Dibalik Indahnya Silver Pagoda, Phnom Penh

0

“Make new friends, but keep the old; Those are silver, these are gold.” – Joseph Parry

Jalan-jalan ke Silver Pagoda, Phnom Penh. Satu lagi tempat wisata menarik di Phnom Penh yang saya kunjungi sewaktu jalan-jalan ke Kamboja, yaitu Silver Pagoda. Tempat wisata ini terletak di sebelah Royal Palace. Dalam bahasa Khmer, Silver Pagoda ini bernama Preah Vihear Preah Keo Morakot atau Wat Preah Keo. Di dalam pagoda ini tersimpan patung Buddha yang terbuat dari puluhan kilogram emas dan ribuan permata!

Walaupun ukurannya tak terlalu besar, Silver Pagoda memiliki sesuatu yang luar biasa. Di sini tersimpan patung Buddha yang terbuat dari sekitar 90 kg emas dan 2.086 buah batu permata. Selain itu, Silver Pagoda juga berlantaikan 5.329 ubin perak, Di sekitar pagoda ini juga terdapat taman yang indah dengan bunga teratai di mana-mana.

Gambar Silver Pagoda Phnom Penh Kamboja
Silver Pagoda dengan taman indah di depannya

Stupa Keperak-perakan

Awalnya saya kira sebuah stupa dengan bentuk kerucut berwarna keperak-perakan di sebelah Royal Palace adalah Silver Pagoda, ternyata perkiraan saya salah. Ternyata, stupa tersebut adalah stupa keluarga raja Kamboja jaman dulu. Di sekitar stupa-stupa ini banyak terlihat biksu yang bersembahyang dan melakukan aktivitas keagamaan lainnya.

Stupa pertama adalah Stupa King Ang Doung yang menyimpan abu mendiang Raja Ang Doung. Raja ini adalah pendiri dinasti Kamboja yang sekarang. Di dalam stupa ini terdapat abu mendiang Raja Ang Doung.

Foto Silver Pagoda Phnom Penh Kamboja
Stupa King Ang Doung

Stupa berikutnya Stupa King Norodom. Raja Norodom adalah anak dari Raja Ang Doung. Di dalam stupa ini terdapat patung Raja Norodom yang sedang menunggang kuda yang dibuat di Paris.

Silver Pagoda Phnom Penh Kamboja
Patung Raja Norodom yang sedang berkuda

Stupa ketiga adalah Stupa of King Norodom Suramarit dan Queen Kossomak. Norodom Suramarit adalah raja Kamboja dari tahun 1955-1960. Raja dan ratu ini juga merupakan ayah dari Norodom Sihanouk dan kakek dari raja Kamboja yang sekarang (2013), Norodom Sihamoni.

Baca juga:  Buku "Backpacking 3 Negara 5 Kota: Vietnam - Kamboja - Malaysia" Telah Terbit
Silver Pagoda Phnom Penh Kamboja
Stupa King Suramarit dan Queen Kossomak

Stupa of Princess Kantha Bopha merupakan stupa lain yang berada di sekitar Silver Pagoda. Kantha Bopha adalah putri dari Raja Sihanouk yang meninggal pada tahun 1952 di usia 4 tahun.

Stupa of Princess Kantha Bopha Phnom Penh Kamboja
Para Biksu di dekat Stupa of Princess Kantha Bopha

Jalan-jalan ke Silver Pagoda, Phnom Penh, Kamboja ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan lengkap jalan-jalan ke Silver Pagoda, Phnom Penh, Kamboja bisa dibaca di sini

SHARE

LEAVE A REPLY