Wisata Pencakar Langit di Jakarta

5

“We shape our buildings; thereafter they shape us.” – Winston Churchill

Enjoy Jakarta. Ada satu hobi yang selalu saya lakukan ketika berkunjung ke Daerah Khusus Ibukota Jakarta (untuk selanjutnya kita sebut Jakarta saja ya). Hobi ini pun dulu juga sering saya lakukan di Jakarta ketika saya masih tinggal di kawasan Jabotabek. Di kala senggang, saya selalu sempatkan untuk berkeliling Jakarta untuk melampiaskan kegemaran saya ini. Hobi tersebut adalah berburu foto gedung-gedung pencakar langit (highrises dan skyscrapers) dan foto deretan gedung-gedung pencakar langit yang membentuk city skyline.

Para pecinta gedung-gedung bertingkat seperti saya ini jumlahnya tidaklah sedikit. Mereka mempunyai forum online yang sangat besar, skyscrapercity.com, yang menempati ranking 24 di big-boards. Peringkat ini bahkan sangat jauh di atas forum-forum wisata dan forum online terkenal lainnya. Banyak forumer dari seluruh dunia yang menyukai gedung-gedung bertingkat dan city skyline Jakarta. Inilah potensi wisata Jakarta yang sungguh luar biasa besar karena Jakarta memiliki beragam gedung-gedung pencakar langit yang mengagumkan.

Rekreasi menikmati gedung-gedung bertingkat seperti ini sangat jarang bisa saya rasakan di kota lain. Saya pernah berkunjung ke beberapa kota di Indonesia dan di luar negeri. Namun, kecantikan gedung-gedung bertingkat di Jakarta ini susah saya temukan di kota-kota yang pernah saya kunjungi tersebut. Kecantikan gedung-gedung di Jakarta ini juga menjadi magnet bagi saya untuk kembali lagi ke Jakarta. Beberapa kota di luar negeri boleh memiliki gedung pencakar langit dengan jumlah yang banyak, namun bagaimana dengan desainnya? Jakarta punya keunggulan di sini.

1. Beautiful Highrises and Skyscrapers

Banyak bangunan tinggi (highrise) dan pencakar langit (skyscraper) di Jakarta yang mempunyai desain yang unik dan cantik. Sebut saja Bakrie Tower yang memiliki desain mirip sisik reptil, Menara UOB dengan desain asimetrisnya,  Menara BNI 46 (gedung tertinggi di Indonesia saat ini) yang puncaknya mirip dengan layar kapal, dan gedung-gedung berdesain unik lainnya. Tentu saja kalau membicarakan bangunan pencakar langit, kita tidak bisa melupakan legenda bangunan tinggi Jakarta yang dibangun pada 17 Agustus 1961, yaitu Tugu Monas. Pernah menemukan menara yang tinggi dengan puncak yang dilapisi emas selain Tugu Monas?

Baca juga:  Berjalan di Bawah Laut Nusa Lembongan
Jakarta Skyscrapers
Para pencakar langit Jakarta

Seolah menjadi museum raksasa terbuka, kota Jakarta memiliki koleksi bangunan pencakar langit yang akan terus bertambah. Gedung-gedung baru yang masih dalam proses pengajuan/pembangunan dan bakal menjadi ikon baru Jakarta di masa depan misalnya Jakarta Tower, Signature Tower, dan Menara Peruri 88 yang tidak hanya masuk kategori highrise building (gedung dengan ketinggian 100-199m) atau skyscraper (200-299m) saja, namun sudah masuk kategori supertall (di atas 300m)! Belum lagi beberapa kawasan gedung terpadu (superblock) seperti Ciputra World Jakarta, Thamrin City Superblock, Sentra Timur Superblock, dan superblock lainnya. Wow…  Can’t wait to see Jakarta in the future, right?

2. Wonderful Skyline

Nah, deretan gedung-gedung bertingkat di Jakarta tersebut jika dilihat dari jarak jauh akan membentuk skyline perkotaan yang cantik. Lagi-lagi Jakarta memiliki kelebihan di sini. Jakarta tampak begitu modern dengan skyline yang dihias gedung-gedung bertingkat yang tak kalah indah dengan kota-kota metropolitan di negara-negara maju. Deretan gedung-gedung tinggi di kawasan segitiga emas Sudirman-Thamrin-Kuningan misalnya, yang membentuk skyline yang sangat indah dengan sebaran memanjang yang merata dan sangat padat. Kawasan segitiga emas tersebut memang memiliki pemandangan skyline Jakarta yang terbaik menurut saya. Di kawasan lain di ibukota ini pun juga memiliki skyline yang tak kalah indah, misalnya skyline di kawasan Ancol dan Regatta Tower yang berpadu dengan indahnya cakrawala dari lautan, skyline kawasan sepanjang Jalan Gatot Subroto, dan skyline di beberapa kawasan lainnya di Jakarta.

Jakarta Skyline
Foto skyline Jakarta yang saya ambil dari kawasan Pasar Senen, Gelora Bung Karno, Semanggi, dan Kuningan Jakarta

Kecantikan skyline Jakarta ini akan lebih memukau lagi ketika ada event besar seperti Malam Tahun Baru. Pada malam hari menjelang pergantian tahun baru, cobalah naik ke bangunan tanpa atap yang terbuka di Jakarta – hanya ada langit di atas kepala kita dan gedung-gedung tinggi di sekeliling kita. Di sinilah kita akan merasakan aura kemegahan Jakarta. Kita bisa melihat skyline Jakarta yang dihiasi gemerlap kembang api berbagai warna dengan sudut pandang 360°!

Baca juga:  Surga Bawah Laut Kangean yang Bikin Kangen
JakartaFirework
Skyline Jakarta saat malam tahun baru

Rekreasi menikmati gedung-gedung bertingkat di ibukota Republik Indonesia ini tergolong sangat murah biayanya. Cukup gunakan Transjakarta untuk menuju ke spot/lokasi pemotretan yang diinginkan, misalnya di Mall Grand Indonesia, Plaza Semanggi, Gelora Bung Karno, dan lain sebagainya. Bahkan, di atas jembatan penyeberangan di shelter-shelter Transjakarta pun kita bisa menikmati indahnya gedung-gedung highrises, skyscrapers, dan skyline Jakarta lho. Hanya dengan membayar tiket bus Transjakarta seharga Rp.3.500, kita sudah bisa berkeliling Jakarta dan menentukan sendiri lokasi yang tepat untuk mengabadikan keindahan skyscraper dan skyline ini. Sungguh alternatif wisata yang tak menguras isi kantong bukan?

Kadang saya berpikir bahwa inilah kelebihan Jakarta yang jelas-jelas ada di depan mata yang seringkali kita tidak pernah menyadarinya. Jangan kaget kalau peringkat skyline Jakarta sering masuk TOP 100 dunia. Bahkan, sampai tulisan ini diterbitkan, skyline Jakarta menempati peringkat 10 dunia menurut survei skyscrapercity.com ini. Mungkin Anda tertarik untuk berkreasi dan berekreasi untuk berburu foto skyline Jakarta dan menunjukkan karya-karya Anda kepada dunia? Saya ucapkan selamat berpetualang di belantara pencakar langit dan Enjoy Jakarta! 🙂

SHARE

5 COMMENTS

  1. Awesome 🙂 Di Jakarta ada ga gedung yang kita bisa naik ke paling atasnya? wisata skyscraper gitu… klo ada caranya gimana?
    -Thank you.

LEAVE A REPLY