Pantai Pok Tunggal: Penasaran dengan Si Bonsai Laut

2

“Character is like a tree and reputation like a shadow. The shadow is what we think of it; the tree is the real thing.” – Abraham Lincoln

Pantai Pok Tunggal. Jogja. Sewaktu melihat salah satu subforum di sebuah forum yang mempunyai tagline “largest Indonesian community”, saya melihat suatu thread dengan judul Pantai Pok Tunggal. Sebuah nama pantai yang unik yang membuat saya penasaran untuk membukanya. Setelah saya buka thread tersebut, ternyata pantai ini terletak di Wonosari, Gunung Kidul, Jogja. Padahal selama saya berkunjung ke pantai-pantai di Wonosari belum pernah mendengar nama Pantai Pok Tunggal, apalagi mengunjunginya. Pantai ini pun menjadi populer lantaran sebuah pohon miring yang mirip bonsai di pinggir pantainya yang turut mempercantik pemandangan Pantai Pok Tunggal.

Apakah Pok Tunggal atau Poh Tunggal, saya pun juga tidak tahu nama sebenarnya pantai ini. Konon nama ini berasal dari nama pohon yang tumbuh sendirian yang mirip bonsai tersebut, Pohon Pok atau Poh.

Pantai Pok Tunggal terletak di Wonosari, Gunung Kidul, Jogja. Lokasi persisnya adalah setelah Pantai Sundak/Indrayanti kalau berangkat dari arah barat. Dari jalan raya beraspal, masih masuk ke dalam jalan kecil yang lumayan jauh dengan kondisi yang belum beraspal. Dalam beberapa bulan ke depan mungkin akan di aspal kali ya karena saya lihat beberapa jalan menuju pantai yang dulu belum diaspal sekarang sudah diaspal.

Jalan menuju pantai Pok Tunggal ini hanya bisa dilewati 1 mobil sehingga agak menyusahkan juga ketika ada mobil yang berpapasan dari arah sebaliknya. Dan benar saja, sewaktu ke sini, mobil kami berpapasan dengan sebuah truk. Kalau sudah seperti ini, salah satu harus ada yang mau mengalah untuk memundurkan mobilnya ke tempat yang mempunyai lokasi yang agak luas.

Baca juga:  Trip ke Kepulauan Seribu Utara (Pulau Kelapa, Pulau Harapan, dan Sekitarnya)

Pantai Berpasir Putih dan Berombak

Seperti halnya pantai-pantai di Wonosari lainnya, Pantai Pok Tunggal juga mempunyai pasir putih kekuningan dengan ombak yang besar. Di antara pasir pantai dan air laut pun juga terdapat karang-karang pantai yang dihuni oleh makhluk-makhluk karang.

Pantai Pok Tunggal
Pasir putih Pantai Pok Tunggal

Seperti Apa Sih si Bonsai dari Dekat?

Pohon inilah yang menjadi magnet Pantai Pok Tunggal yang mengundang banyak orang untuk datang ke pantai ini. Dan memang sesuai ekspektasi sebelumnya, siluet pohon yang berpadu dengan pantai berombak dan cahaya langit membuat pantai ini benar-benar cantik. Seperti apa sih penampakan pohon poh/pok sebenarnya? Sulit mendeskripsikannya euy, mending lihat fotonya aja ya…

Pantai Poh Tunggal
Si bonsai dari dekat

Underwater Pantai Pok Tunggal

Walaupun si pohon miring itu menjadi icon Pantai Pok Tunggal, namun waktu jalan-jalan di pantai ini malah saya habiskan untuk mengambil gambar makhluk-makhluk lucu di dalam air laut, bukan foto-foto di pohon tersebut. Ada beberapa penghuni tetap karang pantai-pantai Wonosari, seperti Landak Laut, Bintang Ular, Siput Laut, kepiting, dan beberapa spesies tumbuhan laut yang saya kurang tahu namanya. Bahkan ada Christmast Tree juga, sejenis cacing laut yang berwarna-warni yang membentuk pohon natal dan kalau didekati akan kuncup malu-malu seperti putri malu. Tak perlu snorkeling/diving kok, cukup dengan memotretnya dari atas permukaan laut saja hehe..

Pok Tunggal
Bunga apa ini ya? Hidup underwater di antara karang Pantai Pok Tunggal

Bagi sebagian orang, cacing laut, bintang ular, dan siput laut mungkin tampak menjijikkan. Menurut saya sih makhluk-makhluk tersebut lucu dan unik. Menurut Anda?

Gambar/Foto Lengkap Pantai Pok Tunggal

Halaman berikutnya, peta, lokasi, dan cara menuju Pantai Pok Tunggal

2 COMMENTS

  1. Ternyata seperti itu yah bonsai laut? haha..
    Anyway, kok aku nyari referensi mengenai jogja di sini belum ketemu yah? belum sampe halaman 20 sih tapi tapi okelah. Makasyii udah share

LEAVE A REPLY