Pandawa Waterworld: Sensasi Pantai Buatan di Solo

2

“All things are artificial, for nature is the art of God.” – Thomas Browne

Solo, Jawa Tengah. Ada beberapa keyword yang masuk ke blog puppytraveler.com melalui search engine mencari tahu tentang “pantai di Solo”. Perlu diketahui bahwa kota Solo terletak di pedalaman Pulau Jawa, bukan di daerah pesisir, sehingga Kota Solo tidak mempunyai pantai. Meskipun demikian, bukan berarti mustahil jalan-jalan ke pantai ketika sedang traveling ke Solo. Kita bisa jalan-jalan ke Pantai Nampu di Wonogiri, Pantai Klayar/Pantai Srau/Pantai Teleng Ria di Pacitan, dan Pantai-pantai di Wonosari Jogja. Perjalanan ke pantai-pantai tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Kota Solo. Jarak tempuh yang wajar seperti halnya jarak tempuh pantai lain dari kota terdekatnya, sebut saja Sempu – Malang, Karimunjawa – Jepara, Kepulauan Seribu – Jakarta, juga membutuhkan waktu yang hampir sama. Akan tetapi, jika malas jauh-jauh ke pantai-pantai tersebut, lebih baik ke pantai buatan saja, yaitu di Pandawa Waterworld.

Masa kini dan tetap berbudaya. Semboyan Kota Solo ini tampak terlihat dari beberapa bangunan modern di Solo yang tidak melupakan unsur budaya Jawa. Walaupun terletak di pinggiran (suburban) Kota Solo, Pandawa Waterworld tampaknya tidak mau ketinggalan dengan bangunan-bangunan di Kota Solo tersebut. Obyek wisata modern ini didesain dengan sentuhan arsitektur Jawa.

Pandawa Waterworld merupakan arena permainan air (istilah kerennya apa sih? Waterboom/waterpark ya?) yang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, pantai buatan, dan berbagai macam atraksi air lainnya. Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun juga bisa menikmati arena permainan di Pandawa Waterworld. Foodcourt dan locker untuk menyimpan barang pun juga disediakan untuk melengkapi wisata air di Pandawa Waterworld ini.

Baca juga:  Amed, Surga Bawah Laut di Timur Bali

Patung Kepala Krisna Raksasa

Patung kepala Krisna raksasa terbesar di Indonesia ini adalah semacam icon-nya Pandawa Waterworld, sangat masif dan eksotis menjulang di antara perumahan elit Solo Baru. Yup, di website resminya menyebutkan bahwa patung ini adalah patung kepala Krisna terbesar di Indonesia. Hanya terbesar di Indonesia? Memang di belahan dunia lain ada patung kepala Krisna yang lebih besar dari patung ini?

Pandawa Waterworld
Patung kepala Krisna raksasa dengan pantai buatan di bawahnya

Patung -patung Pewayangan Lainnya

Selain patung kepala Krisna raksasa, terdapat pula patung-patung tokoh pewayangan terkenal lain yang didirikan di Pandawa Waterworld, misalnya Gatotkaca, Bima, Arjuna, dan lain sebagainya. Lumayanlah ya buat mengenalkan ke anak cucu kita tentang pewayangan dengan cara yang fun.

Pantai dan Ombak Buatan (Wave Pool)

Ini lho pantai buatan yang saya maksud di awal tadi. Didesain menyerupai pantai berpasir putih yang berombak, sepertinya wave pool ini cukup mengurangi dahaga akan wisata pantai di Kota Solo. Pada waktu-waktu tertentu, dibuat semacam ombak buatan di “pantai” di bawah patung kepala Krisna raksasa.

Pandawa Waterworld
Pantai dan ombak buatan di Pandawa Waterworld (courtesy: pandawa-lima.com)

Halaman berikutnya, arena permainan di Pandawa Waterworld

2 COMMENTS

  1. “Black hole, terowongan.. eh perosotan.. eh terowongan ding.. Ah mbuh lah..”
    paling suka tulisan yang itu tuh 😀
    btw itu bungee jumping toh? saya kira BTS hahaha..
    puas lah mas main di sana 50 ribu tp dapet macem macem hehe

    • @hermawan
      hahaha… menara BTS di waterpark… ide bagus tuh… bungee jumping yang nganggur… sayang sekali…

LEAVE A REPLY