Padang Bai Menyimpan Dua Pantai yang Indah

2
“Water, stories, the body, all the things we do, are mediums that hid and show what’s hidden.” – Rumi

Padang Bai, Bali. Barangkali kita lebih mengenal Padang Bai di Balisebagai pelabuhan penyeberangan kapal ferry dari Bali ke Pulau Lombok. Semenjak pertama kali menginjakkan kaki ke Padang Bai dan melihat betapa putih dan indahnya pasir pantai di Pelabuhan Padang Bai (yup, pantai berpasir putih menjadi pelabuhan kapal ferry yang berukuran jumbo!), saya sangat penasaran dengan pantai di sekitar Padang Bai. Dan ternyata, selain menjadi pelabuhan penyeberangan kapal ferry Bali – Lombok, Padang Bai juga menyimpan dua pantai yang menurut saya menjadi salah satu pantai terindah di Bali!

Dua pantai yang saya maksud adalah Pantai Bias Tugel dan Pantai Bloo Lagoon. Jika kita punya banyak waktu, mengunjungi dua pantai tersebut menjadi kenangan tersendiri karena masing-masing pantai memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, jika kita hanya memiliki waktu terbatas (misalnya harus mengejar jadwal feri ke Lombok), kita bisa memilih salah satu pantai sesuai dengan apa yang kita minati: berenang/berjemur atau snorkeling. Jika ingin bermalam di Padang Bai, Anda tak perlu khawatir. Di sekitar pelabuhan Padang Bai berderet penginapan dan restoran.

Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel memiliki pasir yang sangat putih bersih. Di tambah dengan airnya yang sangat jernih, Pantai Bias Tugel cocok buat kita yang suka berenang atau sekedar berjemur di pantai. Di bagian kiri pantai terdapat karang yang membentuk semacam laguna kecil. Cocok bagi Anda yang senang berendam di air laut. Terlebih lagi pengunjung pantai yang hanya dapat dihitung dengan jari, membuat pantai ini serasa di surga (halah, kayak pernah berkunjung di surga aja :P.

Baca juga:  Outbound Seru di Sukabumi
Pantai Bias Tugel, Padang Bai
Pantai Bias Tugel, Padangbai yang berpasir putih bersih

Pantai Bloo Lagoon

Tidak, ini bukan typo karena nama pantainya memang Bloo Lagoon. Awalnya, saya mengira nama pantai ini adalah Blue Lagoon. Pantai Bloo Lagoon memiliki pasir putih kehitaman. Tak seindah Bias Tugel memang. Namun siapa sangka pantai ini memiliki terumbu karang yang lumayan bagus. Bagi Anda penggemar snorkeling, pantai ini dapat menjadi pilihan jika Anda berada di Padang Bai. Sampai artikel ini diturunkan, sepertinya hanya Pantai Bloo Lagoon yang terdapat penyewaan alat snorkeling. Saya tidak menemukan tempat penyewaan alat snorkeling di Pantai Bias Tugel.

Terumbu Karang di Bloo Lagoon, Padang Bai
Terumbu Karang di Bloo Lagoon, Padang Bai

Lokasi Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon

Jika kita menghadap pintu masuk pelabuhan Padang Bai, lokasi Pantai Bias Tugel adalah di sebelah kanan, sedangkan Pantai Bloo Lagoon berada di sebelah kiri pintu masuk pelabuhan Padang Bai. Jarak Pantai Bias Tugel dari Pelabuhan Padang Bai tak begitu jauh, hanya sekitar 700 meter dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit jalan kaki menembus bukit. Pantai Bloo Lagoon letaknya agak sedikit lebih jauh, sekitar 1 kilometer dari Pelabuhan Padang Bai atau sekitar 14 menit jalan kaki. Jika malas berjalan kaki menuju Pantai Blue Lagoon, kita bisa menggunakan jasa ojek yang banyak mangkal di sekitar pelabuhan Padang Bai.

Padang Bai Bias Tugel Bloo Lagoon
Lokasi Pantai Bias Tugel dan Bloo Lagoon dari pintu masuk Pelabuhan Padang Bai

Cara Menuju Padang Bai dari Kuta

Karena malas berpindah-pindah angkutan umum, saya menggunakan jasa bus Perama Tour yang berlokasi di Jalan Legian. Bus berangkat dari Kuta pukul 06.00, 10.00, dan 13.30. Sedangkan dari Padang Bai, bus akan berangkat pada pukul 09.00, 13.30, dan 16.30. Busnya sendiri mirip M*tro Mini/Kop*ja. Jelek, sumpek, dan tanpa AC.

Padang Bai bus
Kondisi di dalam bus yang penuh dengan tumpukan ransel para turis

Tarif bus dari Kuta ke Padang Bai seharga Rp60.000 sebenarnya tak begitu mahal menurut saya karena kita tak perlu bingung mencari dan berpindah-pindah angkutan umum. Dan tahukah Anda bahwa saya adalah satu-satunya penumpang dari Indonesia, sisanya adalah bule semua!

Baca juga:  Berburu Sate Buntel di Solo

Foto/Gambar lengkap Pantai Bloo Lagoon dan Bias Tugel, Padang Bai

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY