Angkor Wat, Candi Hindu Terbesar di Dunia?

0

Mengejar Sunrise di Angkor Wat

Ini adalah saat-saat yang ditunggu banyak orang, yaitu melihat sunrise di balik Angkor Wat. Siluet candi yang indah dan pantulan bayangan Angkor Wat di atas telaga yang ditumbuhi bunga teratai benar-benar membuat pemandangan menjadi sangat eksotis. Semakin siang, aura kecantikan Angkor Wat ini tak juga pudar karena siluet tersebut berangsur-angsur berubah menjadi warna-warni biru langit, hijau telaga,  merah bunga teratai, dan tak lupa, candi Angkor Wat itu sendiri.

Angkor Wat Sunrise
Sunrise di Angkor Wat

Bakan

Bakan adalah puncak candi Angkor Wat. Di atas candi ini kita juga dapat melihat relief dan patung-patung Angkor Wat yang cantik. Dari atas sini pula kita dapat melihat sekeliling Angkor Wat. Desain Bakan ini sangat khas, berbentuk mengerucut ke atas khas candi Hindu pada umumnya.

Bakan Angkor Wat
Bakan, puncak Angkor Wat. Bandingkan tingginya dengan orang yang berdiri di depannya

Oleh-oleh dari Angkor Wat

Di dekat candi Angkor Wat, banyak para penjual cinderamata yang harganya sangat murah. Mulai dari kaos sampai dengan sutra. Waktu itu, kami membeli beberapa helai selendang sutra dengan harga yang sangat murah. Tentu saja dengan terlebih dahulu tawar-menawar dengan penjualnya. Mereka sangat ramah dan terbuka untuk tawar menawar barang dagangannya. Beberapa pedagang memang lumayan mengganggu karena mendekati para wisatawan untuk menawarkan souvenirnya, namun kita bisa menolaknya secara halus dan mereka juga tidak akan memaksa kita untuk membeli kok.

Candi Hindu Terbesar?

Walaupun Guinness World of Record mencatat BAPS Swaminarayan Akshardham sebagai candi Hindu terbesar di dunia pada 6 November 2005, ada beberapa pihak yang meganggap bahwa candi Hindu terbesar di dunia adalah Angkor Wat. Kalau kita telusuri, Candi Angkor Wat pada awalnya dibangun untuk umat Hindu, kemudian terjadi perpidahan kekuasaan dan menjadi candi Buddha sampai sekarang. Hal ini membuat status candi Hindu terbesar ini menjadi rancu, apakah Angkor Wat bisa dikategorikan Candi Hindu atau Buddha. Yang jelas, Angkor Wat tetaplah menjadi salah satu mahakarya manusia yang sangat besar, megah, dan luar biasa indah.

Jalan-jalan ke Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan lengkap jalan-jalan ke Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja bisa dibaca di sini

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY