Ober Gatlinburg, Theme Park Rasa Pegunungan

1

“What would be ugly in a garden constitutes beauty in a mountain.” – Victor Hugo

Gatlinburg, Tennessee. Ober Gatlinburg mungkin hampir mirip dengan Genting Highland, Malaysia. Dua tempat ini sama-sama terletak di dataran tinggi/pegunungan serta mempunyai wahana permainan outdoor dan indoor. Akan tetapi ada beberapa hal yang membuat tempat ini berbeda. Apakah itu?

Ober Gatlinburg adalah semacam amusement park yang berada di kota Gatlinburg di kaki pegunungan Smoky Mountain, negara bagian Tennessee, Amerika Serikat. Tempat ini menawarkan wisata yang berbeda tergantung musimnya, ski pada musim dingin dan wisata outdoor pada musim panas.

Aerial Tramway

Dari Kota Gatlinburg, kita akan dibawa ke menuju ke tempat resort dengan menggunakan semacam cable car bernama Aerial Tramway. Cable Car ini akan melewati atas hutan pegunungan Smoky Mountain. Selama perjalanan, petugas akan menjelaskan sejarah bangunan-bangunan yang tersembunyi di balik rerimbunan hutan di Smoky Mountain.

Ober Gatlinburg Cable Car
Ober Gatlinburg Cable Car

Selain beberapa rumah dengan bentuk yang sangat unik tampak terlihat dibalik hutan Smoky Mountain, dari atas cable car ini juga tampak terlihat kota Gatlinburg yang berada ditengah hutan belantara Smoky Mountain. Dan tentu saja tampak area pegunungan Smoky Mountain yang membentang luas membentuk cakrawala.

Smoky Mountain
Rumah-rumah yang bersembunyi malu dibalih belantara Smoky Mountain

Chairlift

Dari resort, kita dapat menaiki chairlift menuju ke puncak gunung atau Alpine Slide. Chairlift ini semacam tempat duduk yang membawa kita menuju puncak gunung. Cocok bagi yang malas mendaki, tapi tidak cocok bagi yang fobia ketinggian hehehe. Sesampainya di atas gunung, kita akan difoto dengan kamera otomatis. Di atas gunung tersebut ternyata ada seorang petugas yang berasal dari Makassar, Indonesia lho. Beliau sudah bekerja selama puluhan tahun di sini.

Baca juga:  Pesta Cahaya dan Kembang Api di Cinderella Castle (The Magic Kingdom)
Ober Gatlinburg
Menuju Puncak

Wahana Permainan Outdoor

Beberapa wahana permainan outdoor antara lain Alpine Slide, Amaze’n Maze, Chair Swing, Blue Cyclone Rapids, dan Mini Golf. Dua permainan yang menurut saya sangat menarik karena memacu adrenaline adalah Alpine Slide dan Blue Cyclone Rapids. Alpine Slide merupakan permainan mirip mobil balap yang meluncur dari atas bukit ke bawah. Sedangkan Blue Cyclone Rapids adalah perosotan air dengan kecepatan yang sangat menegangkan.

Wahana permainan indoor di dalam area mall antara lain Ice Skating, Carousel, dan menembak. Lumayan juga waktu itu sempat hujan sehingga ada tempat berteduh sambil bermain ice skating di dalam mall.

Alpine Slide
Alpine Slide, meluncur dari atas bukit menggunakan alat semacam mobil plastik (lihat pojok kanan bawah)

Wildlife Encounter

Selain atraksi permainan diatas, di Ober gatlinburg juga terdapat semacam kebun binatang yang berisi hewan-hewan penghuni Smoky Mountain, seperti Beruang hitam Amerika Utara yang sangat besar, racoon, skunk, berang-berang dan lain sebagainya. Beruang hitam Amerika Utara ini ukurannya sangat besar. Jauh lebih besar dibanding beruang madu. Di sini pula untuk pertama kalinya saya melihat racoon dan skunk hehehe…

North American Black Bear
Beruang Hitam Amerika Utara, penghuni Smoky Mountain

Ingin rasanya mengunjungi Ober Gatlinburg saat musim gugur dan musim salju karena bakal memberi pemandangan yang berbeda. Tapi ya… kita lihat saja nanti.

Gambar/Foto Lengkap Gatlinburg

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY