Pantai Sadranan: Snorkeling di Pantai Selatan Jogja

Pantai Sadranan: Snorkeling di Pantai Selatan Jogja

Snorkeling Sadranan Wonosari Gunung Kidul Jogja Underwater

“Concealing an illness is like keeping a beach ball under water.” – Karen Duffy

Snorkeling di Jogja? Itulah pertanyaan konyol yang selalu terbesit dalam pikiran saya. Jogja kan hanya punya pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar, mana bisa buat snorkeling? Buat surfing sih iya, itupun pasti surfer yang sudah pro yang mampu menaklukkan dahsyatnya ombak pantai selatan Jogja. Sewaktu mengunjungi Pantai Kukup (salah satu pantai di Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul), saya melihat kok banyak ikan hias air laut berbagai macam jenis dijual di sekitar pantai ini. Hal ini makin membuat saya penasaran dengan dunia underwater di Jogja khususnya di Wonosari. Hingga pada akhirnya saya menemukan jawabannya. Pantai di Jogja yang bisa buat snorkeling adalah Pantai Sadranan!

Pantai Sadranan terletak di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung Pantai Sadranan memang belum sebanyak pantai-pantai lain di Wonosari, seperti Baron, Kukup, Krakal, Indrayanti, dan sebagainya. Justru hal tersebut membuat pantai ini senderung lebih damai. Lokasi Pantai Sadranan adalah diantara Pantai Krakal dan Pantai Sundak. Selain Pantai Sadranan, di antara Pantai Krakal dan Pantai Sundak juga terdapat Pantai Slili, namun pantainya sangat pendek, jadi bisa diabaikan… Eh jangan dong deh ding… gitu-gitu kan pantai juga hehehe…

Pantai Sadranan Wonosari

Pantai Sadranan, Wonosari

Pasti sudah tahu kan arti snorkeling? Itu lho selam permukaan, jadi kita melihat bawah laut dengan mengambang di permukaan menggunakan peralatan snorkeling, yaitu kacamata google+fin+pelampung (optional). Dengan ombak yang besar, apakah iya kita bisa snorkeling di pantai selatan Jogja? Snorkeling di atas ombak sepertinya bukan ide yang bagus deh..

Beberapa kali ke Pantai Sadranan saya hanya menikmati keindahan pantainya yang berpasir putih dan juga cibang-cibung di sekitar pantainya. Pada kunjungan terakhir, saya sengaja membawa peralatan snorkeling sendiri karena sudah tahu sebelumnya bahwa ada bagian dari laut Pantai Sadranan ini yang bebas dari ombak alias airnya tenang. Sepertinya memang tidak ada penyewaan alat snorkeling di sekitar pantai-pantai Wonosari, sehingga saya memutuskan untuk membawa peralatan snorkeling sendiri.

Apa yang saya lihat di bawah laut Wonosari? Ternyata di bawah laut Pantai Sadranan terdapat terumbu karang yang lumayan bagus lho. Masuk kategori Wow sih enggak juga ya, lha wong sepertinya terumbu karang di Pantai Sadranan ini menghadapi cobaan begitu berat. Di sini, saya melihat ada beberapa ikan Butterfly Fish, Ikan Neon, Damsels, dan tak ketinggalan, ikan sejuta umat si Sergeant Fish. Ada ikan besar-besar yang membentuk schooling fish juga lho walaupun jumlahnya hanya belasan ekor saja. Penghuni tetap karang-karang Wonosari juga tak mau kalah eksis di sini, seperti bintang ular, landak laut, dan siput laut. Cukup lumayanlah ya buat pengobat sakaw akan snorkeling karena jarak Pantai Sadranan yang hanya sekitar 2 jam dari Kota Jogja.

Sadranan Wonosari Gunungkidul Jogja Underwater

Terumbu Karang di Pantai Sadranan, Wonosari

Yang membuat saya heran, ada bangkai Moray (belut laut) terdampar di pinggir pantai. Berarti di sekitar Pantai Sadranan juga terdapat si belut laut itu. Tapi di mana?

Wonosari Jogja Underwater

Bangkai Moray yang terdampar di Pantai Sadranan

Foto-foto terumbu karang di Pantai Sadranan, Wonosari kok tidak ada ikan-ikannya? Sayang seribu sayang, ikan-ikan di Pantai Sadranan ini sangat pemalu (atau penakut ya). Sewaktu saya ingin memotretnya, mereka lari tak karuan… Eaaa.. lari? emangnya atlet marathon… Maksudnya, ikan-ikan tersebut langsung bersembunyi di balik karang, sehingga saya tidak sempat memotretnya walaupun sempat melihatnya. Hmm… Ternyata di antara ganasnya ombak pantai selatan Jogja, masih menyisakan sedikit bagian untuk snorkeling juga ya?

Tip:

- Bawalah peralatan snorkeling sendiri, karena tidak ada penyewaan alat snorkeling di Pantai Sadranan

- Berkunjung ke Pantai Sadranan pada pagi sampai siang, karena sore hari airnya sangat surut. Air surut ini membuat air laut menjadi sangat dangkal dan bisa menyebabkan tangan dan kaki bisa lecet-lecet keserempet karang.

- Jangan injak karangnya ya, usahakan menginjak pasir kalau ingin beristirahat. Kasihan terumbu karang di sini tumbuhnya susah dan cobaannya begitu berat.

- Gunakan fin atau alas kaki untuk melindungi telapak kaki. Saya sempat melihat Stone Fish di sini. Ikan ini sangat berbahaya jika terinjak.

Foto-Foto Sadranan dan Pantai Wonosari Lainnya


19 COMMENTS

  1. woww, bulan lalu untuk perdana kalinya saya ke jogja. Gak tau tuh kalau ada pantai di sana. Hehehehe… But good info lah. Kebetulan nih lagi cari referensi buat traveling. Salute deh sama semangat travelingnya. Tulisannya enak dibaca. Hehehe…

    • @Mursid
      Monggo.. lumayan lah buat kangen2an snorkeling di Jogja kalo gak ada waktu main ke pulau2 buat snorkeling… :)

  2. Puppy… masih tetep eksis bikin catper yaaa?
    lanjutkan! semangat.. haha

    udah lama ga pernah main ke sini…
    lagi ga bisa jalan-jalan

    btw, sbg orang yg kecipratan YK.. kok eike ga tau semuanya ya? *malu*

    • Hai Hilsya apa kabarmu…?
      Iya nih.. pokoknya selama hayat masih dikandung badan akan tetep bikin catatan perjalanan dah hehehe…
      Jogja gak ada abisnya di explore… bener2 neverending Asia…
      Kira2 cerita jalan2 Hilsya nyampe kemana ya??? Gw mo nyontek ah… hihihi…

  3. mbak/mas, kpn mw snorkling di Gunung Kidul lg? boleh ikut g ya.. saya domisili Bantul. dan blm pnh snorkling
    matur nuwun

  4. sadranan spesies ikan hiasnya banyak banget. cukup snorkeling di perairan dangkal sajan udah bisa liat bermacam jenis warna warni. cob ke daerah yang agak dalam selatan agak ke timur. tapi saya sarankan harus dalam pas kondisi air surut. nih ada link video underwater-nya. sory video versi lama, yg baru dan kualitas 720 belum ke upload : http://www.youtube.com/watch?v=9ort6ccuZlM

    semoga bisa jadi referensi buat yang mau wisata

    • @ikankecil3
      WOWWW… nice.. terima kasih ya sudah sharing ikankecil3… Akhirnya ada bukti kalo underwater Sadranan lumayan bagus… Kalo ada video lainnya boleh dong di share di sini biar yang lain bisa liat juga :)

  5. kemarin waktu kegunung kidul cuma ke baron, drini, indrayanti sama pok tunggal. dan pantai2 itu cuma bisa buat renang, sedangkan hobby saya snorkling. jadi… disebelah mana letak pantai ini atau setidaknya kasih rutenya kalau dari bandara jogja ya.. ya.. ya..

    • @ucy meonk
      Arahnya sama kok kayak yg Indrayanti. Pokoknya kalau udah deket Pantai Krakal, siap2 perhatiin papan petunjuk. Kalo masih gak nemu, tanya penduduk setempat aja :)

  6. bagi yang mau snorkeling di pantai sadranan jogja, tuh ada video referensi dgn kualitas lumayan oke. underwater pantai sadranan http://www.youtube.com/watch?v=SE52_Mc0UcU

    di temukan pulai lokasi pantai baru jogja yang bisa buat snorkeling. namanya pantai lambor, deket pantai siung yg buat latihan panjat tebing dan pantai yag ada air terjun pengantinya. ini pengalaman saya snorkeling dan bisa di klai satu satunya video underwater pertama kali di pantai lambor. he…he…..jenis ika sergent majornya banyak. spot baru yg asik buat snorkeling. berikut linknya :

  7. ooh iya buat temen2 yg mau surfing di jogja bisa juga di pantai sadranan jogja. tapi harus yg udah bener2 expert ya. biasanya yang main bule2. mereka nginapnya di losmen krakal milik rimba penunggu pantai sadranan dan losmen sumantri milik yudi yang ada di atas bukit pantai krakal. biasanya yang main surfing di pantai sadranan dan pantai krakal adalah bule2. pernah dengar juga ada penduduk lokal (tim sar) yang main setelah dapat warisan papan dari sang bule. berikut saya punya videonya :

  8. berikut vieo undrwater pantai sadranan, saya snorkeling sma temen2, nembak ikan di temani salah satu warga lokal bernama rimba yang punya losmen penginapan KRAKAL. atau terkenalnya RIMBA SADRANaN :

Leave a Reply