Berenang di Air Mineral di Umbul Cokro

4

Cara Menuju Cokro Tulung

Umbul Cokro/Obyek Mata Air Cokro (OMAC) terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Kota terdekat Klaten adalah Solo/Surakarta. Namun, kita juga bisa berangkat dari Jogja. Jika berangkat dari Solo, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 30 menit sampai satu jam. Jika berangkat dari Jogja, waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam. Sebaiknya menggunakan motor atau mobil pribadi jika menuju Cokro Tulung ini karena lokasinya yang lumayan jauh dari jalan raya Solo-Jogja.

Rute menuju Umbul Cokro dari Solo/Jogja, ikuti saja jalan raya Solo – Jogja. Di pertigaan Tegalrejo, Delanggu, Klaten, ambil jalan di sebelah barat jalan raya Solo-Jogja (arah kanan jalan jika dari Solo, arah kiri jalan jika dari Jogja). Terdapat papan petunjuk menuju ke arah Cokro Tulung. Ikuti saja papan petunjuk tersebut atau kalau ragu bisa bertanya ke penduduk sekitar.

Jika menggunakan angkutan umum, rutenya seperti ini (saya quote dari Wikipedia ya, belum pernah menggunakan angkutan umum ke Umbul Cokro sih):

Untuk mencapai Cokro, jika berada di daerah Delanggu (kota kecil yang terletak di jalan raya antara Yogya-Solo), menggunakan angkutan umum jurusan Tulung atau bus jurusan Klaten lewat Cokro (bus Tegal Gondo-Klaten). Bila berada di Delanggu tinggal menuju arah barat ke Cokro.

Mau yang lebih mudah lagi? Minta tolong saja tour guide Mbak Ninik (Telp/WA 085647189024) buat anterin kamu ke Umbul Cokro dan daerah sekitar Solo lainnya.

Di dekat Umbul Cokro juga terdapat area pemancingan, lebih tepatnya di daerah Janti (Janti Klaten lho ya bukan Janti Jogja). Seru lho mancing di sini, karena ikan yang kita pancing bisa langsung di masak. Yummy…

Foto Lengkap Cokro Tulung, Solo, dan Sekitarnya

4 COMMENTS

  1. Terima kasih telah menyegarkan ingatan semasa kecil, saat berumur sekitar 4-6 tahun, sekitar pertengahan tahun 60-an (lebih tuwir kan…. :D). Umbul Cokro Tulung adalah tempat favorit, selain Umbul Jolotundo…

    • @aroengbinang
      Hehehe.. sama2.. wah jadi gak enak nih… ini kemarin juga jadi ajang nostalgia kok Mas, mumpung masih deket2 Klaten 🙂

LEAVE A REPLY