Oct 182012
 

Umbul Cokro

“Look within. Within is the fountain of good, and it will ever bubble up, if thou wilt ever dig” – Marcus Aurelius

Minum air mineral? Sudah pernah dong… Mandi menggunakan air mineral? Pasti juga sudah pernah sewaktu krisis air, sehingga air mineral segalon pun terpaksa digunakan untuk mandi. Banyak lho cerita teman-teman saya yang mandi menggunakan air mineral sewaktu krisis air. Tapi pernahkah berenang di air mineral? Di Umbul Cokro, air mineral sebening embun melimpah ruah sehingga bisa buat berenang lho.

Berenang di air mineral? Kita mungkin pernah minum air mineral kemasan dengan merek Air Cokro (AC) atau merek Aqua. Coba perhatikan dari mana sumber air mineral tersebut didapat. Jika air mineral tersebut bersumber dari mata air Cokro, berarti air tersebut berasal dari mata air yang terdapat di sebuah desa dengan nama Desa Cokro di Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Walaupun tentu saja tidak semua air mineral Aqua berasal dari Cokro. Selain digunakan untuk produksi air minum dalam kemasan, mata air Cokro ini juga sejak lama dikenal sebagai obyek wisata dengan nama Umbul Cokro.

Umbul Cokro Tulung Klaten

Crystal clear water Umbul Cokro

Umbul Cokro sering disebut juga Cokro Tulung, karena berlokasi di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Selain itu, lokasi wisata ini juga dikenal dengan nama Obyek Mata Air Cokro (OMAC). Dengan harga tiket masuk Umbul Cokro yang hanya Rp7.000, pengunjung dapat menikmati wahana air sekelas waterpark modern dengan air yang lebih segar karena berasal dari mata air langsung.

“Umbul” sendiri berarti mata air yang muncul dari dalam tanah. Di daerah Klaten dan Boyolali (keduanya masuk dalam Karesidenan Surakarta), memang banyak terdapat umbul, sebut saja Umbul Pengging, Umbul Ponggok, Umbul Tlatar, dan umbul lainnya.

Pemandian Memanjang

Saya ingat betul sewaktu masih kecil dan remaja (tahun ’90-an, tuwir banget ya guweh?), di Umbul Cokro hanya terdapat pemandian alami yang memanjang ini saja. Mirip sungai kecil (kalau tidak bisa disebut selokan) dengan air yang amat sangat jernih karena berasal dari mata air secara langsung. Saking jernihnya, batu-batu di dasar air dengan kedalaman sekitar 1,5 – 2 meter ini masih tampak begitu jelas. Berenang di pemandian Umbul Cokro ini benar-benar menyegarkan. Ada beberapa ban yang bisa digunakan sebagai pelampung jika takut berenang.

Umbul Cokro Tulung

Mau disebut apa? Kolam renang? Sungai Kecil? Selokan? Yang jelas airnya bening banget kan?

Kini, Umbul Cokro telah dilengkapi dengan berbagai macam arena permainan air yang modern. Meskipun demikian, pemandian air alami yang memanjang ini masih tetap dipertahankan hingga sekarang.

Perosotan Air dan Flying Fox

Dua permainan yang lumayan memacu adrenaline adalah perosotan air dan flying fox. Perosotan air di Umbul Cokro ini tinggi juga lho. Meliuk-liuk dari atas tebing menuju ke bawah menyeberangi area pemandian hingga akhirnya byurr di kolam renang di bagian bawah. Tak mau ketinggalan pula permainan flying fox, di mana kita meluncur dari atas ke bawah dengan menggunakan tali.

Umbul Cokro

Perosotan airnya tinggi banget ya? Sampe nembus pohon gitu

Arena Permainan Anak-anak

Terdapat 3 buah kolam renang khusus anak-anak. Satu terletak di bawah, dua terletak di atas. Salah satu kolam renang di atas, terdapat arena permainan anak-anak seperti yang biasa kita lihat di  waterpark. Itu lho, yang ada ember raksasa kemudian tumpah jika air ember terisi penuh.

Umbul Cokro

Waterpark modern di Umbul Cokro

Yup, kontur Umbul Cokro memang unik, seperti terdapat dataran rendah dan dataran tinggi. Cukup naik tangga beberapa meter dari “dataran rendah” untuk menuju dua kolam renang di “dataran tinggi” tersebut.

Panggung Hiburan

Menjelang siang di hari Minggu, diadakan panggung hiburan di Umbul Cokro ini. Puluhan pengunjung, khususnya para remaja dan muda-mudi, bergoyang di pinggir kolam mengikuti irama dangdut. Berasa pool party gitu deh. Jadi kalau mengajak anggota keluarga yang masih di bawah umur di hari Minggu, sebaiknya berangkat pagi pulang siang.

Umbul Cokro

Pool party ala Cokro… Mana suaranyaaa?

Cara Menuju Cokro Tulung

Umbul Cokro/Obyek Mata Air Cokro (OMAC) terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Kota terdekat Klaten adalah Solo/Surakarta. Namun, kita juga bisa berangkat dari Jogja. Jika berangkat dari Solo, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 30 menit sampai satu jam. Jika berangkat dari Jogja, waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam. Sebaiknya menggunakan motor atau mobil pribadi jika menuju Cokro Tulung ini karena lokasinya yang lumayan jauh dari jalan raya Solo-Jogja.

Rute menuju Umbul Cokro dari Solo/Jogja, ikuti saja jalan raya Solo – Jogja. Di pertigaan Tegalrejo, Delanggu, Klaten, ambil jalan di sebelah barat jalan raya Solo-Jogja (arah kanan jalan jika dari Solo, arah kiri jalan jika dari Jogja). Terdapat papan petunjuk menuju ke arah Cokro Tulung. Ikuti saja papan petunjuk tersebut atau kalau ragu bisa bertanya ke penduduk sekitar.

Jika menggunakan angkutan umum, rutenya seperti ini (saya quote dari Wikipedia ya, belum pernah menggunakan angkutan umum ke Umbul Cokro sih):

Untuk mencapai Cokro, jika berada di daerah Delanggu (kota kecil yang terletak di jalan raya antara Yogya-Solo), menggunakan angkutan umum jurusan Tulung atau bus jurusan Klaten lewat Cokro (bus Tegal Gondo-Klaten). Bila berada di Delanggu tinggal menuju arah barat ke Cokro.

Di dekat Umbul Cokro juga terdapat area pemancingan, lebih tepatnya di daerah Janti (Janti Klaten lho ya bukan Janti Jogja). Seru lho mancing di sini, karena ikan yang kita pancing bisa langsung di masak. Yummy…

Foto Lengkap Cokro Tulung, Solo, dan Sekitarnya


  4 Responses to “Berenang di Air Mineral di Umbul Cokro”

  1. saya pasti berkunjung ke umbul cokro

  2. Terima kasih telah menyegarkan ingatan semasa kecil, saat berumur sekitar 4-6 tahun, sekitar pertengahan tahun 60-an (lebih tuwir kan…. :D). Umbul Cokro Tulung adalah tempat favorit, selain Umbul Jolotundo…

    • @aroengbinang
      Hehehe.. sama2.. wah jadi gak enak nih… ini kemarin juga jadi ajang nostalgia kok Mas, mumpung masih deket2 Klaten :)

 Leave a Reply

(Wajib Diisi)

(Wajib Diisi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>