai pantai di Bali yang mempunyai pasir yang benar-benar putih bersih selain Pantai Bias Tugel, jadi tak berlebihan rasanya jika saya menyebut Pantai Bias Tugel sebagai pantai berpasir paling putih di Bali. Pantai ini seakan menunjukkan kesempurnaanya dengan air laut yang sangat bening dan jumlah pengunjung yang relatif masih sangat sedikit.

Lokasi Pantai Bias Tugel tak jauh dari Pelabuhan Padang Bai, pelabuhan yang biasa digunakan sebagai sarana penyeberangan Bali – Lombok. Pantai ini berjarak sekitar 700 meter dari pintu masuk pelabuhan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki menuju ke arah kanan dari pintu masuk pelabuhan, kita sudah menjumpai Pantai Bias Tugel. Namun begitu, bukan berarti jalan masuk ke Pantai Bias Tugel mudah dilalui. Kita harus melewati jalanan tak beraspal, menanjak, dan membelah bukit kecil untuk mencapai pantai yang masih sangat bersih ini.

Pantai Bias Tugel, Padang Bai, Bali
Dari atas bukit, kita bisa melihat kapal feri yang berangkat/menuju Pelabuhan Padang Bai dan putihnya Pantai Bias Tugel

Dari atas bukit, tampak pemandangan yang sangat unik: perpaduan pantai berpasir putih, nyiur melambai, gradasi biru laut, dan kapal feri yang malah mirip seperti kapal pesiar yang sedang berangkat/menuju Pelabuhan padang Bai. Belum sampai ke bibir pantai saja saya sangat puas menikmati pemandangan yang sudah sejak lama tidak saya jumpai. Ketje abizz tjuy…

Baca juga:  Pusentasi, Sink Hole yang Membentuk Laguna

Setelah turun dari bukit melalui jalan setapak, sampailah kaki ini menginjak lembutnya pasir putih Pantai Bias Tugel. Air laut tampak begitu biru dan sangat bening di depan mata seakan menggoda saya, “Ayo buruan nyebur!”… Byurr….

Pantai Bias Tugel, Padang Bai, Bali
Kalau melihat pantai pasir putih dengan air laut yang sangat bening gini apa yang akan Anda lakukan? Kalau saya sih langsung nyebur

Di sebelah kiri pasir putih pantai, terdapat karang yang membentuk laguna kecil. Berendam di lingkaran laguna karang ini merupakan ide yang menyenangkan. Deburan ombak yang menjilat-jilat karang menciptakan sensasi tersendiri lho. Eh tapi hati-hati, lihat-lihat kondisi ombaknya juga sih. Kalau ombak terlalu besar ya jangan nekat. Mau dijilat ombak kemudian ditelan hidup-hidup? Hii..  Kok malah mengerikan gini?

Pantai Bias Tugel, Padang Bai, bali
Ada yang mau berendam di laguna karang Pantai Bias Tugel, Padangbai? Monggo…

Ternyata masih banyak sisi-sisi keindahan Bali yang masih tersembunyi.  Walaupun sudah beberapa kali mengunjungi Bali, selalu ada saja tempat menarik yang belum saya kunjungi. Salah satunya Pantai Bias Tugel ini, yang juga saya nobatkan menjadi salah satu pantai terindah di Pulau Bali. So, tunggu apa lagi? Sebelum Pantai Bias Tugel ramai dipenuhi turis lho 🙂

Gambar/Foto Lengkap Pantai Bias Tugel, Padang Bai, Bali

Halaman berikutnya, lokasi dan cara menuju Pantai Bias Tugel

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY