Ta Prohm, Si Candi Tomb Raider

1

“A tomb now suffices him for whom the whole world was not sufficient.” – Alexander the Great

Ta Prohm. Anda pernah menonton film Lara Croft: Tomb Raider yang diperankan oleh Angelina Jolie? Salah satu lokasi syuting yang digunakan dalam film tersebut adalah candi Ta Prohm. Dalam film tersebut, Lara Croft tampak sedang menelusuri reruntuhan candi tua dengan akar-akar pohon raksasa yang “mencengkeram” candi-candi di dalam rimbunnya hutan. Untuk sekedar mengingat, tak salah jika melihat sedikit cuplikan film Lara Croft: Tomb Raider di sini. Seperti apa sih candi Ta Prohm itu?

Setelah jalan-jalan ke Ho CHi Minh dan Mui Ne di Vietnam, mengapa tidak dilanjutkan ke Kamboja sekalian. Toh jarak Ho Chi Minh ke Kamboja lumayan dekat. Selain mengunjungi ikon wisata Kamboja, yaitu Angkor Wat, alasan kami yang lain adalah ingin mengunjungi Ta Prohm. Apalagi kalau bukan gara-gara “racun” film Lara Croft: Tomb Raider tersebut.

Sejarah Candi Ta Prohm, Angkor

Ta Prohm adalah nama sebuah candi di Angkor, Siem Reap, Kamboja. Ta Prohm telah masuk sebagai Daftar Warisan Dunia (World Heritage Site) UNESCO pada tahun 1992. Candi ini dibangun antara abad ke-12 sampai abad ke-13 oleh Raja Khmer Jayavarman VII dengan nama awal Rajavihara. Setelah jatuhnya kekaisaran Khmer di abad ke-15, Ta Prohm ditinggalkan dan diabaikan selama berabad-abad sampai akhirnya direstorasi oleh beberapa lembaga yang bergerak dalam bidang arkeologi. Walaupun sudah direstorasi, keunikan Ta Prohm ini sepertinya masih tetap dipertahankan. Apa saja keunikan Ta Prohm?

Ta Prohm Siem Reap Kamboja
Candi atau kuil Ta Prohm yang eksotis

Keunikan Ta Prohm

Ada beberapa keunikan Ta Prohm dibanding candi lain di Angkor, Siem Reap. Pertama, candi ini berwarna hijau. Warna ini bukan disebabkan oleh cat, melainkan karena candi tersebut ditumbuhi lumut. Kesan tua, rapuh, dan mistis benar-benar terasa di area Ta Prohm. Selain karena candi-candi yang berlumut dan beberapa bangunan tampak seperti mau runtuh, juga pepohonan yang rindang di sini membuat suasana di kawasan Ta Prohm menjadi agak gelap karena kurangnya cahaya matahari. Yup, beda dengan candi-candi lainnya yang berada pada lahan terbuka terbuka, candi Ta Prohm ini seperti berada di dalam hutan.

Baca juga:  Jebakan Batman Hotel Kapsul di Tokyo, Jepang!
Ta Phrom
Candi hijau

Keunikan kedua adalah candi ini “dijajah” oleh akar-akar pohon raksasa, seperti pohon Banyan, Randu (kapuk), dan Fig. Bahkan, beberapa akar yang melilit candi tersebut menyerupai ulah raksasa. Wajar memang tempat ini dijadikan lokasi syuting Tomb Raider (yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan Penjarah Kuburan). Pohon-pohon raksasa ini benar-benar “menjarah” bangunan yang ada di sini. Namun, justru karena “penjarahan” inilah, candi Ta Prohm menjadi tampak unik dan eksotis.

Ta Prohm Siem Reap
Akar pohon yang melilit candi seperti ular

Satu hal yang masih menjadi perbincangan adalah salah satu relief di candi Ta Prohm. Relief tersebut menggambarkan salah satu jenis dinosaurus, yaitu Stegosaurus. Ada beberapa yang meyakininya, namun ada pula yang berpendapat bahwa relief tersebut bisa jadi hanya menggambarkan badak, bunglon, atau binatang lainnya.

Jalan-jalan ke Ta Prohm, Kamboja ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan lengkap jalan-jalan ke Ta Prohm, Siem Reap, Kamboja bisa dibaca di sini

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY