Gili Ketapang, Sebuah Gili di Jawa Timur

2

Fasilitas di Gili Ketapang

Fasilitas? Kalau mushola/masjid jumlahnya melimpah di pulau ini. Karena memang (sepertinya) bukan ditujukan untuk wisata, sangat sulit menemukan fasilitas wisata penting seperti misalnya penginapan di Gili Ketapang. Apalagi, fasilitas pendukung lain, seperti persewaan alat snorkeling, banana boat, dan fasilitas wisata bahari lainnya.

Kami terpaksa menginap di pusat Kota Probolinggo. Pilihan kami jatuh pada Hotel Ratna di Probolinggo. Dengan tarif Rp75.000/kamar dengan 2 tempat tidur semalam, penginapan ini sangat worth it. Itu pun masih ditambah sarapan untuk dua orang.

Snorkeling di Gili Ketapang?

Itulah impian kami yang belum terkabul. Dengan air laut yang sangat bening dan tampak beberapa karang di sekitar dermaga, kami pun ingin snorkeling di sekitar Pulau Gili Ketapang. Awalnya, pengemudi kapal bersedia mengantar kita keliling pulau untuk mencari ‘sesuap’ terumbu karang. Namun, pada saat kembali ke dermaga setelah keliling pulau dengan tujuan ingin snorkeling di Gili Ketapang, pengemudi kapal tiba-tiba berubah pikiran untuk tidak bisa mengantar kami karena dilarang mengelilingi pulau. Saya percaya bahwa  bapak pengemudi kapal tidak menipu kami karena memang tampak kejujuran dari bapak ini. Sepertinya memang kami dilarang ke area lain (yang mungkin) ada terumbu karangnya.

Gili Ketapang
Beningnya dermaga Gili Ketapang

Cara Menuju Gili Ketapang

Gili Ketapang dapat ditempuh selama kurang lebih setengah jam dari Pelabuhan Tanjung Tembaga di Kota Probolinggo. Pelabuhan Tanjung Tembaga ini letaknya sangat dekat dari pusat kota Probolinggo pula. Kita bisa menggunakan kapal angkutan reguler dengan tarif Rp5.000/orang menuju Gili Ketapang. Tapi kita harus menunggu sampai jumlah penumpang penuh terlebih dahulu jika menggunakan angkutan reguler ini. Kami yang tidak sabar akhirnya menyewa kapal saja dengan tarif Rp200.000 pulang pergi. Kapalpun langsung berangkat wusss menuju si cantik Gili Ketapang…

Gambar/Foto Lengkap Gili Ketapang

2 COMMENTS

  1. Wah saya yg orang jawa timur baru tahu malah…bagus pantainya, Gosong Pasir-nya kece 😉
    Btw kayaknya yang di maksud eye shadow disini istilah madura-nya “celak” (ce seperti pengucapan kata cepat) bahannya kayaknya beda dgn eye shadow hehehe dan itu riasan wajib untuk perempuan suku Madura dan dipakai sebagai bukti Madura tulen ! CMIIW yaa :))

    • @Ika
      Terima kasih infonya… Oh gitu ya ternyata, saya kira ‘celak’nya buat mengurangi silau matahari yg sangat terik di pulau.. 🙂

LEAVE A REPLY