Mengenal Alcatraz

1

“It looks like Alcatraz has got me licked” – Al Capone (Alcatraz inmate #85)

San Fransisco, California. Sudah pernah mendengar kata “Alcatraz”? Baik melalui film, cerita sejarah, atau media lainnya. Bagaimana bayangan kamu ketika mendengar kata Alcatraz? Awalnya, saya membayangkan Alcatraz adalah sebuah penjara yang terasing dengan penjagaan superketat (supermax prison) dengan kondisi yang mengerikan bagi penjahat kelas kakap yang sudah tidak bisa diampuni lagi tindakan kriminalnya. Benarkah seperti itu? Mari kita mengenal Alcatraz lebih lanjut.

1. Apa sih Alcatraz itu?

Alcatraz adalah nama sebuah pulau kecil di dekat kota San Francisco, negara bagian California, Amerika Serikat. Nama Alcatraz berasal dari bahasa Spanyol “La Isla de los Alcatraces” yang artinya The Island of the Pelicans atau pulau pelikan. Awalnya pulau ini dianggap sebagai pulau kutukan, kemudian berubah menjadi benteng dan asrama militer, penjara militer, penjara supermax prison, dan sekarang menjadi museum.

Alcatraz San Fransisco
Pulau Alcatraz dengan latar belakang kota San Francisco

Alcatraz memang menjadi terkenal semenjak pulau ini dijadikan penjara federal, di mana narapidana mustahil untuk kabur karena penjagaannya yang superketat dan arus air laut di teluk San Francisco yang sangat kuat dan dingin yang tidak memungkinkan narapidana untuk kabur dari pulau Alcatraz.

2. Berapakah Jumlah Sel Penjara di Alcatraz?

Penjara Alcatraz terdiri dari 4 blok. Blok A tidak digunakan sebagai penjara. Blok B dan Blok C terdiri dari 336 sel digunakan untuk penjara umum. Blok D terdiri dari 42 sel, dikenal sebagai tempat mengisolasi narapidana yang sukar dikendalikan. Al Capone dan Robert “The Birdman” Stroud pun pernah merasakan blok D ini.

Alcatraz
Penjara di Pulau Alcatraz

3. Siapakah Al Capone? Siapa juga Robert “The Birdman” Stroud?

Sebenarnya banyak narapidana terkenal lainnya yang pernah mendekam di Alcatraz, seperti George “Machine Gun” Kelly, Bumpy Johnson, Rafael Cancel Miranda , Mickey Cohen, Arthur R. “Doc” Barker, James “Whitey” Bulger, dan Alvin “Creepy” Karpis. Namun Al Capone dan Robert “The Birdman” Stroud adalah dua narapidana yang paling terkenal.

Baca juga:  14 Tempat Wisata Paling Romantis di Indonesia
Al Capone
Al Capone

Al Capone (Alphonse Gabriel Capone) adalah gengster di Chicago yang juga seorang penyelundup alkohol (waktu itu alkohol dilarang di Amerika Serikat), pelaku bisnis prostitusi, penyuapan, pembunuhan, dan aktivitas ilegal lainnya. Di sisi lain, dia juga seorang dermawan yang sering melakukan kegiatan amal dari uang yang didapatnya dari aktivitas ilegal tersebut. Di usia 14 tahun, dia pernah dikeluarkan dari sekolah karena memukul gurunya. Al Capone juga pernah terlibat dalam perang antar geng di Chicago yang terkenal dengan sebutan Saint Valentine’s Day Massacre.

Robert “The Birdman” Stroud adalah seorang pembunuh yang terkenal dengan kebrutalannya yang suka berkelahi dengan sesama narapidana lainnya dan juga membunuh petugas penjara. Kecintaannya pada burung membuat dia dikenal sebagai “The Birdman”.

4. Berapa Jumlah Narapidana yang Pernah dipenjara di Alcatraz?

Diperkirakan total narapidana yang pernah dipenjara di Alcatraz dari mulai dibuka sampai dengan ditutup sebanyak 1.576 orang, dengan rata-rata sekitar 260 orang.

5. Pernahkah Ada Narapidana yang Berhasil Kabur dari Alcatraz?

Selama 29 tahun berstatus sebagai penjara federal Amerika Serikat, terjadi 14 percobaan melarikan diri yang dilakukan oleh 36 orang dari Pulau Alcatraz. Kebanyakan percobaan tersebut gagal, ditangkap lagi oleh petugas penjara, dan dikembalikan lagi ke penjara. Beberapa di antara yang mencoba kabur dari penjara akhirnya tewas ditembak mati oleh petugas atau tenggelam di laut. Salah satu cerita terkenal mengenai narapidana Alcatraz yang kabur dan sampai sekarang masih misterius keberadaannya adalah June 1962 Alcatraz escape.

Alcatraz
Pulau kecil di tengah lautan dengan arus yang kuat dan dingin. Apakah ada narapidana yang berhasil kabur dari Alcatraz?

June 1962 Alcatraz escape atau “dummy head” escape adalah perjuangan melarikan diri yang dilakukan oleh Clarence Anglin, John Anglin and Frank Morris dari Pulau Alcatraz. Kisah ini menjadi misterius karena sampai saat ini masih menjadi perdebatan apakah mereka berhasil kabur, atau meninggal dalam pelarian diri. Skenario melarikan dirinya pun sangat unik. Mereka membuat “dummy head” dari sabun, tisu toilet, dan rambut asli yang menyerupai kepala manusia untuk mengelabuhi petugas penjara yang melakukan inspeksi pada malam hari. Ketiga orang tersebut kabur melalui lubang yang mereka buat dengan mengeruk dinding menggunakan sendok selama mereka dipenjara. Kemudian, setelah perjuangan memanjat atap dan pagar, mereka berhasil kabur dengan menggunakan rakit tiup pada malam hari. Namun, apakah mereka benar-benar berhasil kabur atau hilang ditelan ombak sampai sekarang masih misteri. Kisah ini dibukukan dan difilmkan dengan judul yang sama: “Escape from Alcatraz” yang filmnya sendiri dibintangi oleh Clint Eastwood.

Baca juga:  Ta Prohm, Si Candi Tomb Raider

6. Apa yang Membuat Para Narapidana Tersebut Berusaha Kabur dari Alcatraz?

Rasa tidak betah tinggal di penjara tentu saja menjadi alasan utama. Awalnya, sesama narapidana dilarang untuk saling berbicara kecuali pada saat makan dan istirahat. Bisa dibayangkan betapa depresinya tinggal di sebuah sel penjara yang dingin tanpa melakukan apapun dan tidak diperbolehkan ngobrol.

7. Ada kisah menyedihkan dari Alcatraz lainnya?

Delapan narapidana dibunuh oleh narapidana lainnya. Lima narapidana bunuh diri. Limabelas narapidana meninggal secara natural, termasuk karena penyakit.

8. Apakah Alcatraz Memiliki Fasilitas untuk Mengeksekusi Mati Narapidana, Seperti Misalnya Kamar Gas?

Tidak.

Alcatraz
Sisa-sisa reruntuhan bangunan di Alcatraz

9. Berapakah Jumlah Pegawai di Penjara Alcatraz? Apakah Mereka Juga Tinggal di Pulau Alcatraz?

Jumlah pegawai untuk mengurus Alcatraz sebanyak 90 orang dengan shift kerja 8 jam. Banyak di antara mereka yang tinggal di  Pulau Alcatraz, beberapa sisanya tinggal di San Fransisco. Keluarga petugas, berikut anak-anak, pun diperbolehkan tinggal di Pulau Alcatraz karena memang disediakan apartemen dan taman bermain bagi mereka.

10. Apakah Sekarang Alcatraz Masih Digunakan Sebagai Penjara?

Tidak. Sudah sejak lama Alcatraz tidak digunakan lagi sebagai penjara. Narapidana terakhir meninggalkan Alcatraz pada 21 Maret 1963 dan sebulan setelah itu penjara Alcatraz resmi ditutup.

Alcatraz
Alcatraz sekarang

11. Mengapa Penjara Alcatraz ditutup?

Penjara Alcatraz ditutup karena bangunan yang sudah mulai rusak dan tingginya biaya operasi penjara.

12. Akankah Alcatraz Dibuka Lagi Sebagai Penjara?

Sangat kecil kemungkinannya. Alcatraz sekarang berada di bawah kendali National Park Service dan menjadi museum sejarah.

13. Kalau Begitu, Adakah Penjara yang Penjagaannya Superketat (Supermax Prison) Sejenis Lainnya Sebagai Pengganti Alcatraz di Amerika Serikat?

Ada. Namanya Administrative Maximum Facility (ADX) Florence di Florence, negara bagian Colorado yang mempunyai julukan Alcatraz of the Rockies.

Baca juga:  Mencari SKCK Sampai ke Sam Poo Kong, Semarang

14. Bagaimana Cara Turis Supaya Bisa Berkunjung ke Alcatraz?

Alcatraz dapat ditempuh melalui Pier 33 di kota San Francisco, negara bagian California, Amerika Serikat. Untuk bisa masuk ke pulau dan melihat isi dalam pulau beserta sisa-sisa peninggalan Alcatraz, disarankan untuk reservasi beberapa minggu/bulan sebelumnya karena jumlah pengunjung dibatasi. Kalau kapaistas sudah penuh, Anda tidak diperbolehkan masuk ke pulau dan hanya bisa melihat Alcatraz dari kapal saja. Sampai artikel ini diturunkan, tarif Alcatraz tour berkisar antara $30-67 (www.alcatrazcruises.com). Tour tutup pada hari Natal dan tahun baru. Selain Alcatraz, tentu saja kita dapat menikmati megahnya Golden Gate, ikon San Francisco yang letaknya tak jauh dari Pulau Alcatraz.

Alcatraz dan Golden Gate Bridge
Alcatraz dan Golden Gate Bridge

Demikian kisah Alcatraz yang saya dapat dari Alcatraz visitor information dan berbagai sumber lainnya. Bagaimana kisah “Alcatraz” versi Indonesia atau Nusa Kambangan? Hmm… Menarik juga untuk dibahas.

Gambar/Foto Alcatraz Lainnya

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY