Padang Pasir Merah di Mui Ne

0

“Rebellion without truth is like spring in a bleak, arid desert.” – Khalil Gibran

Jalan-jalan ke Mui Ne, Vietnam. Setelah jalan-jalan ke Ho Chi Minh, Backpacking ke 3 Negara 5 Kota kami lanjutkan ke kota kecil di Vietnam yang bernama Mui Ne. Kota ini hanya berjarak 5 jam dari Ho Chi Minh City. Tujuan kami ke sini adalah karena ingin melihat gurun pasir merah (red sand dunes). Foto-foto gurun pasir Mui Ne di Vietnam ini benar-benar membuat kami terpesona dan ingin mengunjunginya. Ya maklum, guweh kan wong ndeso yang ndak pernah nginjek padang pasir, kecuali padang pasir Bromo dan Parangtritis hehehe… Seperti apa sih padang pasir merah (red sand dunes) Mui ne itu?

Perjalanan ke Mui Ne

Sepanjang jalan dari Ho Chi Minh menuju Mui Ne, saya merasa sangat tidak asing lagi pemandangannya. Tipikal rumah penduduk di sini mirip banget dengan Indonesia. Hanya saja, pada malam hari lampu-lampu rumah mati semua, sehingga gelap gulita, beda dengan rumah-rumah di Indonesia yang menyalakan lampu di luar rumah.

Tiba di Mui Ne masih larut malam, sekitar jam 01.45. Penginapan pun belum dihubungi. Untung sopir mobil yang kami sewa tahu penginapan di Mui Ne. Sewa mobilnya lho ya, bukan sewa bapak sopirnya hehehe.. Kesannya gimana gichuw.. Dan masalah tentang penginapan pun beres. Selanjutnya, kami pun tidur nyenyak sebelum berangkat subuh-subuh untuk mengejar sunrise di padang pasir merah (red sand dunes). Dan tau gak, kalau ternyata penginapan kami di Mui Ne berada persis di pinggir pantai. Karena tiba malam hari, saya tidak menyadari sebelumnya kalau penginapan yang kami singgahi berada persis di pinggir pantai hehehe… Ada hammock di dekat pantainya pula buat leyeh-leyeh… Ajiibbb…

Baca juga:  Angkor Wat, Candi Hindu Terbesar di Dunia?

Sewa Jeep

Bangun sangat subuh karena ingin mengejar sunrise di Mui Ne, berangkatlah kami tour keliling Mui Ne dengan menggunakan jeep sewaan. Masih gelap memang. Jadi hanya hitam yang tampak menghilangkan warna-warni dunia (halah). Pulangnya, kami baru menyadari bahwa sepanjang jalan yang kami lewati saat subuh tadi ternyata memiliki pemandangan yang keren yang tak pernah saya lihat sebelumnya, yaitu bukit-bukit pasir yang sangat luas dan masif. Selain itu, pantai-pantai di Mui Ne juga sangat indah dengan pasir putih dan garis pantai yang panjang.

Mui Ne
Sunrise di padang pasir merah Mui Ne

Padang Pasir Merah

Okay kembali lagi ke padang pasir merah. Sangat unik sekali di negara tropis terdapat gurun pasir. Hujan ada, tanaman tropis juga banyak. Tapi kenapa terdapat gurun pasir dan perbukitan pasir di Mui Ne? Ketika saya tanya ke penduduk setempat yang saya temui pun, mereka juga tidak tau mengapa. Entah mereka tidak tahu beneran, atau karena tidak bisa bahasa Inggris, yang jelas sampai saat ini sejarah padang pasir merah ini masih menjadi misteri bagi saya.

Perosotan di Gurun Pasir

Banyak sekali penduduk, terutama anak-anak kecil, yang menyewakan papan buat perosotan di gurun. Mereka mendatangi kita untuk menawarkan jasa perosotannya. Cukup bilang “no” kalau tidak mau karena mereka sudah mengerti Bahasa Inggris. Atau kalau Anda ingin mencoba juga tidak masalah karena kelihatannya asyik perosotan di gurun pasir. Waktu itu, kami hanya bernarsis-narsis ria di sini karena keterbatasan waktu. Sopir jeep kami sudah menunggu terlalu lama di tempat parkir sana bo’ karena kitanya yang kelamaan narsis di gurun pasir hahaha…

Mui Ne Vietnam
Perosotan di padang pasir Mui Ne

Sarapan Pagi di Mui Ne

Karena tak sempat sarapan pagi di hotel di Mui Ne, kami pun membeli sarapan yang dijual oleh penduduk sekitar sini. Mereka menggelar dagangannya di pinggir padang pasir, sehingga tak perlu jauh-jauh dari padang pasir untuk merasakan sarapan khas Mui Ne ini. Rasanya? Ya seperti pho yang biasa kita makan di restoran-restoran Vietnam. Tapi rada pedas dan unik.

Baca juga:  Yulai-yulai di Ho Chi Minh
Mui Ne  Vietnam
Sarapan di Mui Ne, Vietnam

Jalan-jalan ke Red Sand Dunes Mui Ne, Vietnam ini merupakan bagian perjalanan saya ke 5 kota di 3 negara: Vietnam, Kamboja, Malaysia. Panduan Lengkap jalan-jalan ke Mui Ne, Vietnam bisa dibaca di sini

SHARE

LEAVE A REPLY