Angkor Wat, Candi Hindu Terbesar di Dunia?

0

“Your daily life is your temple and your religion. When you enter into it take with you your all.” – Khalil Gibran

Jalan-jalan ke Angkor Wat. Awalnya saya kira Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di dunia mengingat ukuran candi yang berada di Jogja tersebut sangat besar. Ternyata perkiraan saya salah. Ada banyak candi Hindu yang ukurannya lebih besar dari Candi Prambanan. Candi Hindu terbesar di dunia yang diyakini oleh banyak kalangan adalah Angkor Wat. Bahkan Angkor Wat ini juga disebut-sebut sebagai “world largest religious building” atau bangunan keagamaan terbesar di dunia. Benarkah demikian?

Ini adalah tujuan utama kami backpacker ke Kamboja, yaitu untuk menyaksikan icon pariwisata Kamboja, yaitu Candi Angkor Wat. Candi ini telah menjadi simbol Kamboja. Kalau kita lihat bendera Kamboja, ditengahnya terdapat gambar candi ini. Bangunan khas Kamboja juga sering menggunakan ornamen Angkor Wat sebagai identitasnya. Belum lagi cindera mata yang berbentuk atau menggambarkan candi Candi Angkor Wat.

Lokasi Angkor Wat

Angkor Wat terletak di Provinsi Siem Reap, tak jauh dari Kota Siem Reap, Kamboja. Meskipun ibukota Kamboja adalah Pnom Penh, keramaian kota Siem Reap tak kalah dengan ibukota Kamboja tersebut karena kepopuleran Angkor Wat, yang telah membawa banyak wisatawan mengunjungi kota Siem Reap. Bahkan, dari total wisatawan asing yang datang ke Kamboja, hampir setengahnya datang ke kota Siem Reap. Apalagi kalau bukan untuk mengunjungi candi-candi di kawasan Angkor. Selain itu, kota ini juga menjadi tempat persinggahan terdekat bagi wisatawan untuk mencari tempat hiburan dan penginapan di Siem Reap ketika mereka mengunjungi Angkor Wat.

Sejarah Singkat Angkor Wat

Baca juga:  Sedikit Waktu Untuk Melihat Sang Ikon: Menara Kembar Petronas

Nama Angkor Wat berarti “Kota Candi”. Candi ini dibangun oleh Raja Suryavarman II pada abad ke-12 di Yasodharapura, ibukota kerajaan Khmer saat itu, yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu. Dulunya, candi Angkor Wat ini bernama Preah Pisnulok. Pada abad ke-13, Angkor Wat secara bertahap berpindah dari candi Hindu ke candi Buddha.

ANgkor Wat
Kondisi di dalam Angkor Wat

Bangunan Angkor Wat terbuat dari tumpukan batu-batu besar. Seperti candi-candi pada umumnya, dinding Angkor Wat juga di hiasi dengan relief yang menggambarkan kehidupan masa lalu. Selain itu, juga terdapat patung-patung yang dipahat dengan sangat detail.

Halaman selanjutnya, apa sih yang menarik di Angkor Wat?

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY