Royal Palace, Istana Negara Kamboja yang Elegan

2

“Success consists in being successful, not in having potential for success. Any wide piece of ground is the potential site of a palace, but there’s no palace till it’s built.”- Fernando Pessoa

Jalan-jalan ke Royal Palace, Phnom Penh, Kamboja. Waktu itu, Tuol Sleng adalah incaran kami sewaktu mengunjungi Phnom Penh. Karena masih punya banyak waktu jalan-jalan di kota ini, kami “terpaksa” mencari tempat wisata menarik di Phnom Penh lainnya untuk dikunjungi. Setelah browsing, ternyata ada salah satu obyek wisata terkenal di Phnom Penh yang kami belum pernah tahu sebelumnya. Obyek wisata tersebut adalah Royal Palace. Ternyata, keindahan istana raja Kamboja ini justru melebihi ekspektasi kami sebelumnya!

Royal Palace adalah sebuah kompleks kerajaan yang berwarna keemasan dan dihuni raja-raja Kamboja sejak tahun 1860. Dalam bahasa Khmer, istana ini disebut Preah Barum Reachea Veang Chaktomuk. Pengunjung dapat menikmati keindahan kompleks istana raja dengan arsitektur bangunan megah khas Kamboja yang bersih dan terawat.

Royal Palace Flower
Entah bunga apa namanya, yang jelas bunga ini menarik perhatian banyak pengunjung di Royal Palace

Royal Palace mempunyai beberapa bangunan yang masing-masing mempunyai karakteristik yang khas dan mempunyai desain yang sangat indah. Nama bangunan-bangunan yang terkenal di Royal Palace antara lain Preah Thineang Dheva Vinnichay (Throne Hall), Preah Thineang Chan Chhaya (Moonlight Pavilion), dan Prasat Khemarin (Khemarin Palace). Di sini juga terdapat bangunan lain dengan ukuran yang lebih kecil, antara lain Hor Samran Phirun, Hor Samrith Phimean, Damnak Chan, Phochani Pavilion (Dance hall), Serey Monkol Pavilion (Royal Conference Hall), King Jayavarman VII Pavilion, Vihear Suor (Royal Chapel), Villa Kantha Bopha, Villa Chumpou, dan Villa Sahametrei.

Throne Hall
Throne Hall adalah bangunan utama di kawasan Royal Palace. Bangunan ini digunakan untuk kegiatan para staf kerajaan. Selain itu, Throne Hall juga digunakan untuk kegiatan kerajaan lainnya, seperti upacara penobatan, upacara pernikahan, dan kegiatan lainnya. Bangunan aslinya telah dihancurkan. Bangunan yang berdiri sekarang adalah bangunan yang dibangun ulang pada tahun 1917.

Baca juga:  Anak Gaul Pasar Santa
Throne Hall Royal Palace Phnom Penh Cambodia
Throne Hall yang megah dengan warna keemasannya

Moonlight Pavilion

Moonlight Pavilion digunakan sebagai panggung tari. Bentuk bangunan ini mirip dengan Throne Hall, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Moonlight Pavilion juga mengalami perubahan dari bangunan awalnya yang terbuat dari kayu seperti halnya Throne Hall. Namun demikian, desain bangunan hampir mirip dengan bangunan awal dan tetap cantik dengan warna keemasannya.

Khemarin Palace

Khemarin palace adalah tempat tinggal raja Kamboja. Bangunan ini terletak di dekat Throne Hall dan terpisah dari bangunan-bangunan lain di kawasan Royal Palace.

Pochani Pavilion

Phochani Pavilion dibangun pada tahun 1912. Bangunan ini awalnya digunakan untuk aula tempat menari. Sekarang, Pochani Pavilion digunakan untuk resepsi dan pertemuan kerajaan.

phochani pavilion royal palace phnom penh cambodia
Phochani Pavilion. Salah satu bangunan cantik di Royal Palace lainnya

Transportasi

Mr. Nara, pengemudi tuk-tuk asli Kamboja inilah yang membuat jalan-jalan di Phnom Penh ini terlaksana. Beliau adalah pengemudi tuk-tuk yang mengantarkan kami menuju tempat-tempat wisata menarik di Phnom Penh.  Sewaktu kami beri Tolak Angin dan uang rupiah sebagai oleh-oleh dan kenang-kenangan dari Indonesia, dia langsung berkaca-kaca sembari bilang “This is for my son.” Ohh… so sweet…

Tuk tuk Phnom Penh Kamboja
Mr Nara bersama tuk-tuknya

Jalan-jalan ke Royal Palace, Phnom Penh, Kamboja ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan lengkap jalan-jalan ke Royal Palace, Phnom Penh, Kamboja bisa dibaca di sini

SHARE

2 COMMENTS

  1. Nama bunga di foto adalah cannonball flower, bunga yang sama tumbuh di vihara dekat Candi Mendut dan Hutan Botani di Penang. 🙂
    Salam kenal kawan….

    • @Halim
      Salam kenal juga Mas Halim.. wah.. makasih banyak infonya… Nama bunganya Cannonball ternyata hehehe 🙂

LEAVE A REPLY