Padang Pasir Putih di Mui Ne

2

“The desert has its holiness of silence, the crowd its holiness of conversation.” – Walter Elliot

Jalan-jalan ke Mui Ne, Vietnam. Masih dari seri Backpacking ke 3 Negara 5 Kota dan sebelumnya telah mengunjungi padang pasir merah, sekarang saatnya kami mengunjungi padang pasir lainnya di Mui Ne. Kali ini kami mengunjungi padang pasir putih (white sand dunes). Awalnya kami tidak tahu kalau di Mui Ne juga ada padang pasir lain selain padang pasir merah (red sand dunes). Ternyata ada juga padang pasir putih. Kalau berdekatan bisa jadi warna bendera Indonesia tuh hahaha… Seperti apa ya kira-kira padang pasir putih (white sand dunes) di Mui ne ini?

Padang Pasir Putih (White Sand Dunes)

Gurun pasir (sand dunes) yang berada di wilayah Mui Ne menjadi daya tarik wisata yang terkenal sampai mancanegara. Dalam perjalanan menuju sand dunes tersebut, kita juga dapat melihat banyak sekali gundukan-gundukan pasir yang membentuk bukit-bukit pasir di sepanjang pesisir Pantai Mui Ne. Sungguh pemandangan yang jarang kita jumpai di Indonesia.

Hampir sama dengan Red Sand Dunes, White Sand Dunes juga merupakan padang pasir yang lumayan luas di Mui Ne. Bedanya, White Sand Dunes berpasir putih. Hal inilah yang membuat White Sand Dunes menjadi unik. Pasir putih yang biasa kita lihat di pantai, sekarang terletak di tengah daratan dan membentuk padang pasir.

White Sand Dunes ini cenderung lebih sepi dibanding Red Sand Dunes. Saat itu, di sana hanya ada saya, rombongan, dan sepasang calon pengantin yang sedang melakukan pemotretan untuk prewedding. Dan, jika lelah, kita bisa memesan es kelapa muda di kedai yang berjualan di dekat White Sand Dunes. Atau mau nyoba prewedding di sini?

Baca juga:  Snorkeling di Pulau Pari
Mui Ne
Secercah harapan bagi rumput ini untuk tetap bertahan hidup di padang pasir putih Mui Ne

 

“Oase” di Gurun Pasir

Tak jauh dari White Sand Dunes ini, terdapat telaga indah mirip oase di padang pasir karena terletak di pinggir gurun pasir putih. Oleh karena itu, telaga ini dinamakan White Lake atau Bau Trang dalam bahasa Vietnam. Bukan berarti air telaga ini berwarna putih lho ya, ntar namanya jadi telaga susu lagi hehehe… Mungkin karena kebetulan dekat dengan padang pasir putih?

Dari kejauhan, gurun pasir putih ini tampak seperti bukit pasir di samping telaga sunyi. Sangat eksotis menurut saya. Apalagi waktu itu langit sedang cerah dengan kombinasi awan yang lembut, membuat pemandangan gurun pasir putih ini makin tambah cantik.

Mui Ne Vietnam
Padang pasir putih Mui Ne dari kejauhan

Jalan-jalan ke White Sand Dunes Mui Ne, Vietnam ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan Lengkap jalan-jalan ke Mui Ne, Vietnam bisa dibaca di sini

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY