Bayon, Candi Seribu Wajah

2

“God has given you one face, and you make yourself another.” – William Shakespeare

Bayon, Angkor. Sewaktu jalan-jalan ke Angkor Thom, Siem Reap, Kamboja, ada salah satu candi yang sangat menarik perhatian kami. Candi ini berukuran besar dan tampak sangat tua. Selain itu, candi ini memiliki wajah yang banyak. Awalnya kami tidak tahu nama candi ini, bahkan sampai kembali ke Indonesia pun kami masih juga tak tahu nama candi ini. Walaupun sebenarnya bisa saja bertanya atau melihat peta untuk mencari tahu nama candi ini, tapi foto-foto narsis tampaknya lebih menarik bagi kami deh, soalnya banyak spot menarik untuk bernarsis ria di sini hehehe… Ternyata, nama candi yang mempunyai relief wajah manusia ini adalah Bayon. Berikut adalah informasi Bayon yang didapat dari beberapa sumber.

Sejarah Singkat

Bayon adalah salah satu candi terkenal di Angkor, Siem Reap, Kamboja. Perebutan kekuasaan di Angkor membuat candi-candi di sini berubah status keagamaan antara candi Hindu dan candi Buddha. Candi Bayon sebagai bagian dari Angkor Thom juga tak lepas dari perpindahan status ini. Bayon awalnya adalah candi Buddha yang dibangun antara abad ke-12 sampai abad ke-13 pada masa Raja Jayavarman VII. Pada masa pemerintahan berikutnya, yaitu pada masa Raja Jayavarman VIII, Bayon diubah menjadi candi Hindu. Perpindahan kekuasaan selanjutnya membuat candi ini kembali lagi menjadi candi Buddha sampai dengan sekarang.

Bayon Angkor Thom Wat
Suasana di dalam Candi Bayon

Relief Wajah Manusia

Sebutan “candi seribu wajah” sebenarnya hanya kiasan saja kok. Bukan berarti bahwa Bayon selalu berubah penampakannya, tapi memiliki banyak sekali wajah dalam arti sebenarnya. Yup, relief wajah manusia dalam ukuran raksasa dalam jumlah yang banyak. Tak berarti juga relief wajah manusia di candi tersebut berjumlah ribuan. Menurut informasi, jumlah relief wajah manusia yang berukuran raksasa di Bayon “hanya” 200-an relief saja. Walaupun “hanya” mempunyai 200-an relief wajah manusia yang berukuran raksasa, Bayon tetaplah sangat unik mengingat jarang ada candi yang mempunyai relief raksasa wajah manusia dengan jumlah sebanyak itu. Banyak ahli yang berpendapat bahwa wajah tersebut menggambarkan Raja Jayavarman VII sendiri. Sementara ahli lain menyebutkan bahwa wajah tersebut menggambarkan Avalokitesvara atau Lokesvara.

Baca juga:  Ober Gatlinburg, Theme Park Rasa Pegunungan
Bayon, Angkor Thom, Kamboja
Bandingkan ukuran raksasa relief wajah dan orang dibawahnya

Relief-relief lain yang menghiasi candi ini juga menggambarkan kehidupan masa lalu Kerajaan Khmer. Relief-relief tersebut antara lain menggambarkan pertempuran, suasana di pasar, dan kejadian-kejadian lainnya masa di masa lalu. Selain itu, juga terdapat relief Syiwa, Wisnu, Brahma, Apsara, Rahwana, dan Garuda. Relief candi seperti inilah yang selalu membuat saya kagum, karena diukir di batu dengan teknologi seadanya dan hasil yang luar biasa indah.

Bayon, Angkor Thom, Kamboja
Candi Bayon yang cantik

Jalan-jalan ke Bayon, Angkor, Kamboja ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan lengkap jalan-jalan ke Candi Bayon, Angkor, Siem Reap, Kamboja bisa dibaca di sini

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY