Wajah yang “Indonesia” itu Seperti Apa Sih?

36

2. Dikira orang Hispanic/Latin/Mexico
Orang Amerika jarang menggunakan gayung. Pertama kali datang ke kosan dan masuk ke kamar mandi, saya langsung bergumam “Wah gak bisa begini caranya guwe hidup tanpa gayung”. Di cuaca yang sangat dingin karena memang sedang musim dingin, saya dan seorang teman pergi ke Publix, sebuah supermarket yang letaknya di dekat kos-kosan saya. Karena capek muter-muter mencari gayung sampai ke setiap sudut supermarket dan hasilnya nihil, kami putuskan untuk bertanya ke salah seorang pegawai di sini. Pas mau ngomong, saya baru nyadar, Bahasa Inggrisnya “gayung”apa ya? Eaaa…
Untungnya di hape terinstal Google Translate. Saya cari arti terjemahan bahasa Inggris “gayung” di situ. Ketemulah bahasa Inggrisnya “gayung” adalah “Bailer”. Dengan percaya diri, saya bertanya ke pegawai tersebut di mana letak “bailer” ini. Petugasnya tidak mengerti dengan apa yang kami ucapkan, padahal saya sudah dengan bahasa tubuh mempraktikkan cara menuang air menggunakan gayung sambil menerangkan “a tool to move water from one place to another place” saking saya juga tidak ngerti mau jelasin gimana lagi. Sepertinya “bailer” bukan bahasa Inggris yang tepat untuk “gayung”. Karena pegawai tersebut putus asa dengan penjelasan kami sama halnya keputusasaan kami mencari gayung yang tak kunjung ketemu, dia memanggil pegawai keturunan Hispanic/Latin. Mungkin dia mengira kami berasal dari negara di Amerika Latin. Pegawai keturunan Hispanic tersebut ngomong ke kami dengan bahasa Latin/Spanyol yang malah makin membuat runyam keadaaan. Kami tidak tahu sama sekali bahasa Latin/Spanyol. Meneketehe cyiin… Akhirnya kami menyerah. Berharap pulang dengan membawa gayung di tangan malah bawa gayung di angan. Beberapa minggu kami terpaksa cebok dengan botol plastik jus yang dibelah jadi dua. Huft…
Teman saya juga sempat syok sewaktu di stasiun kereta api, ada orang Mexico menyapa dia dengan Bahasa Latin/Spanyol “Amigos, bla bla bla maria mercedes pulgoso luis fernandes tralala trilili bla bla bla” (kita gak tau apa yang dia bilang, cuman denger bagian Amigos aja). Semenjak itulah, kami memanggil teman saya dengan panggilan “Holla Amigos!”.

Baca juga:  Skydiving di Ketinggian 14 Ribu Kaki

Halaman selanjutnya, 3. Sempat dikira orang Russia dan China

1
2
3
4
5
SHARE

36 COMMENTS

  1. keren bg, selama ini saya bertanya ke orang2 eropa dan usa melalui chatting random, apakah mereka tau indonesia, dan mereka menjawab “tau” mereka bilang indonesia itu org2 sipit kayak orang cina itu kan O_O

  2. Waktu ke Turki kmren juga selalu dipanggil “Malaysia…Malaysia” gitu. Indonesia ini segitu gak ngetopnya kah. Eh tapi waktu di Bandung dulu jg pernah dikira org Malaysia sihh. Yahh mungkin emang wajah dan gaya berjilbab mirip encik2 Malaysia –“

    • @Dita
      betul juga sih. Wajah melayu dan cara berjilbab orang Malaysia mirip dengan orang Indonesia. Karena lebih populer Malaysia, ya apa boleh buat, banyak yang lebih mengenali Malaysia dibanding Indonesia hahaha
      salam males btw 🙂

  3. oh iya mas, orang nepal dengan indonesia itu mukanya agak mirip2, karena nepal itu rasnya campuran india sama china/himalaya. Jadinya muka mongoid tapi kulit gelap/sawo mateng. Udah deh sama kaya wong jowo kan/melayu. Mknya agak mirip, kita sbgai orang indonesia yg bersuku melayu di sumatera, jawa, bali, ntb, dll juga sangat mirip dengan orang2 asia tenggara sebagian sperti orang kamboja (cambodia) dan myanmar (burma) itu tampang2 mirip bngt sama orang jawa.

    • @Suryo Aryo
      Setuju mas… Memang mirip2 sih krn perbatasan India-China yg mungkin membuat ras blasteran yg disebut Melayu/Asia Tenggara makanya mukanya mirip2 hehehe

  4. waahh wajah asli orang indonesia emang bener2 mirip orang mexico atau hawai..
    hhhh lucu banget sob ceritanya

  5. Maaf, saya dri Malaysia. Saya nak tanya, orang Indonesia ni kebanyakan ada darah campuran ke? Sebab saya keliru lah melihat wajah orang indonesia. Terlalu kepelbagaian. Termasuk nenda saya, org minangkabau dari sumatera. tetapi iras mukanya berbeza. Berbeza dengan Moyang saya, dari sumatera juga, berketurunan Jawa. Mereka warga indonesia, tetapi kulit, ketinggian, warna rambut dan mata sangat berbeza seperti masing2 ada darah campuran. sangat keliru. huhu.Maaf bertanya. Salam dari Malaysia.

    • @Aqeerah
      Hi.. Betul sekali, Indonesia mempunyai kira-kira 1.340 suku bangsa: Ada Jawa, Melayu, Minang, Papua, Sunda, dan sebagainya.
      Banyak yang masih keturunan suku asli, tapi banyak pula yang sudah bercampur.
      Wajah orang Minangkabau dan Jawa memang sedikit berbeda. Mungkin bisa jadi berbeda nenek moyang ataupun percampuran yang berbeda.
      Kemungkinan sih Minang itu asal-usulnya campuran China Selatan-Arab-India. Sedangkan Jawa lebih keturunan Asia Tenggara (China Selatan/Yunan). Itu hanya pendapat saya saja sih.

      salam buat teman-teman di Malaysia 🙂

  6. @ria_widiarto
    Aku orang jawa asli tulen,,len len…hmmm..gk ada blesterannya sama sekalii…hhhhiiiiii…asli indonesia…tp kakakq dapat orang sulawesi anaknya kyak orang arab matanya guedhe bgt orang jawa bilang mblalak-mblalak..hhhee…padahal bapaknya kyk orang cina…bangga jd orang indonesia…

  7. Yg aneh juga saya 3 saudara mukanya cenderung pada arab india mancung” padahal emak bapak pesek. Mungkin keturunan nenek yg campuran india arab kali ya…

    • @Indah jung
      Nah, orang Indonesia ada yang mancung ada yang pesek. Orang luar negeri pasti bingung mendefinisikan wajah Indonesia lha wong orang Indonesia sendiri juga susah mendefinisikan wajah yang ‘Indonesia’ seperti apa hehehe

  8. Saya dari sulawesi selatan , orang bugis… menurut anda karakter muka orang bugis yg lebih menonjol apa ya… ?????soalnya aku lihat diwilayahku org sini muka oriental ada.. .muka arabian ada.. jd bingung nih ente. Emang susah di tebak ya muka org indo…

  9. Aku malah dibilang kayak orang arab sm temen2 dan ada bapaknya temenku bilang mukaku kayak orang arab

  10. Haha… Muka indo iku kok unik banget ya. Padahal jawa asli dari bapak sampe buyut tapi masih aja yang bilang mukaku muka orang cina… Ada juga yang bilang mukaku kyk arab. Hahah

  11. karena indonesia adalah negeri saba (perkumpulan). hampir sepertiga bumi sudah di datangkan oleh nabi Sulaiman/Salomon .

  12. Saya orang Batak rahang saya tegas, Setuju kalo dibilang mirip hispanic,chicano,latinos, karna saya prnah ke bali ada turis dari mexico setelah saya tahu, dia nyamperin trus ngomong “hey ya vato, bla bla bla(espanole speak),dikirain saya satu nenek moyang dari mexico tapi saya jawab pake english dgn aksen hispanic, trus dia bilang you didnt speak spanish? Saya bilang saya sudah lama tinggal di indo pindahan dari chihuahua jadi udah gak lancar spanish, NGARANG!! tapi dia percaya, mungkin wajah saya terlalu mirip hispanic kali ya dia bilang saya mirip Nate Diaz ufc fighter, ternyata dia cuma mau nanya d mna batu belig, cuma pas dia liat saya muka latinos dikirain sodaraan dia, akhirnya dia bilang “adios Vato!!” Sambil angkat topi wkwkwkwkw, wajah emang bisa menipu

  13. Indonesia memang tidak terkenal di luar, bahkan lebih terkenal Laos.
    Mungkin negara ini salah pakai nama negara, mungkin klo namanya Nusantara lebih terkenal.
    Mngkin klo ditny “kmu dri mn ?”, coba di jwb “sy dri pulau jawa, atau pulau sumatra atau pulau kalimantan” mgkn bule lbh tau.

  14. Aku darah batak asli tapi sering dibilang bukan org batak .ada yg bilang org china .ada keturunan bule nya lah .haha sampe nanya keortu ada darah blasteran ga .dan ternyata gaada .satu keluarga tu gaada yg mirip .adek ku yg perempuan juga malah beda banget .kulitnya hitam rambut krting kyk keturunan negro gtu .

LEAVE A REPLY